Pengertian Rasisme dan Contohnya – Pelajarindo.com

Posted on 41 views
No ratings yet.

Pengertian Rasisme – adalah paham terhadap suatu kelompok yang menganggap kelompok tersebut menyimpang. Pengertian rasisme kita akan membahas beserta contohnya dalam lingkungan. Perhatikan dengan baik agar anda mendapatkan apa yang anda inginkan di artikel ini.

Pengertian Rasisme

Pengertian Rasisme adalah sebuah persepsi kelompok mengenai suatu kelompok lain yang menganggap bahwa kelompok tersebut lemah, dan lebih kuat dari kelompok dia punya. Sehingga akan mengakibatkan konflik yang berkepanjangan dan tidak aka nada akhirnya. Salah satu dari mereka merasa kuat dan merasa bisa mengalahkan atau membinasakan kelompok yang lamah.

Bukan hanya konflik orang bule putih dan hitam, di Indonesia juga banyak sekali ragam rasisme. Perlu di waspadai kelompok yang menganut paham rasisme, karena akan sangat membahayakan. Pengertian Rasisme juga ada di dalam suatu kelompok politik, sekolah, kampus, organisasi, dan perusahaan. Saling menjatuhkan dan merasa benar adalah konflik yang berangsur-angsur tak ada hasil akhir.

Pengertian Rasisme dan Contohnya

Dalam hal ini di sarankan, boleh bergabung dengan suatu kelompok akan tetapi jangan terlalu famatik dan membangga-banggakan kelompok tersebut. Yang mengakibatkan kerugian orang banyak, bahkan mengakibatkan kericuhan di mana-mana. Banyak sekali kejadian di Indonesia ini yang sangat famatik ketika berada di dalam suatu kelompok. Semoga kita tidak dalam bagian mereka.

Penyebab Raisime

Berikut ini adalah penyebab raisime pada umumnya dan mengakibatkan konflik:

1. Merasa paling benar

Merasa paling benar dan menang sendiri adalah rasisme yang menggebu-gebu. Menurutnya kelompoknya lah yang paling benar dan paling kuat untuk mengalahkan kelompok lain. Kelompoknya adalah kelompok yang paling benar dibandingkan dengan kelompok lain.

2. Merendahkan kelompok lain

Setelah merasa paling benar tak jarang merendahkan kelompok lain. Kelompoknya di anggap terkuat dan kelompok lain lemah.

3. Tidak adanya panutan yang baik

Kelompok yang tidak ada panutan yang baik anggota dalat berbuat semau. Mereka tidak aka nada panutan yang mereka contoh yaitu sang leader.

4. Pendidikan yang rendah

Tidak jarang Pendidikan rendah juga mengakibatkan rasisme. Mereka tidak mempunyai wawasan yang luas. Tetapi ada juga yang Pendidikan tinggi yang rasis juga.

5. Egois

Mempentingkan diri sendiri, tak jarang juga di dalam suatu kelompok egois dan mengakibatkan perpecahan kelompok sendiri. Banyak sekali kejadian yang seperti itu.

6. Merasa di rugikan terus menerus

Merasa di rugikan terus menerus padahal kelakuan mereka juga sangat merugikan orang lain. Mempunyai rasa di rugikan terus menerus mengakibatkan permasalah  tidak akan selesai.

Anda dapat juga membaca pengertian stereotip mengenai paham seseorang terhadap kesan pertama bertemu.

Pengertian Stereotip Lengkap – Pelajarindo.com

Contoh Raisisme

Berikut ini contoh rasisme yang ada di Indonesia:

1. Suporter Sepak Bola

Pernahkah anda menontoh pertandingan sepak bola yang tawuran? Banyak sekali kejadian di Indonesia supporter bola yang saling serang menyerang. Pemain bola yang bermain kenapa suporternya yang suruh. Mengagumi dan menjunjung tinggi daerah sampai mengakibatkan kerugian orang lain. Bahkan ada pula yang sampai meregang nyawa. Menurut saya itu tidak etnis sekali. Sebagai supporter yang baik harusnya bersuporterlah yang baik Bersama dengan pemain bola. Kalang menang itu adalah permainan dari game. Setiap pertandingan tentu ada yang kalah dan menang. Terimalah kekalahan dan gembiralah dengan kemenangan.

2. Orang kulit putih dan kulit hitam

Di negara-negara tertentu apa lagi Eropa sangat banyak sekali dua paham ini. Kulit hitam dan kulit putuh menjadi kontrofersi sampai sekarang. Kebanyakan orang kulit putih menganggap bahwa kulit hitam rendahan. Padahal tidak seperti itu, ada juga kulit hitam yang sukses dan berkarya. Tetapi masih ada juga paham seperti ini di luar sana.

terima kasih semoga anda mendapatkan apa yang anda mau di artikel ini, anda dapat bertanya jika kurang jelas.

Beri nilai untuk artikel ini:

3 thoughts on “Pengertian Rasisme dan Contohnya – Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *