SONGKET BALI | Sejarah, Motif, Jenis, Fungsi, Gambar

Posted on 71 views
5/5 (1)

Songket bali – Kain bali sangat banyak sekali mulai dari kain endek, songket dan tapis. Kali ini kita akan membahas mengenai sejarah, motif, jenis, fungsi, dan gambar. Sebelumnya kita juga sudah membahas batik bali dan kain endek bali.

BATIK BALI | Sejarah, Motif, Gambar & Penjelasan

Sejarah Songket Bali

Kain khas bali ada beberapa salah satunya adalah songket bali. Kita juga pernah membahas batik bali. Hasil tenun yang di lakukan masyarakat bali adalajenis endek. Pulau Bali merupakan pulau sangat indah sehingga banyak wisata domestic dan mancanegara.

Bali merupakan pulau yang terkenal dengan keindahan pesona dan budayanya. Banyak wisatawan yang berburu oleh-oleh khas bali misalnya kain khas bali.

Pada awal mulanya kain khas bali di gunakan untuk acara sembahyang atau upacara agama dan adat masyarakat bali. Kain bali memiliki corak yang beranekaragam dan sangat indah.

Sentra penghasil kain tenun bali berada di daerah desa sidemen kabupaten Karangasem. Sidemen juga terkenal dengan desa yang asri dan indah alamnya. Tempat rekreasi untuk di datangi oleh wisatawan adalah rafting di telaga waja dan wisata besakih.

SONGKET SAMBAS KALBAR |Sejarah, Jenis, Motif, Fungsi, Gambar

Jenis Motif Songket Bali

Kain songlet bali bias di bedakan motif ini dengan jenis benang yang di gunakan pula. Berikut ini adalah beberapa motif songket bali yang terkenal di kalangan masyarakat bali dan wisatawan :

1.      Songket Bali Benang Emas

Songket bali benang emas adalah tergolong kain songket yang mahal harganya. Kain ini memiliki motif yang rapat dan sulit dan benang yang di gunakan adalah benang emas. Semakin rumit motif dan bahan semakin bagus maka harga songket akan semakin mahal.

2.      Songket Bali Benang Perak

Sesuai dengan Namanya kain songket ini di buat dengan benang perak. Untuk pecinta warna silver ini sangat rekomen sekali untuk dijadikan bawahan busana. Akhir-akhir ini kain ini sangat populer karena terlihat elegan dan modern.

3.      Songket Bali Benang Katun

Motif songket bali benang katun sangat populer di bali. Warna pada kain ini sangat warna warni dan mencolok dapat di padukan dengan warna apa saja. Dengan adanya warna benang katun di pasaran sehingga pengrajin mudah berkreasi dengan motif-motif baru.

4.      Songket Bali benang Kombinasi

Selain masing-masing benang emas, perak dan katun, ada juga kombinasi dari ke tiganya. Pengrajin dapat mengeksplor jenis motif ini dengan masing-masing benang yang ada.

 

Fungsi Songket Bali

Berikut ini adalah fungsi songket bali antara lain:

  1. Sebagai kain untuk penutup pura (agama)
  2. Sebagai pakaian sembahyang
  3. Oleh-oleh khas bali
  4. Upacara keagamaan
  5. Upacara adat
  6. Pernikahan
  7. Khitanan
  8. Pertemuan resmi
  9. Pakaian sehari-hari

Baca Juga:

KAIN TRADISIONAL | 33 provinsi, Sejarah, Nama, Gambar & Makna

KAIN SONGKET PALEMBANG|Sejarah, Jenis, Fungsi, Gambar, Ciri-Ciri

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

 

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *