PERAN LEMBAGA KEUANGAN | Pembahasan Lengkap

Posted on 61 views
No ratings yet.

Pengertian Lembaga Keuangan – Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang keuangan hadir menawarnarkan solusi bagi perusahaan yang membutuhkan dana. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian saham. Kali ini kita akan membahas mengenai peran  Lembaga keuangan dengan pembahasan lengkap, simak penjelasan berikut ini.

Peran Lembaga Keuangan

Berikut ini adalah beberapa kegiatan di bidang keuangan yaitu peran Lembaga keuangan sebagai berikut:

1.      Pengalihan asset

Lembaga keuangan memiliki asset dalam bentuk “janji akan di bayar”, bisa juga di artikan sebagai penjaman kepada pihak lain jangka waktu yang telah di tentukan. Dana pembiayaan asset terseub di peroleh dari tabungan masyarakat. Sehingga bis di artikan bahwa Lembaga keuangan hanya pengalihan dan pemindahan kewajiban peminjam menjadi asset jangka dalam jatuh tempo sesuai keinginan menabung. Proses pengalihan ini bisa menjadi transmutasi kekayaan atau asset transmutation.

2.      Likuiditas

Likuiditas adalah berkaitan kemampuan memperoleh uang tunai. Ada beberapa sekuritas sekunder di beli sector usaha dan rumah tangga terutama tujuan likuiditas. Likuiditas yang di maksud adalah tabungan, diposito, sertivikat deposito yang di terbitkan bank untuk memberikan tingkat keamanan yang tinggi.

Pengertian Saham, Contoh, Jenis, Pentingnya saham | Pelajarindo.com

3.      Alokasi Pendapatan

Alokasi pendapatan kenyataan masyarakat banyak individu memiliki penghasilkan memadai dan menyadari bahwa di masa dating meraka akan pensiun sehingga pendapatan akan berkurang. Kemudian mereka akan menyisihkan beberapa dari pendapatan mereka untuk di alokasikan pendapatan persiapan di masa dating. Meraka bisa membeli tanah, rumah, atau launnya namun pemiliknya sekuritas sekunder yang di keluarkan Lembaga keuangan misalnya dalam bentuk deposito, program pensiun, polis asuransi, atau saham lainnya.

4.      Transaksi

System pembayaran yang di gunakan adalah rekening giro, tabungan, dan deposito. Transaksi yang di lakukan meliputi dua atau lebih Lembaga atau perorangan. Giro atau rekening tabungan tertentu yang di tawarkan bank prinsipnya berfungsi sebagai uang. Produk ini akan di beli dengan murah oleh masyarakat dan unit usaha mempermudan meraka melakukan pertukaran uang.

Baca Juga:

Pengertian Supply Chain Management (SCM) Menurut Para Ahli – Pelajarindo.com

Pengertian Management Menurut Para Ahli – Pelajarindo.com

Pengertian Marketing dan Tugasnya | Pelajarindo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *