7 Macam Kain Bali | Motif, Jenis, Fungsi, Gambar

Posted on 52 views
No ratings yet.

Kain Bali – Untuk yang tertarik dengan budaya bali wajib tau 7 kain bali yang khas. Kain bali bukan hanya batik dan songket loh, masih ada 5 lainnya yang wajib kalian tahu, kita juga akan membahas fungsi dari setiap kain yaa. Simak penjelasan berikut ini.

KAIN SONGKET PALEMBANG|Sejarah, Jenis, Fungsi, Gambar, Ciri-Ciri

Kain Bali

Kain bali adalah kain tenun yang di tenun oleh masyarakat bali, salah satu kegunaan kain bali adalah untuk upacara keagamaan yang di percayai masyarakat bali. Bali mempunyai kurang lebih 7 macam kain yang terkenal di kalangan wisatawan.

Banyak wisatawan yang datang ke Bali baik dari domestic maupun mancanegara. Pulau bali yang terkenal dengan indahan alam dan asrinya sangat cocok untuk berlibur dan refresing sejenak.

Selain bali terkenal dengan keindahan pulaunya, budaya yang tidak kalah menarik sangat kental. Misalnya upacara-upacara adat atau upacara keagaan yang di lakukan setiap hari.

Sembahyang masyarakat bali menggunakan bias di bilang kebaya dan  bawahan seperti kain batik atau songket. Kain bali juga ada yang di gunakan sebagai syarat keagaam masyarakat bali.

7 Macam Kain Bali

Berikut ini adalah 7 macam kain bali antara lain:

1.      Kain Poleng

Kain poleng ini tidak akan asing jika pernah mengunjungi bali. Karena kain ini sangat terkenal dan di pasang di mana-mana sepanjang pure-pure masayarakat bali. Kain ini di gunakan untuk upacara adat atau upacara keagamaan. Namun kain ini juga di gunakan sebagain tutup sesuatu atau taplak meja.

KAIN POLENG | Pengertian, Filosofi, Sejarah, Fungsi, Gambar

2.      Kain songket

Kain khas songket bali digunakan untuk upcaraa adat, potong gigi dan upacara pernikahan. Namun harga kain ini relative mahal. untuk lebih jelasnya kalian bisa klik ldibawah ini.

SONGKET BALI | Sejarah, Motif, Jenis, Fungsi, Gambar

3.      Kain Cepuk

Kain cepuk nusa penida dibilang menarik dibandingkan yang lain. Kain ini memiliki warna dasar merah, biru atau ungu dengan corak garis-garis membentuk motif yang simetris.

4.      Kain Endek

Kain Endek adalah kain yang populer di bali dengan harga yang relative murah dan mudah di dapat. Kain ini dapat di gunakan untuk bawahan atau atasan, baju juga bisa.

5.      Kain Kling

Kain ini hanya bisa di gunakan pada acara tertentu saja. Karena kain ini sangat di sakralkan oleh masyarakat bali dan tidak sembarangan orang pakai kain ini.

6.      Kain Gedongan

Melalui proses pembuatan yang masih sangat tradisional, karena setiap helai benang dirapatkan dengan kayu sisir. Motif dari Kain Gedongan sangatlah cantik dengan beraneka warnanya. Kain Gedongan dibuat dengan alat tenun yang masih digerakkan dengan tangan

7.      Kain Gringsing

Kain Gringsing adalah kain yang sangat langka. Pembuatan kain ini bisa memakan waktu hingga 2-2,5 tahun lamanya. Kain menggunakan Teknik ikat ganda. Maka tidak heran jika kain ini langka dan memiliki nilai yang tinggi dan harganya mahal.

Baca Juga:

 

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *