MOTIF BATIK SOLO | Gambar Motif klasik dan Modern

Posted on

Motif Batik Solo – Solo adalah kota yang kental dengan adat budaya, kota ini masuk kedalam keresidenan Surakarta biasa di juluki “the spirit of java”. Slogan ini di berikan karena solo mengakar untuk melestarikan budaya jawa.

BATIK NUSANTARA | Pengertian, 25 Jenis, Motif, klasik Modern

Batik Solo

Solo adalah pusat batik Indonesia, banyak sekali wisatawan berburu kain batik khas solo. Sehingga batik solo kini sudah di kenal dikalangan manca negara. Batik solo adalah tujuan oleh-oleh para wisatawan jika berkunjung di solo maupun Indonesia. Kampung batik yang ada di Kawasan kampong batik kauman biasanya batik di produksi.

Selain itu, di kampong batik kauman juga bisa belajar membantik di pandu oleh pengrajin batik yang handal. Banyak juga turis local maupun manca negara berkunjung untuk melihat pembuatan batik solo.

Batik adalah identitas bangsa Indoensia, pada masa keraton solo terdahulu batik adalah pakaian wajib dikenakan oleh setiap warga keraton. Membatik juga menjadi mata pencaharian warga solo dari dulu hingga sekarang.

Zaman dahulu batik ditulis manual menggunakan tangan yang biasa kita sebut batik tulis. Namun sekarang sudah ada batik cap yang tidak kalah indah motifnya. Batik solo menggunakan bahan-bahan alami seperti pewarnanya terbuat dari bahan alam yaitu soga. Batik tulis solo yang terkenal adalah motif batik sidomukti.

Setiap batik solo memiliki arti dan makna yang mendalam bagi mayarakat solo. Batik solo dengan harapan membawa kebaikan bagi pemakainya seperti motif jenis parang, jenis barong, jenis kawung, dan jenis sawat.

MOTIF BATIK KHAS YOGYAKARTA | Pelajarindo.com

Motif Batik Solo

Banyak sekali motif batik solo yang mempunyai arti masing-masing. Dalam setiap helai kain batik yang di kenakan di harapkan membawa kebaikan. Berikut ini adalah motif batik solo di antaranya:

1.      Motif Batik Sidomukti

Motif batik sidomukti adalah motif klasik dari dulu sampai sekarang masih banyak di gunakan. Biasanya motif batik ini di gunakan mempelai laki-laki untuk acara pernikahan. Kata mukti yang berarti berkecukupan dan diharapkan mempelai laki-laki sanggup mencukupi rumah tangga yang baru di binanya. Kata sidomukti berarti harapan kepada semua orang yang mengenakan agar hidupnya penuh kebahagian dan tidak pernah putus asa. Batik ini cenderung berwarna coklat dengan corak burung yang mempunyai ekor Panjang.

2.      Motif Batik Truntum

Motif batik truntum biasanya di pakai oleh orang tua pengantin wanita dan laki-laki. Truntum mempunyai arti menuntun sehingga orang tua dapat menuntun anak-anaknya yang baru saja menikah. Orang tua akan memberikan nasehat dan wejangan kepada sepasang yang baru menikah untuk menjali rumah tangga yang harmonis.

3.      Motif Batik Slobog

Motif batik slobog adalah batik yang digunakan untuk menghadiri kematian atau melayat. Batik ini mempunyai arti seseorang yang sudah meninggal mendapatkan jalan yang lurus dan dapat di terima kebaikannya.

Macam-Macam Batik Nusantara | Pelajarindo.com

4.      Motif Batik Satrio Manah

Motif batik satrio manah adalah kain batik yang dapat di gunakan wali pengantin pria saat prosesi upacara pernikahan. Kain batik jenis motif ini mempunyai harapan bahwa lamaran dapat di terima dengan baik oleh pihak perempuan dan keluarganya.

5.      MotifBatik  Semen Rante

Motif batik semen rante adalah kain batik yang digunakan oleh wali pengantin pria. Arti dari kata rante adalah mengikat dengan erat dan harapan lamaran dapat di terima. Setelahnya dapat menjadi pengikat oleh kedua belah pihak untuk menjalani hidup bersama.

6.      Motif Batik Parang Kusumo

Motif batik parang kusumo adalah kain batik yang di pakai oleh pengantin wanita pada saat upacara tukar cincin. Arti dari kata kusumo adalah bunga yang sedang mekar yang secara harfiah di artikan wanita sudah matang dan mantap untuk menikah. Motif batik parang adalah kain batik yang di anggap tua di Indonesia. Perang yang berarti pereng yaitu lereng. Lereng adalah tanah miring symbol garis yang menurun dari ketinggian dengan diagonal. Huruf S akan berkesinambungan terjalin tidak terputus yang di ambil dari gambar ombak Samudra. Batik parang di gunakan oleh bangsawan keraton pada zaman dahulu.

7.      Motif Batik Pamiluto

Motif batik pamiluto adalah kain yang di gunakan ibu-ibu dari pihak perempuan pada saat tukar cincin. Kisah mimin dan pamiluto yang tidak akan terpisahkan adalah arti dari batik ini. Pamiluto berasal dari kata pulut.

8.      Motif Batik Ceplok Kasatriyan

Motif batik ceplok kasatriyan adalah kain batik yang di gunakan untuk upacara kirab pengantin sebelum keduanya duduk di kursi pengantin. Kain ini akan menggiring atau menggendong pengantin menuju singgah sana pengantin.

Teknik Membuat Batik | PelajarIndo.com

9.      Motif Batik Semen Gendong

Motif batik semen hgendong adalah kain batik yang di gunakan oleh pempelai laki-laki dan wanita setelah selesai upacara pernaikahan. Kain ini memiliki filosifi segera mendapat anak yang baik, penurut, solah dan soleha.

10.  Motif Batik Sawat

Motif batik sawat adalah kain yang di gunakan oleh kalangan raja dan keluarganya. Kain ini bermotif burung garuda sebagai kendaraan untuk dewa wisnu dengan lambang kekuasaan. Namun batik ini juga banyak di gunakan oleh sepasang pengantin yang di yakini memiliki makna sebagai pelindung.

11.  Motif Batik Kawung

Motif batik kawung adalah kain yang bermotif bulat-bulat membentuk sebuah kawung sejenis kolang kaling. Kain batik ini juga di namakan bunga teratai memiliki empat lembar yang merekah. Arti dari kain batik ini adalah kesucian dan Panjang umur. Motif batik ini tidak sembarangan orang bisa memakainya. Dahulu kain batik motif ini hanya di gunakan oleh raja saja yang berjiwa pemimpin.

Batik Modern Solo

berikut ini adalah contoh batik solo modern:

Batik Klasik Solo

berikut ini adalah contoh batik solo klasik

Baca Juga:

Cara Menggambar Batik dengan Pensil- Pelajarindo.com

Pengertian Batik, Jenis, Sejarah, Cara Membuat, Lengkap – Pelajarindo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Jangan berhenti sampai disini jika ingin sukses”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *