KAIN ENDEK | Sejarah, Pengertian, Fungsi, Motif, Gambar

Posted on 288 views
5/5 (1)

Kain Endek – Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Kain khas bali. kali ini kita akan membahas mengenai kain endek yaitu kain tenun khas bali yang sangat unik. Simak penjelasan berikut ini.

7 Macam Kain Bali | Motif, Jenis, Fungsi, Gambar

Pengertian Kain Endek

Kain endek adalah kain yang di wariskan oleh nenek moyang yang merupakan ciri khas kain Bali. Bali mempunyai banyak jenis kain khas yaitu kain poleng, kain songket, kain kling, kain gringsing, dan kain cepuk.

Kain endek merupakan jenis kain yang di tenun menggunakan Alat Tenun Buka Mesin. Alat ini bukan alat mesin melainkan alat yang di gunakan untuk menenun namun tradisional.

Jika berkunjung ke bali maka akan banyak kita jumpai kain ini di toko oleh-oleh atau tempat wisata. Kain tenun endek berbentuk selendang, sarung, lembaran atau kain panjang.

SONGKET BALI | Sejarah, Motif, Jenis, Fungsi, Gambar

Sejarah Kain Endek

Endek berkembang pada era zaman Raja Dalem Waturenggong di Gelhel Klungkung.  Kain endek terus menyebar ke Nusantara terutama Bali, masyarakat bali sangat mengenal kain khas ini. Endek adalah kain tenun yang di buat secara tradisional pada masa itu. Tenun endek tahun 1985 – 1995 mengalami banyak perkembangan yang pesat.

Semakin modern zaman, kain tenun endek mengggunakan alat yaitu ATBM yaitu alat tenun bukan mesin. Pusat produksi kain tenun endek di bali adalah daerah Kabupaten Karangasem, Klungkung, Gianyar, Buleleng, Negara dan Kodya Denpasar.

Endek berasal dari kata Gendekan atau ngendek yang berarti tetap, diam, atau tidak berubah warna. Nama ini berasal dari proses pembuatan kain endek sendiri. Karena kain di sisi bagian di ikat dan di celupkan pewarna, kain yang di akat akan tetap warnanya.

Bali sangat terkenal akan budaya dan seni yang sangat luar biasa. Kain endek sangat memiliki nilai filosofi dan arti bagi masyarakat bali tentunya. Endek merupakan warisan turun temurun yang patut di lestarikan oleh masyarakat modern sekarang.

Selain kelestarian budaya, kain endek juga di gunakan sebagai keagamaan oleh masyarakat Bali. Agama yang di anut oleh kebanyakan masyarakat bali adalah hindu.

BATIK BALI | Sejarah, Motif, Gambar & Penjelasan

Motif Kain Endek

Motf kain endek sangat beragam, berikut ini adalah motif kain endek antara lain:

1.      Motif Endek Flora

Motif flora adalah motif kain endek dengan motif keindahan tumbuh-tumbuhan dengan paduan seni khas bali.

2.      Motif Endek Fauna

Motif kain endek fauna menampilkan gambaran hewan laut maupun darat. Motif ini juga di padukan dengan seni khas bali.

3.      Motif Endek Figuratif

Motif edek figur massudnya adalah menonjolkan suatu figur misalnya pohon, manusia, tokokh atau pewayangan.

4.      Motif Endek Dekoratif

Motif endek dekoratif adalah motif gabungan dari beberapa motif. Misalnya flora, fauna dengan nuansa khas bali hiasannya.

Fungsi Kain Endek

Kain di Bali sangat berguna bukan hanya budaya namn juga untuk keagamaan. Masyarakat bali percaya bahwa kain khas bali memiliki nilai religius dan sakral.

Berikut ini adalah fungsi kain endek antara lain:

1.      Kehiduapn Sehari-hati

Kain endek di gunakan untuk seragam sekolah, maupun seragam kantor. Dalam kehidupan sehari-hari sebagai pakaian formal masyarakat bali menggunakan kain endek. Namun bukan hanya di gunakan sebagai pakaiaan, kain endek juga di gunakan sebagai dekorasi ruangan.

2.      Kegunaan dalam Sosial Budaya

Kain tenun ini juga di gunakan sebagai simbol tapi persaudaraan dan cindramata di berikan kepada teman, keluarga, dan acara-acara penting.

3.      Mempunyai nilai Ekonomi

Masyarakat bali bisa mendapatkan uang dengan bekerja sebagai penenun memanfaatkan keahlian mereka. Kain tenun endek tidak murah harganya, dengan melihat proses pembuatannya kain ini sangat rumit dan sangat pantas jika harganya lumayan mahal.

Baca Juga:

KAIN POLENG | Pengertian, Filosofi, Sejarah, Fungsi, Gambar

SONGKET SAMBAS KALBAR |Sejarah, Jenis, Motif, Fungsi, Gambar

KAIN TRADISIONAL | 33 provinsi, Sejarah, Nama, Gambar & Makna

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

Beri nilai untuk artikel ini:

One thought on “KAIN ENDEK | Sejarah, Pengertian, Fungsi, Motif, Gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *