Pengertian, Jenis, Tujuan dan Contoh Dekorasi | Pelajarindo

Posted on 32 views
No ratings yet.

Pengertian Dekorasi – dalam Bahasa belanda dekorasi berarti hiasan. Semua yang berada dalam suatu ruangan yang di hias sedemikian rupa maka disebut dengan dekorasi. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai ilustrasi, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dekorasi. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian, Tujuan, Jenis, Contoh, Fungsi Ilustrasi

Pengertian dekorasi

Pengertian dekorasi adalah menghias atau memperindah suatu benda, ruangan, panggung, bangunan, atau objek lainnya agar sesuai dengan keinginan. Mendekor suatu tempat berati menghias dan mendandani tempat tersebut.

Seni dekorasi termasuk dalam seni  yaitu seni rupa. Biasanya dekorasi berkaitan dengan persta, penyedia ruangan akan mempercantik ruangan atau tempat agar terlihat menarik dan banyak pengunjung yang terkesan dengan dekorasi yang bagus.

Dekorasi dengan bidang interior bangunan berarti tatanan perabot dan perlengkapan lainnya yang serasi dan menarik untuk di lihat. Menghias tempat atau ruangan bisa di lakukan sendiri atau meminta bantuan desainer ruangan untuk menata.

Mendekorasi suatu ruangan atau suatu acara harus berdasarkan dengan tema atau kepribadian. Misalnya mendekorasi kamar maka akan disesuaikan dengan kepribadian pemakai kamar. Bergitu pula dalam suatu acara misalnya pernikahan pasti berdasarkan tema yang di inginkan.

Tujuan Dekorasi

Berikut ini adalah tujuan dekorasi antara lain:

  1. Memberikan rasa nyaman terhadap suasana
  2. Memberikan keindahan bagi ruangan
  3. Memberikan kesan menarik
  4. Menarik perhatian audien
  5. Menguatkan suatu pagelaran atau acara

Jenis Dekorasi

Berikut ini adalah beberapa jenis dekorasi yang bisa menjadi refrerensi dekorasi:

1.      Dekorasi Interior

Dekorasi interior adalah dekorasi Di dalam ruangan. Biasanya di dalam suatu Gedung yang disewa kemudian di dekor dan dihiasi sesuai tema agar mendukung sesuai dengan acara. Contoh dekorasi interior misalnya acara pernikahan, wisuda, ulang tahun, perayaan suatu acara kantor, dan masih banyak lagi. Kelebihan acara di dalam ruangan adalah tidak takut terjadinya hujan karena di dalam ruangan. Kelemahannya ketika pengunjung membludak banyak maka Gedung akan menjadi penuh dan pasti akan sempit-sempitan di dalam ruangan.

2.      Dekorasi Eksterior

Dekorasi eksterior adalah dekorasi di luar ruangan. Biasanya di hutan, pantai, taman dan tempat tempat lainnya yang berada di luar ruangan. Jika ingin menyelenggarakan acara di luar ruangan dengan dekorasi eksterior harus memperhatikan cuaca, pastikan tidak musim hujan. Acara ini populer untuk acara pernikahan, ulang tahun, acara-acara perusahaan yang mengaruskan di luar ruangan.

Contoh Dekorasi

Berikut ini adalah beberapa contoh dekorasi antara lain:

Dekorasi Pernikahan Indor
Dekorasi Pernikahan Indor

Dekorasi Pohon Natal
Dekorasi Pohon Natal
Dekoasi Kamar Karakter
Dekoasi Kamar Karakter

Dekorasi Pernikahan Indor
Dekorasi Pernikahan Indor

Baca Juga:

CONTOH MOZAIK | Gambar dan Penjelasannya

6 Fungsi Patung | Berdasarkan Perwujudannya

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *