FUNGSI MUSIK KONTEMPORER

Posted on

Fungsi Musik Kontemporer – Musik kontemporer sangat berkembang dikalangan masyarakat pada saat ini. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai ciri-ciri musik kontemporer. Pembahasan kali ini kita akan membahas menganai fungsi musik kontemporer, simak penjelasan berikut ini.

Musik Kontemporer
Musik Kontemporer

Fungsi Musik Kontemporer

Musuk kontemporer adalah cabang seni musik sekitar abad ke 19 hingga saat ini masih berkembang. Pada awalnya musik kontemporer di gagas pertama kali oleh Monet, Renoir, Degas. Dibalik musik-musik tersebut merupakan respon penolakan dari pandangan romantisme yang pada saat itu berhasil di terima banyak orang.

Tema Seni Rupa Murni | Hubungan Antara Manusia dengan

Kita akan membahas mengenai fungsi musik kontemporer, berikut ini adalah fungsi musik kontemporer:

1.      Sarana Penyebaran Agama

Musik kontemporer memiliki fungsi sebagai penyebaran beberapa agama. Agama yang masih menggunakan musik kontemporer adalah Kristen, mereka masih menggunakan musik-musik sebagai pendekatan kepada Tuhan. Musik ini bisa di jadikan sebagai penyebaran religi sehingga dapat diterima oleh umat-umatnya.

2.      Mencari Musik Baru

Musik kontemporer bisa berfungsi sebagai merangsang musik-musik baru. Dengan mendengarkan banyak jendre lagu maka akan terinspirasi musik baru. Dengan ide-ide yang di kembangkan sehingga musik konemporer sangat berkembang dan semakin populer.

3.      Sarana Berkomunikasi

Musik kontemporer berfungsi sebagai sarana komunikasi misalnya menyampaikan pesan, kebijakan, gagasan bahkan kritikan. Terkadang menyampaikan pesan akan sungkan jika secara langsung, ada yang lebih nyaman dengan musik dan bernyanyi.

4.      Hiburan dan Rekreasi

Musik kontemporer berfungsi sebagai hiburan dan rekreasi musalnya melepas kejenuhan atau rasa sedih. Mendengarkan musik dapat mencairkan suasana, mengobati kesedihan dan mengekspresikan kegembiraan.

5.      Mengekspresikan Emosi dan Suasana Hati

Musik kontemporer berfungsi untuk mengekspresikan emosi dan suasana hati. Harmoni nada yang indah didengarkan dapat berpengaruh dengan suasana hati yang kurang baik. Mendengarkan musik montemporer bisa menghilangkan stress, memperbaiki mood, berfikir positif, dan mengatasi kecemasan.

6.      Meninggalkan Intelegensi

Musik kontemporer berfungsi sebagai meninggalkan intelegensi. Musik ini bisa memberikan rangsangan pada otak bagian kanan yang dapat berhubungan dengan perkembangan artistic, kecerdasan, kreativitas, Bahasa, imajinasi dan ide-ide. Otak bisa dirangsang dengan musik kontemporer dengan seimbang.

7.      Simbol Budaya

Setiap musik pasti dipengarui oleh budaya masing-masing. Indonesia memiliki budaya yang sangat beragam, sehingga musik kontemporer memiliki arti tersendiri bagi setiap budaya. Budaya musik kontemporer memiliki pesan dan peran penting untuk mewujudkan nilai tradisi kebudayaan.

8.      Respon Kehidupan Sosial

Musik kontemporer dibuat untuk tujuan dan maksud tertentu sesuai dengan musiknya. Syair dan lirik sangat menyentuh jiwa pendengar. Msayarakat dapat lebih peka dari fenomena yang terjadi di masyarakat.

Baca Juga:

Jenis Lukisan Berdasarkan Teknik dan Bahan yang Digunakan

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

Related posts: