Pengertian Provinsialisme, Contohnya – Pelajarindo.com

Posted on 357 views
No ratings yet.

Pengertian Provinsialisme, Contohnya – provinsialisme adalah kelompok yang menjunjung tinggi adat daerah. Banyak sekali dampak yang di akibatkan sifat provinsialisme yang menimbulkan perpecahan antar suku, ras, dan agama. Simak penjelasan berikut ini agar anda paham mengenai provinsialisme,

Pengertian Provinsialisme

Pengertian provinsialisme adalah bersifat kedaerahan. Provinsi di Indonesia 33 provinsi dan 1.704 pulau dan masih banyak suku di Indonesia. Sesuai dengan Pancasila berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Dari sekian banyak suku di Indonesia kita adalah satu Indonesia. Tidak perlu membeda-bedakan suku, ras, golongan, agama. Akhir-akhir ini banyak sekali demo mengatasnamakan pembelaan agama, jika semua agama mengajarkan kebaikan, apakah harus saling mencaci maki antar agama. Kita doakan saja jika suatu kelompok menghina agama kita agar mereka di ampuni

Pengertian Provinsialisme, Contohnya

Pengertian provinsialisme adalah kelompok yang minjung tinggi budaya kedaerahannya dan menyakininya. Dampak yang di timbulkan dari provinsialisme adalah saling menyalahkan antar daerah, dimana daerah tersebut belum tentu salah. Orang yang menganut provinsialisme adalah orang yang tidak mau kelompok daerahnya tertindas, atau salah. Mereka menganggap kelompok daerahnya adalah yang paling benar.

Contoh Provinsialisme

Suku jawa mereka menghormati adat dan budaya mereka. Apalagi daerah instimewa Yogyakarta, di sana masih kental dengan budaya adatnya. Pada suatu ritual leluhurnya ada sesajen yang di persembahkan kepada nenek moyangnya, menurut pandangan orang itu adalah musrik/mempersekutukan. Jika semua orang berfikir demikian, maka akan mengalami kesalahpahaman. Yogyakarta adalah daerah yang menghormati budaya nenek moyang lelulur, mereka mempunyai cara untuk mendokan dan menghormati para leluhurnya. Sebagai antar suku kita harus saling menghargai satu sama lain, tidak perlu mencaci atau memberikan kritikan yang pada akhirnya tidak ada penyelesaiaan.

Kalian juga bisa membaca mengenai rasisme, ekstmisme, dan primordialisme. Artikel di bawah ini ada hubungannya dengan provinsialisme.

Pengertian Rasisme dan Contohnya – Pelajarindo.com

Pengertian Ekstremisme, Penyebab, Contoh dan Pandangan – Pelajarindo.com

Pengertian Primordialisme, Contoh, dan Dampak – Pelajarindo.com

Terima kasih sudah mengunjungi pelajarindo, semoga pada artikel ini anda mendapatkan apa yang anda cari. Salam hangat dari kami penulis pelajarindo. Terus belajar dengan giat agar wawasan menjadi luas, dan terus lah berusaha mengalahkan apa yang menjadi rintangan anda kedepannya.

‘Kejar sampai kamu dapatkan apa yang kamu mau’

‘Now, I will do what makes me happy and I don’t waste my time’

Beri nilai untuk artikel ini:

One thought on “Pengertian Provinsialisme, Contohnya – Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *