Pengertian Marketing dan Tugasnya | Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian Marketing

Pengertian marketing adalah rangkaian proses yang dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa. Marketing adalah mengenalkan produk kepada masyarakat, menggunakan beberapa cara agar produk tersebut banyak diminati oleh masyaraka. Pengertian marketing tidak hanya sebatas pemasaran saja. Tetapi marketing juga mengenai strategi yang digunakan, serta cara memberikan kepuasan kepada konsumen.

Istilah marketing adalah bagian penting dari suatu perusahaan. Kegiatan tersebut, barang yang di perjualkan ke produsen bisa sampai kepada konsumen. sehingga marketing sering disebut sebagai penghubung produsen dan konsumen. Menggunakan Strategi marketingnya harus jelas. Cara ini dapat dilakukan agar barang dan jasa dari produsen dapat sampai kepada konsumen dalam waktu yang tepat. Marketing sangat dibutuhkan dalam perusahaan, dan mempunyai arti yang sangat penting.

Menjadi seorang marketing harus paham menganai produk yang diminati oleh konsumen. Marketing melakukan pengamatan langsung ke masyarakat bagaimana reaksi masyarakat mengetahui produk yang di keluarkan. Menjadi seorang marketing harus paham dengan 4 konsep dasar marketing yaitu produksi, produk  penjualan, dan pemasaran.

Marketing

Konsep Dasar Marketing

Berikut ini adalah 4 konsep dasar marketing yaitu produksi, produk  penjualan, dan pemasaran:

1) Produksi

Produksi adalah proses dimana produk di buat. Seorang marketing harus mengerti bagaimana proses pembuatan produk tersebut. Mengenai harga juga harus mengetahui, walaupun dengan hasil harga akhir. Marketing juga mendampingi pada saat proses produksi berlangsung dan menjau langsung.

2) Produk

Produk adalah modal utama dalam marketing. Seorang marketing harus paham mengenai produk yang akan di pasarkan. Setelah produk di keluarkan seorang marketing akan mengamati khalayak masyarakat meninjau apakah produknya bias diterima di masyarakat atau tidak. Konsep dasar marketing mengenai produk ini adalah bahan ajar pertama seorang marketing pahami. Marketing akan paham mengenai produk dan harus bias menjelaskan kekurangan kelebihan produk itu sendiri.

3) Penjualan

Proses penjual merupakan proses yang sangat penting. Ini adalah penentu produk ini berhasil tidaknya. Sehigga proses penjualan adalah bagian yang sangat penting. Bisanya adanya target yang di capai jika itu tercapai maka akan di berikan hadiah. Untuk penjualan biasanya juga mendirikan even mempromosikan produk dalam sebuah acara sehingga menarik perhatian konsumen. Promosi merupakan salah satu bagian penjualan. Strategi apa yang di gunakan pada saat promosi. Penjualan dan promosi dilakukan secara bersamaan.

4) Pemasaran

Konsep ini merupakan lanjutan dari konsep penjualan. Kebutuhan pasar dianggap berhasil terpenuhi, jika Anda mampu memenuhi keinginan pelanggan. Tujuan utama dari kegiatan marketing adalah terpenuhinya kebutuhan pasar.

Fungsi Marketing

Banyak sekali fungsi marketing di dalam perusahaan, berikut ini adalah beberapa fungsi marketing sebagai berikut:

1) Fungsi pertukaran

Fungsi tukar adalah konsumen bisa membeli produk prusahaan dengan menukar nilai rupiah. Produsen dapat menjual kembali produk tersebut kepada pelanggan atau customer.

2) Fungsi distribusi fisik

Fungsi distribusi fisik pada produk perusahaan dapat dilakukan dengan cara mengangkut produk tersebut sarta menyimpan produk. Produk perusahan yang berasal dari produsen kemudian akan memenuhi kebutuhan pasar. Kebutuhan pasar yaitu konsumen/customer dan akan disalurkan melalui darat, air atau udara secepat mungkin. Dalam penyimpanan produk perlu menejemen yang baik agar tidak terjadi kehabisan stok

3) Fungsi perantara

Fungsi perantara sangat berguna disini. Untuk dapat menyampaikan produk adalah melewati perantara. Perantara bias siapa saja yang mempromosikan produk perusahaan. Aktivitas fungsi perantara antara lainnya yaitu seperti pencarian informasi, pembiayaan, pengelompokan produk, dan lain sebagai nya

Tugas Marketing

Banyak sekali tugas marketing dalam organisasi atau perusahaan. Berikut ini adalah tugas marketing dalam suatu organisasi atau perusahaan:

  • Bertugas untuk menyerap informasi dan menyampaikan kepada perusahaan tentang produk dan perusahan.
  • Bertugas menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan masyarakat.
  • Memperkenalkan produk beserta perusahaan kepada masyarakat luas.
  • Bertugas menjual produk demi penghasilan pendapatan perusahaan.
  • Bertugas menjembatani antara perusahaan dengan lingkungan eksternal.
  • Meningkatkan kualitas dan penjualan produk dalam perusahaan.

Baca Juga:

Pengertian Birokrasi dan Penjelasan Lengkap Birkrosi | Pelajarindo.com

Perbedaan Quality Assurance (QA) dan Quality Control (QC)

Demikian penjelasan lengkap mengenai Marketing ini kami buat agar menjadi bahan referensi yang baik bagi sobat semuanya. Jabat erat dari kami. Dan jika sobat menyukai artikel ini silahkan sobat berbagi dengan cara sederhana UNTUK KLIK IKLAN YANG ADA DI WEBSITE INI. TERIMAKASIH ATAS KEMURAHAN HATINYA.

One thought on “Pengertian Marketing dan Tugasnya | Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *