CONTOH TARI KONTEMPORER

Posted on 1,106 views
5/5 (1)

Contoh Tari Kontemporer – Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian tari kontemporer dan fungsi musik kontemporer. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai contoh tari kontemporer.

JENIS-JENIS MUSIK KONTEMPORER

Sudah di bahas di pertemuan sebelumnya pengertian tari kontemporer adalah tari yang tidak memiliki pakem-pakem yang mendasar. Tari kontemporer lebih bebas namun juga ada gerakan-gerakan yang selaras dan indah.

Indonesia memiliki banyak tari tradisional yang banyak sekali. Hamper di setiap daerah memiliki tari daerah terkadang lebih dari satu. Pada setiap daerah memiliki konsep dan budaya yang berbeda sehingga mempengaruhi gerak tari.

Gerakan yang di hasilkan tari kontemporer adalah terinspirasi dari tari tradisional. Tari nusantara sangat patut di lestarikan dan di bawakan di acara-acara penting. Tari bisa di gunakan sebagai penyambutan tamu penting, mengekspresikan perasaan, bersyukur, dan relegi.

Namun ada beberapa perbedaan tari kontemporer dan tari tradisional. Tari kontemporer lebih mengeksplor kreatifitas dalam hal koreografi, gerak, busana, alat musik dan konsep. Dengan adanya tari kontemporer penari lebih kreatif mengembangkan konsep gerakan.

Contoh Tari Kontemporer

Berikut ini adalah beberapa contoh tari kontemporer yang ada di Indonesia. Contoh tari kontemporer dan penjelasannya:

1.      Tari Setan Becanda

Tari Setan Becanda
Tari Setan Becanda

Tari setan becanda adalah tari yang berasal dari Bali yang di perkenalkan oleh I Wayan Dibia. Tari ini sangat simple bahkan hanya di iringi dengan alat musik yang sederhana yaitu dari alat musik pecahan batu dan bamboo seperti angklung. Tari ini lebih bebas mengekspresikan gerakan dan merupakan tari yang populer dai kalangan masyarakat Bali.

2.      Tari Yapong

Tari Yapong
Tari Yapong

Tari yapong adalah tari yang berasal dari daerah Jakarta yang di ciptakan oleh Bagong Kussudiarjo. Pada awalnya tari yapong di lakukan dengan kelompok lebih dari dua orang, namun juga ada yang menarikan hanya berdua saja. Gerakan tari yapong ada yang selaras juga ada yang bebas.

3.      Tari Barong-Barongan

Tari Barong Barongan
Tari Barong Barongan

Tari barong-barongan adalah tari yang berasal dari bali yang di ciptakan oleh seniman I Wayan Dibia. Tari ini sangat di apresiasi oleh masyarakat bali karena I Wayan Dibia adalah sosok seniman yang patut di banggakan.

4.      Tari Cak Rina

Tari Cak Rina
Tari Cak Rina

Tari cak rina adalah tari dari seniman Sandono W Kusumo. Tari ini berasal dari pulau Bali dan di apresiasi oleh masyarakat bali. Pertama kali tarian ini diperkenalkan di Banjar Tegas, Giyannyar. Tarian ini di kenal dimasyarakat pada tahun 1972.

Baca Juga:

Teknik Dasar Akting Teater | Olah Rasa, Olah Suara

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *