9 Jenis Motif Tapis Lampung, Penjelasan dan Gambar – Pelajarindo.com

Posted on

Jenis Motif Tapis Lampung, Penjelasan dan Gambar – Tapis adalah kain khas dari lampung, banyak jenis dan motif kain tapis. Kain tapis di gunakan oleh masyarakat untuk menghadiri acara-acara perayaan adat, pernikahan, khitanan, kenaikan pangkat dan masih banyak acara-acara lainnya. Berikut ini pelajarindo akan menjelaskan mengenai jenis motif tapis lampung, penjelasan dan gambar.

Jenis Motif Tapis Lampung

Jenis motif lampung ada 9 motif dengan gambar dan design yang berbeda-beda. Kain tapis di buat dengan cara tradisional di rajut menggunakan tangan bahan yang di gunakan adalah benang emas dan benang bolah serta jarum. Membutuhkan kejelian dan kesabaran membuat kain batik. Sebanding dengan harganya yang lumayan. Berikut ini adalah jenis motif tapis lampung:

1.      Motif Lereng-lereng

Motif Lereng

Jenis motif tapis lampung lereng-lereng adalah jenis motif yang paling populer di masyarakat lampung. Motif lereng-lereng akan berkombinasi dengan kain berwarna merah sehingga membentuk motif kain tapis yang mewah dan indah. Kain ini bermotif lereng-lereng semua, tidak ada motif lain di dalamnya.

2.      Motif Gunung

Motif Gunung

Jenis motif tapis yang selanjutnya adalah motif gunung. Motif gunung biasanya di gunakan untuk samping dan ujung kain tapis. Kain tapis motif gunung ini berkombinasi dengan warna hitam pekat.

3.      Motif Bukit

Motif Bukit

Kalian harus bisa membedakan antara motif gunung dan motif bukit. Karena hampir sekilas itu sama.  Kain tapis motif ini berbentuk lereng-lereng perbukitan ujung hingga ujung kain. Motif bukit berkombinasi dengan warna merah tua dan coklat.

4.      Motif Ayat Kursi Bordir

Motif Ayat Kursi Bordir

Motif ini populer di kalangan hiasan. Motif kain ini di gunakan untuk hiasan dinding. Bisa juga sebagai cendramata tamu agung, rekomen sekali untuk cendramata. Benang emas berkombinasi dengan warna hitam dan merah tua.

5.      Motif Ayat Kursi Sulam

Motif Ayat Kursi Sulam

Motif ayat kursi sulam sebenarnya sama dengan motif ayat kursi border yang membedakan hanya sulaman dan bordiran. Kombinasi warnanya juga sama.

6.      Motif Ayat Kursi Full Benang Emas

Motif Ayat Kursi Benang emas

Motif masih sama dengan border dan sulam, tetapi motif ini full benang emas. Bisa di lihat pada gambar di atas.

Rekondasi untuk anda, agar wawasan budaya lampung bertambah, berikut artikel jenis tapis lampung:

16 Jenis Tapis Lampung dan Penjelsannya Lengkap – Pelajarindo.com

7.      Motif Asmaul Husna

Motif Ayat Kursi Asmaul Husna

Motif asmaul husna ini juga cocok di gunakan untuk pajangan dinding di rumah. Bisa juga untuk oleh-oleh atau cendramata.

8.      Motif Kapal

Motif Kapal

Motif kapal juga sangat populer, ciri khas kapal adalah lampung. Di dalam kapal tersebut pasti ada gajahnya. Berkombinasi dengan warna hitam dan merah tua. Motif untuk hiasan dinding.

9.      Motif Kapal Naga

Motif Kapal Naga

Motif kapan naga adalah bentuk kapal yang di sampingnya ada kepala naganya. Pupuler juga motif ini di kalangan masyarakat. Untuk hiasan dinding sangat apik motif ini.

Terima kasih sudah mengunjungi pelajarindo, semoga pada artikel ini anda mendapatkan apa yang anda cari. Salam hangat dari kami penulis pelajarindo. Terus belajar dengan giat agar wawasan menjadi luas, dan terus lah berusaha mengalahkan apa yang menjadi rintangan anda kedepannya.

‘Kejar sampai kamu dapatkan apa yang kamu mau’

‘Teruslah belajar, karena belajar adalah baik, kamu harus percaya’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *