Pengertian Primordialisme, Contoh, dan Dampak – Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian Primordialisme, Contoh, dan Dampak – anda pernah mendengar kata primordialisme? Apakah kata primordialism asing di telinga anda? Pelajarindo akan membahas mengenai primordialisme, contoh primordialisme, dan dampak primordialisme. Perhatikan dengan baik dan semoga anda mendapatkan manfaatnya dari artikel ini. Anjoyyyy.

Pengertian Primordialisme

Pengertian Primordialisme adalah suatu pandnagan atau paham yang kuat dan berasal dari lahir. Pengertian Primordialisme di bawa dari sejak bayi, lahir karena melekat dengan adat istiadat setempat. Misalnya ras, suku, agama, adat istiadat, lingkungan, kepercayaan, asal kelahiran dan peraturan yang di anggap keramat.

Primordialisme  bisa di katakana identitas dan ciri khas suatu kelompok yang dapat memperkuat persaudaraan pada kelompok tersebut. Yang paham mengenai primordialisme akan menjadi golongan yang cinta keluarga. Mereka akan melindungi keluaga yaitu kelompok mereka. yang menjadi konflik adalah ketika membela keluarganya yang salah, nah itu yang menjadi masalah kesalah pahaman. Primordialisme bisa menjadi musuh di akibatkan terlalu mematuhi peraturan walaupun itu salah. Tidak jarang juga kelompok lain merasa di curigai dengan kelompok primordialisme.

pengertian primordialisme

Contoh Primordialisme

Berikut ini adalah contoh primordialisme suku jawa dan islam teroris:

Suku Jawa

Pandangan mengenai suku jawa yang bodoh, miskin dan berpendidikan rendah. Mayoritas penduduk di Indonesia adalah suku jawa, dan banyak pemberitaan mengenai suku jawa tentang kemiskinan, bodoh, dan berpendidikan rendah. Banyak juga ornag suku jawa yang sukses dan berkarir. Dan banyak juga suku jawa yang tertinggal, karena kesenjangan social. Hilangkan fikiran mengenai tentang orang suku jawa miskin, jawa dan berpendidikan rendah. Karena tidak seperti di beritakan di televisi.

Islam teroris

Banyak yang menganggap ledakan bom teroris adalah orang islam. Banyak juga yang mengatakan islam ISIS. Islam adalah agama perdamaian, yang taat dengan agama islam tidak akan mengajarkan menyakiti orang lain. Yang mengatas namakan islam itu bukan orang yang taat dengan islam, melainkan mereka mengkambing hitamkan agama islam.

Rekomendasai untuk anda membaca ekstemisme dan rasisme berikut adalah artikelnya:

Pengertian Rasisme dan Contohnya – Pelajarindo.com

Pengertian Ekstremisme, Penyebab, Contoh dan Pandangan – Pelajarindo.com

Dampak Primordialisme

Dibawah ini adalah dampak positif Primordialisme dan dampak negatif Primordialisme:

Dampak Positif Primordialisme

  • Memperkuat persaudaraan
  • Membangkitkan semangat patriotisme
  • Menjaga keutuhan dan kestabilan budaya
  • Memperkuat cinta tanah air
  • Memunculkan kesetiaan terhadap bangsa

Dampak Negatif Primordialisme

  • Curiga terhadap suatu kelompok
  • Menggangu kelangsungan hidup suatu bangsa
  • Menghambat proses asimilasi dan integrasi
  • Menghambat modernisasi dan pembangunan
  • Menyebabkan terjadinya diskriminasi
  • Menghambat hubungan antar bangsa
  • Mengurangi dan menghilangkan objektivitas ilmu pengetahuan
  • Menimbulkan konflik antara kebudayaan suku-suku bangsa.

Terima kasih sudah mengunjungi pelajarindo, semoga pada artikel ini anda mendapatkan apa yang anda cari. Salam hangat dari kami penulis pelajarindo. Terus belajar dengan giat agar wawasan menjadi luas, dan terus lah berusaha mengalahkan apa yang menjadi rintangan anda kedepannya.

‘Kejar sampai kamu dapatkan apa yang kamu mau’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *