10 Tugas dan Peran Kepala Sekolah Penjelasan Lengkap – Pelajarindo.com

Posted on

Tugas dan Peran Kepala Sekolah – Kepala sekolah memiliki tugas dan peran penting dalam proses belajar mengajar pada sekolahan. Berikut ini pelajarindo akan membahas mengenai 10 tugas kepala sekolah dan 10 peran kepala sekolah dalam memimpin sekolahan. Simak penjelasan pengertian sekolah sebelum membahas mengenai tugas dan peran kepala sekolah. Berikut ini artikel mengenai pengertian kepala sekolah.

Pengertian Kepala Sekolah, Tugas Langkap – Pelajarindo.com

Tugas Kepala Sekolah

Kepala sekolah memiliki tugas yang banyak. Selain memimpin sekolah ada beberapa tugas kepala sekolah yang lain. Simak penjelasan tugas kepala sekolah berikut ini:

1.      Tugas Manajerial

Tugas manajerial kepala sekolah sangat banyak. Terkait dengan sumber daya yang ada di sekolahan, sehingga kepala sekolah harus memastikan sumber daya dapat berjalan dengan optimal. Berikut ini 11 tugas manajerial kepala sekolah:

1.       Menyusun perencanaan sekolah

Hal yang paling mendasar sebagai kepala sekolah adalah menyusun perencanaan sekolah. Kepala sekolah harus tau keadaan sekolah dan akan menjadi seperti apa sekolahannya nanti. Dalam hal ini kepala sekolah akan mengadakan rapat yang di hadiri beberapa devisi dan membicarakan perencanaan.

Tugas dan Peran Kepala Sekolah Penjelasan Lengkap – Pelajarindo.com

2.       Mengelola program pembelajaran

Kepala sekolah harus mengetahui dan mengelola program pembalajaran. Langkah apa yang akan di ambil untuk program pembelajaran. Setiap kepala sekolah tentu memiliki program pembelajaran yang berbeda-beda.

3.       Mengelola kesiswaan

Mengelola kesiswaan juga adalah tugas kepala sekolah. Mengelola kesiswaan maksudnya mengelola semua yang berhubungan kesiswaan.

4.       Mengelola sarana dan prasarana

Mengelola sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Peralatan apa saja yang bisa mendukung proses belajar mengajar. Tetapi juga di bantu dengan guru lain untuk mengelola sarana dan prasarana.

5.       Mengelola personal sekolah

Mengenai personal pribadi kepala sekolah juga bisa mengelolahnya. Bagian dari tugas ini adalah masalah-masalah yang ada di sekolahan misalkan adanya ceksok antar guru atau staf.

6.       Mengelola keuangan sekolah

Walaupun ada bendahara sekolah, tetapi kepala sekolah wajib mengetahu tentang keuangan sekolah. Mengelelola keuangan sekolah biasanya kepala sekolah hanya menerima laporan saja dari bendahara.

7.       Mengelola hubungan sekolah dan masyarakat

Menjaga dan menjalin hubungan sekolah dengan masyarakat adalah hal yang wajib. Kepala sekolah harus memperhatikan lingkungan sekitar agar sekolah dapat di terima dengan baik.

8.       Mengelola administrasi sekolah

Sama halnya dengan keuangan, adminisrasi sekolah juga ada yang membatu, kepala sekolah biasanya hanya memerintah dan menerima laporan saja. Tetapi kepala sekolah yang mempunyai tenggung jawab.

Mengelola sistem informasi sekolah

Yang berhubungan dengan system informasi sekolah kepala sekolah wajib tau. Dari mulai keuangan, oprasional, administrasi, proses belajar mengajar dan masih banyak lagi bagian-bagian lain.

9.       Mengevaluasi program sekolah

Pada setiap minggu atau bulan di adakan rapat rutin untuk mengevaluasi program sekolah. Hal-hal apa yang perlu di perbaiki dan di tinjau kembali.

10.   Memimpin sekolah

Memimpin sekolah sudah jelas, semua tugas manajerial kepala sekolah yang memimpin dan bertanggung jawab.

2.      Tugas Supervisi

Tugas supervisi atau biasanya di sebut keseharian juga tugas kepala sekolah. Untuk meninjau setiap hari kegiatan ini dapat di lakukan. Tujuannya adalah agar guru dan staf dapat bekerja dengan semaksimal mungkin. Dalam tugas supervisi ini tercakup kegiatan-kegiatan:

1. Merencanakan program supervisi

Kepala sekolah merencanakan program supervise, apa yang menjadi ide dan motivasi pada setiap harinya. Dilakukan dengan terus-menerus dan konsisten.

2. Melaksanakan program supervisi

Apa yang sudah di rencanakan pada program supervisi, pada bagian ini tugas kepala sekolah yaitu melaksanakan program tersebut.

3. Menindaklanjuti program supervisi

Menindaklanjuti atau mengevaluasi program supervisi yang sudah di laksanakan. Apakah ada hasil yang terlihat atau belum.

Tugas Kewirausahaan

Selain tugas manajerial dan supervisi ada tugas kewirausahaan. Tugas ini bertujuan agar sekolah memiliki sumber-sumber daya yang mampu mendukung jalannya proses belajar mengajar dan khususnya dari segi finansial. Selain itu juga agar sekolah membudayakan perilaku wirausaha di kalangan warga sekolah, khususnya para siswa.

Peran Kepala Sekolah

Berikut ini adalah beberapa peran kepala sekolah dalam memimpin sekolahan antara lain:

1.       Sebagai pelaksana (executive)

Peran pemimpin adalah saling bekerja sama, tidak memaksakan kehendak sendiri. Melaksanakan program yang sudah di buat dan di rencanakan sebelumnya. Tugas kepala sekolah juga memastikan apakan programnnya berjalan dengan baik atau tidak.

2.       Sebagai perencana (planner)

Kepala sekolah harus pintar merencanakan dan meyusun perencanaan. Perencanaan yang di lakukan bukan sembarangan, tetapi ada pertanggung jawabannya.

3.       Sebagai seorang ahli (expert)

Kepala sekolah mempunyai keahlian utama yaitu ahli di berbagai bisang. Setidaknya kepala sekolah bisa berusaha semaksimal mungkin dalam suatu tugas.

4.       Mengawasi hubungan (contoller of internal relationship)

Kepala sekolah juga mengawasi hubungan guru dengan guru maupun staf yang lain. Memastikan hubungan yang harmonis di lingkungan sekolah.

5.       Mewakili kelompok (group representative)

Sebagai contoh untuk sekolah maupun guru dan staf. Semua akan mencontoh kepala sekolah. Mulai dari perilaku, perbuatan dan kebijakan.

6.       Bertindak sebagai pemberi pujian dan hukuman

Memberikan pujian dan hukuman yang bersifat memotivasi tanpa menjatuhakan. Menghukum sesuai dengan porsinya, tidak berlebihan. Bersifat adil dan bijak dalam memberikan hukuman.

7.       Bertindak sebagai wasit dan penengah (arbitrator and modiator)

Menjadi penekah di antara perselisihan di dalam sekolah. Pasti ada banyak sekali di sekolah nah tugas seorang kepala sekolah dapat menengahi masalahnya dan mencari jalan keluarnya.

8.       Pemegang tanggung jawab para Guru, staf dan siswa

Bertanggung jawab mengenai guru, staf dan siswa yang ada di sekolahan. Kepala sekolah bertangung jawab untuk menangani perbuatan orang-orang di sekolah.

9.       Sebagai pemotivator

Seorang pemimpin hendaknya mempunyai kosepsi yang baik dan realistis, sehingga dalam menjalankan kepemimpinannya mempunyai garis yang tegas menuju kearah yang dicita-citakan.

10.   Bertindak sebagai ayah (father figure)

Tindakan pemimpin terhadap anak buah/kelompoknya hendaknya mencerminkan tindakan seorang ayah terhadap anak buahnya.

Terima kasih sudah mengunjungi pelajarindo, semoga pada artikel ini anda mendapatkan apa yang anda cari. Salam hangat dari kami penulis pelajarindo. Terus belajar dengan giat agar wawasan menjadi luas, dan terus lah berusaha mengalahkan apa yang menjadi rintangan anda kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *