PENGERTIAN SITUS | Macam-macam, Manfaat, Contoh

Posted on

Pengertian Situs – pasti kalian sudah pernah dengar kata situs, website atau site. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai website. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian situs, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Website | Pelajarindo.com

Pengertian Situs

Pengertian situs adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu domain (domain name) atau sub domain  di world wide web yang biasanya di singkat www. Www terdiri dari seluruh situs web yang tersedia untuk public.

Halaman sebuah situs web diakses dari URL yang menjadu “akar” (root) yang di sebut dengan homepage atau halaman induk yang sering ditemukannpada menu beranda, halaman muka atau di simpan pada server yang sama.

Tidak semua situs web dapat di akses dengan gratis tertentu ada beberapa situs we yang memerlukan bayaran atau berlangganan misalnya situs berita, layanan surat elektronik (email) dan lainnya.

Macam-Macam Situs

Berikut ini adalah macam-macam situs web antara lain:

1.      Situs Kartu Bisnis

Situs kartu bisnis adalah situs halaman yang menyertakan indormasi bisnis mulai dari profil, visi misi, informasi kontak, produk atau jasa. Namun  situs ini bukan situs penjualan, hanya informasi-informasi produk atau perusahaan agar dikenal masyarakat.

2.      Situs Web Brosur

Situs web brosur adalah situs promosi. Web brosur akan menawarkan beberapa produk atau jasa untuk menarik pelanggan.  Didalam web brosur terdapat informasi produk/jasa, informasi perusahaan. Penawaran akan di buat lebih detail agar dapat menarik pelanggan, cara ini lebih efektif dari pada cetak brosur.

3.      Situs Portofolio

Situs portofolio adalah situs untuk seniman, fotografer dan penulis. Situs ini dapat di jadikan pameran dalam bentuk digital. Biasanya situs inu memiliki contoh kerja, kredensial, testimonial dan informasi kontak yang mudah di temukan.

4.      Situs Produk

Situs produk atau niaga adalah berjualan mislnya buku, makanan,  pakaian, dan kebutuhan lainnya. Ada beberapa banyak barang secara random yang di jual disini. Platform dan plugin-e dapat membantu untuk menjual barang yang berbeda dan dapat secara otomatis menghitung pajak dan oengiriman.

5.      Situs Keanggotaan

Situs keanggotaan atau forum situs adalah situs untuk pelatihan atau keanggotaan suatu organisasi. Misalnya dalam suatu situs mengharuskan mengisi biodata diri sebagai anggota. Ada interaksi antar anggota di dalam situs keanggotaan.

6.      Situs Blog

Situs blog adalah situs yang paling banyak konten dapat berfungsi dengan baik. Ada beberapa blog misalnya tentang Pendidikan, bisnis, cerita, resep, video, dan masih banyak lagi. Situs blog dapat di kaitkan dengan media social sehingga bisa menyebar sebagai media promosi.

7.      Situs Cloud

Situs cloud adalah situs yang dapat menyimpan dan sharing file atau gambar dan bahkan video. Fasilitas canggih ini bisa di berbagi file sesama pengguna dengan fotur-fitur canggih.

Pengertian, Komponen, Manfaat E-Commerce | Pelajarindo.com

Manfaat Situs

Berikut ini adalah beberapa manfaat situs antara lain:

1.      Mendorong jangkauan promosi bisnis lebih luas

Promosi dapat dilakukan dengan jangkauan yang luas tidak hanya satu lingkup saja

2.      Media tanpa batas

Media tanpa batas karena media yang di gunakan bisa menggunakan apa saja selama masih bisa menggunakan internet.

3.      Wadah Komunitas

Wadah komunikasi karena komunikasi tu sangat penting dalam suatu organisasi dan perusahaan. Situs dapat memberikan wadah untuk berkomunikasi antar anggota.

4.      Lebih Murah dan Fleksibel

Untuk media promosi situs lebih murah dan fleksibel dibandingkan dengan media cetak iklan lainnya. Situs dapat di akses kapan saja dangan jangkauan luas dan waktu yang lama.

5.      Tidak Terbatas Ruang dan Waktu

Situs akan online 24 jam selama itu masih terhubung dengan onternet.

6.      Meningkatkan kepercayaan

Karena dalam situs kita bisa memberikan tingkat kepercayaan lebih dengan adanya foto, video, tertimoni.

Contoh Situs

Berikut ini adalah beberapa contoh situs antara lain:

1.      BukuPedia

Bukupedia adalah situs penjualan buku dan rekomendasi buku.

Bukupedia
Bukupedia

2.      Custom Barres

Custom Bares adalah situs dengan pelayanan jasa olah raga balet.

CustomBarres
CustomBarres

3.      Freepik

Freepik adalah situs wadah seniman, desainer untuk wadah karya mereka.

Freepik
Freepik

Baca Juga:

 

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Leave a Reply