ALAT MUSIK INSTRUMEN | Bentuk Tabung, Bilah, Pencon

Posted on 458 views
5/5 (1)

Alat Musik Instrument – Budaya daerah yang ada di Indonesia sangat beragam termasuk musiknya. Seni musik awalnya sebagai upacara keagamaan atau upacara adat tertentu. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai musik klasik dan musik rakyat. Kali ini kita akan membahas mengenai alat musik instrumen, simak penjelasan berikut ini.

Musik ansambel | Alat Musik Ritmis, Melodis, Harmonis

Alat Musik Instrumen

Alat musik instrumen sangat banyak jenisnya dan bunyi. Ada alat musik berdarkan bunyi, bentuk, namun alat musik daerah di pilah berdasarkan bentuknya. Ada tiga jenis bentuk alat musik instrumen yaitu:

1.      Bentuk Tabung

Bentuk tabung adalah alat musik yang terbuat bahan dasar bambu. Namun bambu juga dapat di ganti oleh logam atau kayu. Alat musik instrumen bentuk tabung adalah angklung, suling, kul kul,dan guntang.

2.      Bentuk Bilah

Bentuk bilah adalah alat musik yang memiliki gema sebagai ruang resonator. Alat ini memiliki permukaan yang rata, cembung, dan irisan tabung. Alat musik instrumen bentuk bilah adalah kulintang, gambang, gender dan saron.

3.      Bentuk Pencon

Alat musik bentuk pencon memiliki bunyi sebagai tumpuan pukulan. Pencon adalah alat musik memiliki pencu yaitu bagian yang menonjol dari suatu bidang datar. Bahan dasar alat ini adalah logam. Alat ini sangat menarik adalah alat yangs sejeni kemudian di tata dan mengeluarkan bunyi yang berbeda. Seperti ada notasi yang khas dari suara logam. Contoh alat ini adalah bonang (jawa da sunda), tromping (bali), kangkanong ( banjar), totobuang (ambon), dan kromong (Betawi).

Alat Musik Bentuk Lain yang tidak masuk kategori namun sering juga di pakai mislnya popondi (toraja), sasando (tumor), sangka (Halmahera), rebab, gendang melayu, dan kecapi.

Baca Juga:

KARAKTERISTIK MUSIK KONTEMPORER

FUNGSI MUSIK KONTEMPORER

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *