Seni Rupa Murni : Pengertian, Bentuk, Fungsi, Tokoh dan Contoh

Posted on

Seni Rupa Murni – Dalam dunianya, Seni terbagi atas dua jenis, yakni Seni Murni dan Terapan. Sebagai manusia yang punya akal dan pikiran yang selalu bertumbuh, orang-orang akan terus melakukan serangkaian perkembangan sesuai apa yang mereka impikan.

Seni Rupa Murni menjadi salah satu bukti, tentang bagaimana manusia mampu memberikan secarik keindahan, yang pastinya bisa dinikmati oleh mata dan dirasakan oleh rabaan. Nilai keindahan dan estetisnya kerap menciptakan decak kagum bagi siapapun yang melihatnya.

Akhiratnya, saat ini anda bisa dengan mudah bila ingin menikmati hasil karya tangan dingin para seniman-seniman di seluruh dunia, misalnya Karya Seni Rupa jenis Murni seperti Lukisan, yang mampu mengekspresikan jika seseorang untuk masuk kedalamnya.

Pada kesempatan kali ini, Senipedia akan menguraikan informasi mengenai Seni Rupa Murni, mulai dari Pengertian, Fungsi, tujuan, Tokoh penggelut hingga contoh gambar seni rupa yang satu ini. Oke langsung saja, check this out.

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni adalah sebuah sebuah karya seni rupa yang dikhususkan sebagai karya, yang hanya bisa dinikmati oleh mata, dan dirasakan oleh hati. Artinya, jenis seni ini hanya menitikberatkan pada keindahan semata, tanpa mementingkan nilai-nilai praktis didalamnya.

Contoh Seni Rupa kategori Murni yang pastinya acap kali anda lihat antara lain adalah Lukisan, Kaligrafi, Ukiran, Topeng, Relief, Mozaik, Seni Grafis dan Fotografi. Beberapa contoh ini tentu bukanlah hal asing di mata dan perabaan tangan anda sehari-hari.

Karena faktanya, Bentuk Seni Murni ini sangat cocok untuk hiasan dinding rumah, ruangan kantor dan taman. Selain itu, jenis seni ini juga sering ditampilkan pada pameran atau pentas seni di seluruh daerah.

Seni Rupa Murni menurut Para Ahli

Untuk lebih memberikan pemahaman, dibawah ini adalah definisi Seni Rupa Murni menurut beberapa pendapat para Ahli :

1. Kottak

Menurut Kottak adalah suatu seni yang memiliki kualitas, hasil ekspresi serta keindahan alam dan berbagai hal yang melebihi dari keasliannya dengan klasifikasi objek/subjek terhadapa kriteris estetis.

2. Haukin

Menurut Haukin adalah bagian dari ekspresi jiwa manusia yang diimajinasikan dan diterapkan ke dalam sebuah benda. Seni rupa merupakan seni yang juga untuk dipamerkan atau dipertunjukkan di depan orang banyak.

3. La Mery

Sedangkan menurut La Mery, Arti Seni Murni adalah penglihatan yang dilakukan secara simbolis dengan bentuk yang lebih tinggi dan juga lebih indah. Dengan kata lain, seni rupa adalah sesuatu yang menekankan pada keindahan.

4. Aristoteles

Definisi Seni Rupa menurut Aristoteles adalah, hasil karya berdasarkan peniruan terhadap alam namun memiliki sifat yang ideal.

5. Sussane K Langer

Sedangkan menurut Sussane, yang dimaksud dengan Seni Rupa bentuk Murni merupakan bentuk hasil karya manusia yang memiliki keindahan dan bisa dinikmati oleh orang lain. Dengan kata lain, seni rupa adalah proses penciptaan keindahan yang tujuannya untuk dinikmati.

Bentuk Seni Rupa Murni

Pada pembahasan awal tadi sudah sempat saya singgung mengenai contoh dari seni murni ini. Nah, dibawah ini adalah jenis / bentuk kesenian murni yang umumnya telah anda kenal selama ini :

1. Lukisan

Yang paling familiar bagi anda mungkin adalah lukisan. Ya, siapa yang tidak mengenal lukisan? Setidaknya dalam hidup anda, pernah sekali melihat lukisan, baik secara langsung maupun melalui media lain seperti televisi maupun internet.

Jenis lukisan juga terdapat dalam beberapa model, antara lain adalah Naturalisme, Klasisme, Realisme, Romantisme dan lainnya. Umumnya, setiap lukisan memiliki arti, sejarah dan maknanya masing-masing, yang datang dari seniman yang membuatnya.

2. Kaligrafi

Kaligrafi merupakan contoh seni rupa model murni dua dimensi, yang difungsikan sebagai pemanja mata dengan dasar keindahan, ketelitian dalam pembuatan dan biasanya diletakkan di tempat peribadatan umat islam, rumah dan ruangan-ruangan bernuansa islami lainnya.

Baca juga : 10 Aspek Penilaian Seni Rupa Terapan

Kaligrafi umumnya ditulis dalam bahasa arab, kemudian dikombinasikan dengan berbagai gaya maupun motif unik, sehingga menciptakan kesan yang indah serta menaikkan nilai dan harga yang ada didalamnya.

3. Topeng

Berikutnya adalah topeng. Fungsi dan manfaatnya akan bisa dirasakan ketika dipajang di dinding rumah. Namun meskipun begitu, tetao ada segelintir orang yang kurang mengerti seni, malah mengartikan topeng sebagai properti yang punya ikatan erat dengan dunia mistis, padahal itu hanya sebagian kecil saja.

4. Fotografi

Bagi anda yang suka Selfie atau berfoto, anda pasti mengenal istilah Fotografi. Seni dua dimensi yang satu ini semakin digemari sebagai akibat dari kemajuan teknologi yang kian pesat. Seni Fotografi mampu memperindah sebuah hasil potret saat dipadu dengan seni fotografi oleh para ahlinya.

5. Relief

Pengertian Relief adalah gambar atau lukisan yang ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi (trimata), yang berada di atas bidang dua dimensi atau (dwimata). Relief sering dijumpai pada candi-candi peninggalan kerajaan maupun tugu-tugu peringatan, yang berisi nilai sejarah yang tinggi.

6. Ukiran

Tidak jauh berbeda dengan relief, namun ukiran umumnya dicetak dari batu dan kayu yang datar. Biasanya, para pengukir akan menciptakan seni ukiran dalam bentuk kehidupan manusia, pepohonan, bunga dan makhluk hidup lainnya. Ukiran sering ditemukan di rumah, ruangan kantor, dinding bangunan dan sejenisnya.

7. Seni Grafis

Seni Grafis merupakan kombinasi dari seni bentuk murni dan terapan, perbedaannya terletak pada penempatan kegunaannya. Jika sebagai ilustrasu, maka menjadi terapan, namun jika sebagai pajangan atau hiasan, maka ia menjadi Murni. Contoh seni murni yang lainnya adalah Mozaik, kerajinan dan keramik.

Baca juga : Peralatan Melukis

Fungsi Seni Rupa Murni

Berdasarkan pengertian dan beberapa contohnya diatas, setidaknya bisa anda tarik kesimpulan mengenai beberapa fungsinya, yakni sebagai hiasan, pajangan dan tempat mengekspresikan karya seseorang dalam bentuk kesenian.

Selain sebagai pajangan, tujuan seni jenis murni tentulah sebagai salah satu sumber penghasilan bagi para pekarya. Pasalnya, nilai yang terkandung dalam sebuah seni terkadang sibandrol fantastis dan sangat menggiurkan.

Oleh karenanya, tidak heran mengapa banyak orang yang banting stir, bukan hanya sebatas kesukaan atau penyaluran hobi semata, tapi juga sebagai mata pencaharian yang menjanjikan.

Bahkan, sebuah hasil karya seperti lukisan-lukisan legendaris, para kolektor tidak akan segan-segan untuk merogoh kocek yang dalam hanya untuk sekadar mengoleksinya saja.

Tokoh Seni Rupa Murni asal Indonesia

Dari segenap perkembangan yang terjadi, karya-karya daripada tangan dingin para seniman pasti akan tetap melekat dan menarik di hati. Buktinya, hingga kini masih banyak koleksi mereka yang terpajang rapi di museum-museum.

Meskipun tidak keseluruhan, mungkin karena terjual ke para kolektor, namun tetap saja hingga kini masih diburu dan dicari-cari, walaupun harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Nah, dibawah ini adalah beberapa Tokoh Seni Rupa kategori Murni yang terkenal dan legendaris asal Indonesia :

  • Affandi
  • Agus Djaya
  • Raden Saleh
  • Basuki Abdullah
  • Hendra Gunawan
  • Dullah
  • Christiawan “Chris” Lie
  • Yolanda “Yo” Santosa
  • Henricus Kusbiantoro
  • Melissa Sunjaya
  • Dll

Baca juga : 10 Pelukis Legendaris Indonesia yang Mendunia

Contoh Seni Rupa Murni

Dibawah ini adalah beberapa contoh seni rupa kategori Murni yang berupa lukisan, kaligrafi, seni grafis, topeng dan sebagainya :

“Potret Diri” Karya Affandi (1981)

Penutup

Demikianlah, informasi kali ini mengenai Pengertian Seni Rupa Murni, bentuk, fungsi dan contoh Seni Rupa jenis Murni. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan anda mengenai dunia kesenian.

Related posts: