Operasi Bilangan Pecahan ( + – x : ), Contoh Soal, Latihan Soal – Pelajarindo.com

Posted on 277 views
No ratings yet.

Pengertian Operasi Bilangan Pecahan – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai oprasi bilangan  pecahan mulain dari penjumlahan, pengurangan,perkalian dan pembagian. Oprasai bilangan pecahan akan terus di pelajari mulai dari SD hingga perguruan tinggi, sehingga kita harus mengerti terlebih dahulu dasar-dasarnya. Berikut ini adalah dasar dari operasi bilangan pecahan.

Mengubah Pecahan campuran menjadi pecahan biasa

 

 

Langkah pertama adalah perkalian kemudian penjumlahan. 10 x 2 = 20 kemudian di jumlahkan dengan 2 hasilnya 24

Pengertian Operasi Bilangan Pecahan

Berikut ini adalah pembahas mengenai penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian operasi bilangan pecahan, simak dan pelajari yaa supaya paham:

1.      Penjumlahan Operasi Bilangan Pecahan

Penjumlahan operasi bilangan pecahan biasa yang penyebutnya sama, dapat dilakukan dengan menjumlahkan pembilang-pembilangnya, sementara penyebutnya tetap. Tetapi jika penyebutnya berbeda maka di cari terlebih dahulu KPK dari kedua bilangan tersebut. Cara mencari KPK yang cepat dan mudah adalah bilangan berapa yang sama-sama bida di bagi bilangan tersebut. Sebagai gambaran lihat gambar berikut ini:

Dalam bentuk gambar

Dalam bentuk pecahan

Untuk cara bagaimana menjumlahkan kalian bisa melihat contoh soal di bawah. Akan di bahas secara lengkap dan mudah di mengerti.

2.      Pengurangan Operasi Bilangan Pecahan

Pengurangan operasi bilangan pecahan yang penyebutnya sama dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti penjumlahan bilangan pecahan, yaitu mengurangkan pembilang-pembilangnya, sementara penyebutnya tetap. Tetapi jika penyebutnya berbeda maka di cari terlebih dahulu KPK dari kedua bilangan tersebut. Cara mencari KPK yang cepat dan mudah adalah bilangan berapa yang sama-sama bida di bagi bilangan tersebut. Sebagai gambaran lihat gambar berikut ini:

Dalam Bentuk Gambar

Dalam Bentuk Pecahan

Untuk cara bagaimana pengurangan kalian bisa melihat contoh soal di bawah. Akan di bahas secara lengkap dan mudah di mengerti.

3.      Perkalian Operasi Bilangan Pecahan

Perkalian operasi bilangan pecahan yang pembilang di kalikan dengan pembilang sedangkan penyebut akan di kalikan dengan penyebut pula. Menurut saya operasi perkalian yang paling mudah. Tidak perlu mencari KPK, sebagai gambaran lihat gambar berikut ini:

Untuk cara bagaimana Perkalian kalian bisa melihat contoh soal di bawah. Akan di bahas secara lengkap dan mudah di mengerti.

4.      Pembagian Operasi Bilangan Pecahan

Pembagian operasi bilangan pecahan yang merubah tanda : menjadi x dengan syarat bilangan kedua di balik (penyebut jadi pembilangan sedangkan pembilang jadi penyebut). Sebagai gambaran lihat gambar berikut ini:

Contoh Soal Operasi Bilangan Pecahan

1.      Penjumlahan

Jawaban:

Langkah yang pertama adalah kita harus mencari KPK dari 6 dan 2 (yang bisa di bagi 6 dan yang bisa di bagi 2) yaitu 6 maka:

Cara mudah mencari KPK adalah yang bisa di bagi oleh kedua nya misalnya 6, karena 6 bisa di bagi 6 dan 2.

Hasil akhirnya adalah 

Pembilangnya saja yang di jumlahkan,kerena penyebutnya sudah sama

 

2.      Pengurangan

Langkah yang pertama adalah kita harus mencari KPK dari 4 dan 10 (yang bisa di bagi 4 dan yang bisa di bagi 10) yaitu 20 maka:

Cara mudah mencari KPK adalah yang bisa di bagi oleh kedua nya misalnya 20, karena bisa di bagi 4 dan 10.

3.      Perkalian

4.      Pembagian

Latihan Soal

Suatu Argumen Dinyatakan Valid Jika – Pelajarindo

Contoh Soal Logika Matematika – Tabel Kebenaran, Jawabannya

Terimakasaih sudah mau belajar bersama-sama dengan kami, jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan di kolom komentar yaa..

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *