Musik ansambel | Alat Musik Ritmis, Melodis, Harmonis

Posted on 54 views
No ratings yet.

Musik Ansambel – Musik adalah bunyi universal yang didengarkan oleh semua orang di seluruh dunia. Musik yang indah juga terdapat alat musik yang beragam pula. Alat-alat musik juga banyak sekali mulai dari modern dan tradisional. Berikut kita akan membahas mengenai musik ansambel alat musik ritmis, melodis dan harmonis. Simak penjelasan berikut.

Pengertian Musik Ansambel

Pengertian musik ansambel adalah salah saty permainan alat musik yang sederhana menghasilkan melodi dan suara yang indah, bisa di nikmati oleh orang lain. Alat musik yang di gunakan pun sederhana seperti ukulele, suling, gong, sasando dan masih banyak lagi.

Penyanyi juga membutuhkan alat musik yang berbeda-beda. Misalnya keroncong membutuhkan alat musik ukulele. Begitu pula dengan menyanyi nyanyian kusus. Tetapi ada juga alat musik yang di perdengarkan tanpa nyanyian yaitu melodinya saja misalnya sasando. Sasando bisa di perdengarkan hanya dengan melodinya saja yang indah.

Alat musik ansambel ada beberapa kelompok. Ada kelompok yang memiliki satu atau dua bunyi. Ada juga yang memiliki not sebagai melodinya. Nah kita akan membahas jenis alat musiknya.

Pengertian Ragam Hias, Motif, Pola, Teknik, Cara Menggambar

Musik Ansambel

Ada tiga jenis alat musik ansambel yaitu ritmis, melodis dan harmonis. Berikut adalah penjelasan tiap masing-masing alat musik beseta contohnya.

1.      Alat Musik Ritmis

Alat Musik Ritmis
Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah alat musik yang tergolong memberikan irama. Misalnya triangle, genndang, ketipung, dan rebana. Alat ini di gunakan untuk mengiringi melodi bisa juga sebagai intro atau pembuka. Beduk juga termasuk alat musik ritmis.

2.      Alat Musik Melodis

Alat Musik Melodis
Alat Musik Melodis

Alat musik melodis adalah alat yang memiliki not. Alat musik ini bertugas membawakan sebuah lagu dengan melodi nya. Bisa di pukul, di petik dan di tiup untuk menghasilkan nada-nada sehigga mengeluarkan serangkaian nada yang indah.

3.      Alat Musik Harmonis

Alat Musik Harmonis
Alat Musik Harmonis

alat musik harmonis adalah alat yang berfungsi sebagai pengiring dan dapat mengeluarkan nada sekaligus. Alat ini memiliki dua fungsi yaitu gabungan dari ritmis dan melodis. Contoh alat musik harmonis adalah sasando dan sampek.

Setiap alat musik instrumen memiliki ciri dan karakter tersendiri dalam memainkan. Ada yang ditiup, dipetik, dipukul. Memainkan sasando dengan dipetik, angklung dengan menguncang-guncang sehingga bagian angklung akan saling berhentakan dan menimbulkan bunyi. Teknik memainkan alat musik tiup berhubungan dengan pernapasan. Rekorder alat musik tiup tentu memerlukan pernapasan yang baik dan keterampilan dalam penjarian.

Membaca notasi merupakan kemampuan yang perlu terus dikembangkan. Kemampuan membaca notasi dianggap penting karena permainan musik tradisi saat ini sudah banyak yang ditulis menggunakan notasi.

Baca Juga:

Teknik Vokal | Teknik Pernapasan Dada, Perut, Diafragma

TEKNIK MENGGAMBAR FLORA, FAUNA, DAN ALAM BENDA

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

Referensi:

Penulis            : Eko Purnomo, Deden Haerudin, Buyung Rohmanto, Julius Juih.

Penerbitan       : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Judul               : Seni Budaya

Kelas               : VII

Tahun              : 2017

Beri nilai untuk artikel ini:

One thought on “Musik ansambel | Alat Musik Ritmis, Melodis, Harmonis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *