PENGERTIAN GEOMETRI | MACAM, BIDANG  

Posted on 18 views
No ratings yet.

PENGERTIAN GEOMETRI – Hallo  Assalamualaikum kali ini kita belajar tentang Geometri. Mari kita simak materinya.

1.      Pengertian Geometri

Geometri adalah suatu cabang matematika yang masih bersangkutan dengan bentuk, ukuran, dan sifat ruang. Geometri sudah dikenal sejak zaman kita belum sekolah dulu, kita pernah di ajarkan bentuk segitiga, segiempat, lingkaran, dan kubus. Trigonometri merupakan bagian dari geometri.

2.      Macam-Macam Geometri

Matematikawan yunani kuno ( 330-275 SM) Membuat penelitian mengenai bentuk-bentuk dan sudut. Matematikawan itu adalah Euclid yang biasa dibeut Bapak Geometri. Di dalam Geometri terdapat macam-macamnya yaitu sebagai berikut :

a.      TITIK

Titik merupakan suatu objek yang paling sederhana dalam geometri yang tidak memiliki ukuran ataupun dimensi. Sebuah ide untuk memberi tanda.

Rene Descartes (1596-1650) di kenal sebagi seorang filsuf dan matematikawan prancis. Karyanya adalah system koordinat Caresius yang sangat  memperngaruhi perubahan perkembangan kalkulus. Misal pada absis 5 dan ordinat 3 dalam system koordinat, maka posisi buah apel dapat di tentukan dengan titik A sebagai berikut :

Contoh titik

 

b.      GARIS

Sebuah Garis yaitu ada yang berupa garis lurus dan garis melengkung. Garis lurus bias dibuat dari dua buah titik, contohnya yaitu garis lurus adalah tiang bendera.

contoh garis

Adapungaris melengkung dapat di buat dari bbeberapa titik, contoh garis melengkung adalah tali jembatan. Kini telah dibuat satuan baku secara internasional, satuan itu disebut satuan internasional. Pada satuan ini panjang atau jarak diukur dengan meteran, perhatikan gambar berikut:

Penggaris

Penggaris alat untuk mengukur atau membuat benda relatife pendek seperti pensil atau penghapus.

meteran Saku

Meteran Saku yang biasa digunakan oleh tukang bangunan untuk mengukur konstruksi bangunan yang pendek seperti, jendela atau pintu.

Meteran Pita

Meteran Pita yang biasa digunakan oleh penjahit-penjahit untuk mengukur ukuran tubuh dan baju yang akan dibuat. Selain ukuran meter dan centimeter ada satuan panjang yang lainnya

Gambar tangga satuan

 

 

 

 

c.       SUDUT

Titik, garis, sudut dan bidang merupakan bentuk dasar geometri. Sudut seringkali kita temui di dalam kehidupan sehari-hari. Perhatikan gambar berikut.

Gunting

Pada gunting alat yang menggunakan prinsip pengungkit. Sudut merupakan suatu daerah yang dibentuk oleh dua buah sinar garis yang memiliki pangkal yang sama.

3.      Bidang-Bidang Datar Sederhana

Bidang merupakan objek dua dimensi yaitu bidang memiliki ukuran panjang dan lebar. Bidang datar yang memiliki tiga sisi atau lebih dinamakan polygon, polygon yang memiliki sisi-sisi yang sama panjang dan sudut yang besarnya sama dinamakan polygon beraturan. Plato dan Euclid adalah matematikawan pertama yang mengkaji bidang geometris.

a.      Segitiga

Segitiga adalah sebuah bidang yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut.Segita memiliki bentuk yang berbeda-beda, segitu yang salah satu dari sudutnya berbentuk siku-siku (90) dinamakan segitiga siku-siku. sedangkan segitiga yang memiliki panjang yang sama dan pada setiap sudutnya besar sama(60) dinamakan segitiga sama kaki.

b.      Trigonometri

Trigonometri adalah suatu kajian yang bersumber pada segitiga siku-siku. digunakan pengukuran yang tidak dapat diukur secara nyata. misalnya aturan sinus, kosinus, atau tangen

Rumus Trigonometri

 

c.       Segiempat

Segi empat merupakan bidang datar sederhana. Berdasarkan panjang sisi dan besar sudutnya segi empat dapat di bedakan menjadi beberapa yaitu sebagai berikut :

1)      Persegi

Persegi yaitu bidang yang memiliki empat sisi yang sama panjang, empat sudut siku-siku, dan diagonal yang sama panjang dan berpotongan sama panjang membentuk sudut siku.

Gambar 1.1 Persegi

Persegi ABCD memiliki

Sisi AB = sisi = DC = sisi AD = sisi BC

Sudut A = sudut B = sudut C =sudut D = 90`

Diagonal AC = Diagonal BD

2)      Persegi Panjang

Persegi panjang yaitu bidang yang memiliki sisi sejajar, empat sudut siku-siku, dan diagonal yang sama panjang. contohnya perhatikan gambar berikut :

Gambar 1.2 Persegi Panjang

 

3)      Jajargenjang

Jajargenjang adalah bangun segi empat yang dibentuk dari sebuah segitiga dan bayangannya yang di putar setngah putaran (180) pada titik tengah. Contoh-contoh jajargenjang dapat dilihat di bawah ini:

 

Gambar 1.3 Jajargenjang

4)      Layang-layang

Layanh-layang adalah segi empat yang dibentuk dari gabungan dua buah segitiga yang alasnya sama panjang dan berimpit. contoh benda berbentuk laying-layang adalah sebagi berikut :

 

5)      Belah Ketupat

Belah ketupat adalah bangun segi empat yang dibentuk dari gabungan segitiga sama kaki dan banyangnya yang telah di cerminkan terhadap alasnya. Contoh benda bentuk belah ketupat adalah sebagai berikut :

 

6)      Trapesium

Trapesium adalah bangun segi empat ynag mempunyai tepat sepasang sisi yang berhadapan sejajar. Contonya bisa di lihat di bawah ini :

 

Gambar 1.4 Layang-layang

Kunjungi

Cara Mudah Menghitung Operasi Bilangan Bulat (-2) – 8=6

d.      Lingkaran

Lingkaran adalah kurva tertutup sederhana yang merupakan tempat kedudukan titik-titik yang berjarak sama terhadap suatu titik tertentu.

Gambar 1.5 Lingkaan

Lingkaran sebagai pembentuk beberapa bangun ruang. Misalnya alah kerucut dan tabung.

e.       Simetri

Suatu garis yang saling menutupi satu sama lain disebut garis simetri. contoh lain dari simetri lipat adalah ketika kita lagi bercermin. Mari kita bebrapa diantaranya ?

1)      Segitiga Sama Kaki

pada suatu segita terdapat garis putus-putus nah garis itu di sebut dengan sumbu simetri.

f.       Keliling

Apa yang dimaksud dengan Keliling? jadi, keliling adalah sisi-sisi sebuah bidang. Keliling suatu bangun datar adalah jumlah semua panjang sisi-sisinya

keliling persegi panjang = P + P +I +I

                                    =2P +2I

                                    =2(P+I)

Keliling persegi adalah jumlah semua panjang sisi-sisinya.

Keliling persegi = s+s+s+s

=4S

Keliling Jajargenjang

K = p+q+P+q

= 2p+2q

2(p+q)

g.      Luas

Luas adalah sebuah angka yang menunjukan ukuran dimensi. ukuran 2dimensi adalah ukuran yang melibatkan dua ukuran.

Gambar 1.6 Tangga satuan

Sekian dulu artikel dari saya, saran kalian penting bagi kami. Karena dari saran itu lah kami menjadi lebih baik lagi tentunya. Oke see you next Time.

Wassalamualaikum

Sumber Penulis                           : Yenni Fatmawati

               Cetakan Pertama : November 2010

Baca juga :

Operasi Bilangan Pecahan ( + – x : ), Contoh Soal, Latihan Soal – Pelajarindo.com

Beri nilai untuk artikel ini:

One thought on “PENGERTIAN GEOMETRI | MACAM, BIDANG  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *