16 Jenis Tapis Lampung dan Penjelasannya Lengkap – Pelajarindo.com

Posted on

16 Jenis Tapis Lampung dan Penjelsannya Lengkap – tapis adalah kain khas lampung dengan berbagai jenis. Berikut ini pelajar indo akan memjelaskan mengenai jenis kain tapis khas lampung beserta gambarnya lengkap. Kain tapi sangat berguna bagi peremuan lampung, banyak sekali momen-momen acara yang baik jika memakai pakaiaan tapis lampung.

Jenis Tapis Lampung

Tapis lampung merupakan pakaian adat yang berasal dari profinsi Lampung. Lampung terkenal dengan kain yang khas yaitu kain tapis. Tidak hanya sebagai pakaian adat saja, tetapi kain tapis juga di gunakan sebagai pakaian, tas, pernak-pernik, dan hiasan. Berikut ini adalah 16 jenis tapis lampung menurut jenis pemakai:

1.      Tapis Jung Sarat

Tapis Jung Sarat

Tapis jung sarat di gunakan untuk pakaiaan adat wanita. Kain tapis ini di gunakan oleh beberapa kelompok isteri kerabat lebih tua pada acara-acara adat, gelar, pernikahan, dan muli cangget.

2.      Tapis Raja Medal

Tapis Raja Medal

Tapis raja medal adalah tapis kelompok-kelompok isteri kerabat yang tua (tuho Penyimbang). Kain ini di gunakan untuk pernikahan, gelar pangeran atau sultan. Tetapi daerah Abung Lampung Utara menggunakan tapis taja medal untuk pengantin wanita pada acara pernikahan.

3.      Tapis Laut Andak

Tapis Laut Andak

Tapis laut andak di gunakan untuk pengantin wanita pada adat cangget. Kain ini juga di gunakan untuk penari pengiring pernikahan.

4.      Tapis Balak

Tapis Balak

Tapis balak di gunakan untuk adik perempuan istri anak raja/sultan pada saat upacara pengambilan gelar, atau pernikahan anak. Kain tapis ini juga di gunakan untuk penari perkawinan.

5.      Tapis Silung

Tapis Silung

Tapis silung di gunakan oleh kelompok tua kerabat pada upacara khitanan atau penikahan. Kain tapis silung juga dapat di gunakan untuk pakaian adat wanita.

6.      Tapis Laut Linau

Tapis Laut Linau

Kain laut linau adalah tapi yang paling banyak fungsinya. Kain ini dapat di gunakan oleh kerabat isteri kerabat jauh, gadis pengiring pengantin pada upacara turun mandi, pengambilan gelar, penari muli cangget.

7.      Tapis Cucuk Andak

Tapis Cucuk Andak

Tapis cucuk andak di gunakan oleh isteri-isteri keluarga penyimbang (kepala suku) yang bergelar sultan dalam menghadiri pernikahan, pengambilan gelar. Tetapi di bagian lampung utara kain ini di gunakan untuk pakaiaan adat wanita, dan ibu-ibu pengiring pengantin.

8.      Tapis Cucuk Pinggir

Tapis Cucuk Pinggir

Tapis cucuk pinggir di gunakan untuk menghadiri pesta adat, selain itu di gunakan untuk mengiringi pengantin.

9.      Tapis Tuho

Tapis Tuho

Tapis suho di ginakan oleh istri yang bergelar sultan. Di gunakan sekelompok untuk pengambilan gelar sultan. Biasanya para isteri menggunakan kain tapis tuho untuk menyaksikan gelar sang suami.

10.  Tapis Agheng/Areng

Tapis Agheng Areng

Tapis agheng atau areng di gunakan oleh isteri para sultan pada saat upacara pegerakan naik pengambilan gelar sultan.

11.  Tapis Dewosano

Tapis Dewosano

Tapis dewosano di gunakan masyarakat menggala dan kota bumi pada saat menghadiri upacara adat.

12.  Tapis Kaca

Tapis Kaca

Tapis kaca di gunakan untuk pengantin perempuan, untuk menghadiri acara-acara adat juga bisa. Tetapi di daerah pardasuka lampung selatan di pakai oleh para lelaki saat upacara adat.

13.  Tapis Bintang

Tapis Bintang

Tapis Bintang ini gunakan oleh pengantin wanita pada saat upacara adat.

14.  Tapis Bidak Cukkil

Tapis Bidak Cukkil

Tapis bidak cukkil adalah tapis yang di gunakan laki-laki pada saat acara.

15.  Tapis Bintang Perak

Tapis Bintang Perak

Tapis bintang perak adalah tapis yang di gunakan pada saat upacar adat di daerah menggala, dan Lampung selatan.

16.  Tapis Raja Tunggal

Tapis Raja Tunggal

Tapis raja Tunggal adalah tapis yang di gunakan oleh isteri paling tua pada saat upacara adat, pengambilan gelar. Di daerah Abug Lampung Utara di gunakan oleh pengantin wanita.

Rekomen nih untuk anda mengenaik kain batik, supaya anda menambah wawasan:

Macam-Macam Batik Nusantara | Pelajarindo.com

Pengertian Batik, Jenis, Sejarah, Cara Membuat, Lengkap – Pelajarindo.com

Demikianlah jenis tapis lampung. Kain ini adalah khas lamoung, and ajika berkunjung kelampung rekomen banget untuk membeli pernak Pernik tapis. Banyak toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *