RUMAH ADAT SUMATRA SELATAN | Nama, Gambar, Komponen Lengkap

Posted on 27 views
No ratings yet.

Rumah Adat Sumatra selatan – Indonesia mempunyai 34 provinsi, sehingga Indonesia juga mempunyai 34 rumah adat yang berbeda. Sehingga Indonesia mempuyai budaya yang sangat beragam. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Rumah Adat Aceh. Kali ini kita akan membahas menganai rumah adat 34 provinsi mulai dari nama, gambar, dan penjelasan lengkap. Simak penjelasan berikut ini.

KAIN SONGKET PALEMBANG|Sejarah, Jenis, Fungsi, Gambar, Ciri-Ciri

Rumah Adat Sumatra Selatan

Pengertian rumah adat adalah bangunan memiliki ciri khas digunakan untuk tempat tinggal dan hunian suku yang ada di Indonesia. Kebanyakan rumah adat yang ada di Indonesia berbentuk panggung, alasannya adalah menghindari banjir dan binatang luas. Namun ada beberapa ada juga yang berbentuk tertutup agar penghuninya tetap merasa hangat. Rumah adat akan di sesuaikan dengan kondisi alam sekitar.

Rumah adat sematra selatan merupakanrumah limas. Kenapa di sebut rumah limas karena bangunannya berbentuk menyerupai limas. Seperti yang rumah adat pada umumnya, rumah limas berbentuk panggung yang di susun oleh tiang-tiang dari kayu ulin. Tiang yang di gunakan untuk mendirikan rumah limas adalah kayu ulin karena kayu jenis ini kuat dan tahan air.

Bagian dinding, lantai, dan pintu menggunakan kayu tembesu dan bagian rangka menggunakan kayu seru. Hampir 80% rumah limas terdiri kayu-kayu dan kayu tersebut tahan akan air dan kuat. Rumah limas memiliki luas 400 m hingga 1000 m. karna rumah limas sangat luas di bandingkan dengan rumah pada umumnya, rumah limas bisa di gunakan untuk acara-acara misanya hajatan atau acara keluarga besar.

RUMAH ADAT ACEH | Nama, Gambar, Komponen Lengkap

Gambar Rumah Adat Sumatra Selatan

Berikut ini adalah gambar rumah adat Sumatra selatan versi asli dan art, kalian bisa pahami dan cermati:

 

Komponen Rumah Adat Sumatra Selatan

Rumah adat Sumatra selatan terdiri dari beberapa komponen. Bangunan depan terdiri dari ruang joga, ruang kerja dan gegajah. Di ruangan ini terdapat emben atau balai uang ukurannya sangat tinggi di bandingkan lantai ruangan.

Ruangan pertama di gunakan sebagai pusat pertemuan misalnya pertemuan keluarga besar, upacara adat, keduri dan acara lainnya

Kamar di sebalah kanan dan kiri bangunan terdapat dinding. Jika ingin masuk kedalam bilik kamar harus melalui kotak atau pintu. Kotak tersebut di gunakan sebagai perlengkapan rumah tangga.

Kamar-kamar terdiri dari ruang kepala keluarga, kamar anak perempuan, kamar anak laki-laki, ruang keluarga, dan ruang anak mantu.Untuk bagian belakang terdiri dapur dan kamar mandi.

Selain di sesuaikan dengan alam sekitar, rumah adat juga di pengarui oleh budaya dan adat istiadat atau nilai-nilai agama masyarakat. Sebagian besar rumah adat sekarang di jadikan sebagai tempat tinggal ketua adat atau untuk tempat acara-cara tertentu.

Rumah adat di bangun menggunakan bahan untama yang berasal dari alam. Bahan alami yang di gunakan misalnya bambu, kayu, tanah liat, batu alam, rumbia, dan pohon ranting kering.

RUMAH ADAT 34 PROVINSI | Nama, Gambar, Penjelasan Lengkap

RUMAH ADAT LAMPUNG | Nama, Gambar, Komponen Lengkap

RUMAH ADAT BENGKULU | Nama, Gambar, Komponen Lengkap

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *