KAIN SONGKET PALEMBANG|Sejarah, Jenis, Fungsi, Gambar, Ciri-Ciri

Posted on 12 views
No ratings yet.

Kain Songket Palembang – Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai kain songket Palembang yang khas. Pertemuain sebelumnya kita sudah membahas mengenai tapis lampung kalian bisa klik link yang ada di bawah ini.

9 Jenis Motif Tapis Lampung, Penjelasan dan Gambar – Pelajarindo.com

Kain Tradisional
Kain Tradisional

Sejarah Kain Songket

Sejarah kain songket tidak bisa kita lepaskan dari legenda kerajaan Sriwijaya dan kesultanan Palembang Darussalam. Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan maritime yang terletak di Palembang Sumatra Selatan. Pada zaman itu kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan yang sangat kuat karena Sumatra di kuasai oleh kamboja, thailan, semenanjung Malaysia, Sumatra dan jawa.

Warisan yang di tinggalkan kerajaan Sriwijaya adalah kain tenun yang di sebut songket. Songket adalah kain khas masyarakat Sumatra selatan yang memiliki arti yang mendalam bagi masyarakat Sumatra selatan.

Bukti adanya kain songket sejak kerajaan Sriwijaya adanya arca-arca yang menggunakan kain songket. Arca-arca tersebut adalah percandian tanah abang, kabupaten muara Enim.

Kian songket merupakan kain yang di rangkai dari berbagai jenis benang salah satu benang emas. Menurut sebagian orang masyarakat Sumatra selatan kain songket di pengaruhi oleh perdagangan tiongkok yang membawa benang sutra dengan pedagang india. Kemudian ada benang perak juga sebagai percantik. Benang-benang tersebut kemudian di tenun dengan pola yang rumit dengan alat tenun.

Akan sulit belajar menenun secara singkat. Sehingga masayrakat Sumatra selatan mengajarkan anak-anak terutaman perempuan belajar menenun sejak kecil. Menenun adalah turun menurun masyarakat Sumatra selatan.

KAIN TRADISIONAL | 33 provinsi, Sejarah, Nama, Gambar & Makna

Kain songket sangat nyak kegunaan dan kerap di gunakan oleh pelapis pakaian  wanita atau pria.Songket dapat di gunakan untuk pernikahan adat, upacara adat, pengantin dan lainnya. Fungsi kain songket sangat banyak kita dapat membahas di bawah ini.

Kualitas kain songket tidak udah di ragunakan lagi. Kain songket bisa tahan berpuluhan tahun, biasanya kain songket warisan turun menurun. Teknik menenun, jenis dan kualitas kain songket biasanya di kenal dengan istilah songket limar dan lepus.

Lepus adalah kain songket yang terdiri dari sukitan sulaman benang kualitas tinggi yang bisa bertahan puluhan tahun. Benang emas di datangkan dari cina bahkan di ambil dari kain songket berusia ratusan tahun akibat sudah rapuh. Kain songket jenis ini adalah kain songket yang tergolong mahal harganya.

Limar adalah Teknik pembuatan kain songket. Menurut budayawan inggris kain songket jenis ini memadukan warna merah, kuning, hijau dengan motif buah limau. Namun ada juga yang perpendapat jika limar terinspirasi dari bulatan tetesan jeruk peras.

KAIN TRADISIONAL | 33 provinsi, Sejarah, Nama, Gambar & Makna

Jenis Kain Songket

Berikut ini adalah jenis kain songket Palembang di antaranya:

1.      Kain Songket Lepus

Kain songlet lepus adalah kain songket full benang emas. Benang emas hamper menutupi semua permukaan dengan motif-motif yang menarik. Ada beberapa jenis songket lepus, antara lain: lepus lintang (motif bintang), songket lepus berantai, songket lepus ulir,

2.      Kain Songket Tawur

Kain songket tawur adalah kain yang memiliki motif tidak menutupi semua permikaan namun berkelompok dan menyebar di berbagai sisi.

3.      Songket Tretes

Kain songket tretes adalah kain songket dengan motif kedua ujung pangkal kain dan piggir, namun pada bagian tengah jarang-jarang motifnya.

4.      Songket Bungo Pacik

Motif songlet bungo pacik adalah songket dengan motif bunga pacik. Benang yang di gunakan benang kapas putih sehingga benang emasnya tidak terlalu mencolok pada motif ini. Benang emas hanya pemanis saja pada motif ini.

BATIK BALI | Sejarah, Motif, Gambar & Penjelasan

5.      Songket Limar

Songket Limar ditenun dengan corak ikat pakan. Motifnya berasal dari benang pakan yang diikat dan dicelup pewarna.

6.      Songket Kombinasi

Songket kombinasi adalah campuran motif-motif songket kemudian di kreasikan bentuk.

Fungsi Kain Songket

Berikut ini adalah fungsi kain songket pelembang di antaranya:

  1. Digunakan untuk Upacara adat
  2. Digunakan untuk Upacara pernaikahan
  3. Di pakai oleh pengantin
  4. Di pakai untuk menyambut tamu
  5. Di pakai oleh penari Sumatra selatan
  6. Sebagai warisan
  7. Untuk oleh-oleh khas Sumatra selatan
  8. Untuk cindramata
  9. Di gunakan oleh petinggi daerah
  10. Sebagai bentuk sakralnya suatu acara

Berdasarkan motifnya fungsi kain songket ada beberapa yaitu:

1.      Motif Bunga Mawar

Motif bunga mawar memiliki filosofi menolak marabahaya, di jauhkan dari hal-hal yang tidak baik. Di gunakan pada saat cukur bayi atau kekahan dan untuk selimut bayi atau pun kain untuk gendong.

2.      Motif Bunga Tanjung

Motif bunga Tantung memiliki filosofi keramahan. Kain songket motif ini untuk menyambut tamu dating yang menyimbolkan selamat datang dengan hangat.

3.      Motif Bunga Melati

Motif bunga melati memiliki filosofi melambangkan kesucian, sopan santun, berbudipekerti luhur. Kain ini di gunakan oleh putri yang belum menikah.

4.      Motif Pucuk Rebung

Motif pucuk rebung memiliki filosofi harapan masa depan yang cerah. Bambu sangat kuat dan kokoh untuk goyah oleh apapun. Motif pocuk rebung biasanya di bagian kepala.

Macam-Macam Batik Nusantara

Ciri-Ciri Kain Songket

Berikut ini adalah ciri-ciri kain songket palembangh di antaranya:

  1. Salah satu benang menggunakan benang emas sutra
  2. Kain kaku dan keras karena menggunakan benang emas sutra dan katun
  3. Terdapat unsur cina/tiongkok
  4. Dibuat dengan cara di tenun
  5. Benang emas adalah benang utama

Baca Juga:

seni naturalism

BATIK NUSANTARA | Pengertian, 25 Jenis, Motif, Tradisional, Modern

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *