Pengertian Ekstremisme, Penyebab, Contoh dan Pandangan – Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian Ekstremisme dan Pandangan Ekstremisme – adalah pandang seseorang terhadap keyakinan yang sangat kuat. Berikut ini pelajarindo akan membahas mengenai pengertian ekstemisme dan pandangan ekstremisme. Ekstremisme dapat menimbulkan rasa curiga sesema manusia dan memungkinkan terjadi perpecahan dengan hanya masalah kesalah pahaman.

Pengertian Ekstremisme

Pengertian Ekstremisme adalah keyakinan yang sangat kuat terhadap suatu paham tidak dalam batas kewajaran dan sangat bertentangan dengan hokum atau aturan yang berlaku. Pengertian Ekstremisme merupakan gerakan yang di gunakan oleh suatu kelompok gerakan yang bersifat fanatic untuk mencapai jutuan yang tidak baik. Akibat dari ekstremisme bisa membuat seseorang salah paham, perpecahan sodara, saling mencurigai, dan masih banyak lain.

Berbicara mengenai ekstemisme tidak terlepas dari suku dan agama. Sangat banyak orang yang tidak paham mengenai toleransi dan cenderung famatik. Semua agama itu mengajarkan baik, saling menghormati sangat perlu untuk masalah agama dan suku. Semua kelompok ada adat nya masing-masing dan tidak perlu pihak lain berkomentar menganai tradisi mereka. Karena itu sangat senditif sekali, jika sudah tersinggung karena diolok-olok akan menjadi masalah besar.

Pengertian Ekstremisme, Penyebab, Contoh dan Pandangan

Baru-baru ini banyak sekali akan kesalah pahaman mengenai agama. Saling sindir menyindir dan membenarkan agaran mereka tidak sering menganggap bahwa ajaran agama lain itu sesat. Tidak boleh seperti itu, karena semua agama akan mengajarkan kebaikan. Tuhan hanya ada satu, yang beda adalah bagaimana pemahaman untuk menyembah Tuhan. Tolong mengerti itu agar tidak akan lagi peperangan di dunia ini mengenai agama. Imani agama mu masing-masing, dan jangan ikut campur agama lain.

Kalian juga dapat membaca mengenai raisme agar menambah wawasan, semoga ilmunya bermanfaat.

Pengertian Rasisme dan Contohnya – Pelajarindo.com

Seseorang dikatakan Ekstrimisme

Ada beberapa ciri-ciri seseorang dikatakan ekstrimisme antara lain:

  • Sangat antusias dan bersemangat yang berlebihan pada tindakan yang tidak baik. Karena terlalu focus pada diri sendiri yang interpretasi yang berlebihan pada dunia.
  • Tidak memikirkan orang lain, yang ia pikirkan hanya perilakunya sendiri dan di anggap benar. Hanya memperhatikan logika dan close mind.
  • Tidak tertarik pada pihak lain yang baik, tidak bersifat manusiawi kepada korbannya.

Penyebab Ekstrimisme

Berikut ini adalah penyebab ekstrimisme pada kelompok menurut para ahli antara lain:

Cataldo Neuberger and Valentini (1996), Pearlstein (1991) dan Post (1990) mengatakan bahwa penyebab ekstremis adalah penyimpangan kepribadian / mental disorder.

Tetapi Braungart & Braungart (1992), Crenshaw (2000), Rabbie (1991), Ross (1994), dan Silke (1998) menolak pandangan tersebut, mereka berargumentasi bahwa kepribadian bukanlah penyebab ekstremisme.

Tajfel dan Turner (1979) menyatakan banyak perilaku sosial kita yang bisa dijelaskan dari kecenderungan kita untuk mengidentifikasikan diri kita sebagai bagian dari sebuah kelompok dan menilai orang lain sebagai bagian dari kelompok itu atau bukan.

Baumeister (1997:190) mengatakan bahwa perilaku kekerasan oleh ekstrimis hampir selalu didorong oleh semangat kelompok.

Contoh Ekstremisme

Contoh Ekstremisme adalah orang-orang yang berada di belahan eropa. Mereka menganggap bahwa golongan orang kulit putih derajadnya lebih tinggi dari pada kulit hitam. Kelompok kulit putih menganggap orang berkulit hitam itu rendah, miskin, brandal dan pandangan negative lainnya. Pada kenyataannya tidak seperti itu, banyak juga golongan masyarakat berkulit hitam sukses dan berkarir. Sebagai contoh adalah persiden Barac Obama, beliau adalah presiden pertama Amerika Serikat yang berkulit hitam. Kepimimpinanya sangat banyak pujian dari sejumlah kalangan.

Seseorang yang menganut ekstemisme tidak berfikir seperti positif. Mereka tipe yang tidak mendengarkan dan melihat sekitar bahwa dunia sudah berubah. Tidak aka nada lagi ekstemisme mengenai pandangan rendah kelompok orang hitam.

Terima kasih sudah mengunjungi pelajarindo, semoga pada artikel ini anda mendapatkan apa yang anda cari. Salam hangat dari kami penulis pelajarindo. Terus belajar dengan giat agar wawasan menjadi luas, dan terus lah berusaha mengalahkan apa yang menjadi rintangan anda kedepannya.

‘Kejar sampai kamu dapatkan apa yang kamu mau’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *