BATIK BALI | Sejarah, Motif, Gambar & Penjelasan

Posted on 886 views
No ratings yet.

Batik Bali – Sepertinya kita akan membahas lebih banyak mengenai batik Bali. Karena batik Bali sangat banyak dan beragam. Kain batik bali sangat sakral di gunakan oleh masyarakat Bali.

BATIK CIREBON | Motif, Sejarah, Gambar & Penjelasan

Sejarah Batik Bali

Batik beradar di pulau bali pada tahun 1970 yang di bawa oleh Pande Ketut Krisna dari Banjar Tegeha, desa Batubulan, Sukawati Gianyar Bali. Ada yang unik, batik bali pertama kali bukan batik tulis melainkan batik cap dari alat tenun bukan mesin.

Kain batik awalnya sebagai ikat kepala bagi kaum lelaki masyarakat Bali. Namun, berkembang menjadi kain yang dapat di gunakan berbagai kegiatan.

Pulau Bali adalah pulau yang sangat indah mulai dari zaman dahulu dengan budaya yang unik dan apik. Bali adalah tujuan wisata nomor satu di Indonesia. Selain pulaunya yang unik dan masyarakatnya ramah Bali juga mempunyai budaya yang sangat luar biasa. Seseorang yang dating ke pulau Bali pasti akan merasakan sensasi keindahan pulau bali yang mengagumkan. Bali adalah tempat rangkaian budaya mulau dari kain, agama budha, patung, lukisan, dan kerajinan lainnya.

Kain batik di pulau bali tidak terbatas sebagai budaya tradisional dan ritual. Motif batik bali sampai sekarang masih berkembang dengan diciptakan motif-motif baru sesuai dengan budaya bali. Batik bali paling banyak di gunakan untuk upacara adat atau keagamaan bagi masyarakat bali.

MOTIF BATIK SOLO | Gambar Motif klasik dan Modern

Motif Batik Bali

Motif batik bali sangat banyak dan beragam, namun ini adalah motif yang terkenal yang sering di gunakan oleh masyarakat Bali:

1.      Motif Batik Buketan

Buketan yang mempunyai arti ikat. Maksud disini adalah ikatan bunga yang cantik. Kumpulan-kumpulan tumbuhan kecil dari bunga dan daun-daun serta lengkap dengan kupu-kupu, burung hong, burung bangau, dan selulur menambah indah motif batik buketan.

2.      Motif Batik Merak Abyorhokokai

Motif ini menggambarkan burung merak dengan bulu yang menjulang tinggi menunjukkan ke indahan. Dengan hiasan bunga di samping menambah kesan artistic motif ini.

3.      Motif Batik Singa Barong

 

Motif batik ini sagat terkenal. Karena bali juga terkenal dengan barong yang menunjukkan budaya bali. Barong sering di jadikan pertunjukkan pada masyarakat sekedar hiburan atau upacara.

BATIK CIREBON | Motif, Sejarah, Gambar & Penjelasan

4.      Motif Batik Ulamsari Mas

Motif batik ini adalah ikan mas dengan hiasan rumput-rumput di sampingnya. Bukan hanya ikan mas namun ada udang yang berwarna emas juga.

MOTIF BATIK SOLO | Gambar Motif klasik dan Modern

BATIK NUSANTARA | Pengertian, 25 Jenis, Motif, klasik Modern

Berikut ini adalah gambar motif-motif lainya

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Jangan berhenti sampai disini jika ingin sukses”

Beri nilai untuk artikel ini:

2 thoughts on “BATIK BALI | Sejarah, Motif, Gambar & Penjelasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *