PENGERTIAN BUDAYA | Unsur,Ciri,Macam,Contoh

Posted on 32 views
No ratings yet.

Pengertian Budaya-Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari namanya budaya ,Maka tidak heran terkadang ada suatu golongan masyarakat yang memiliki budaya yang bermacam-macam.Agar tau lebih lanjut langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga:

PENGERTIAN  CERITA FIKSI DAN NON FIKSI|  Struktur,Jenis,Contoh

Pengertian Budaya

Pengertian budaya secara umum merupakan cara hidup yang ada pada sekelompok manusia ,dan berkembang serta diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli:

  1. Koentjaraningrat,Pengertian budaya menurut Koentjaraningrat adalah keseluruhan perilaku dari manusia dan hasil yang diperoleh melalui proses belajar dan segalanya tersusun dalam kehidupan masyarakat.
  2. Edward Burnett Tylor,Dalam bukunya “Primmitive Culture”, Tylor menjelaskan bahwa pengertian budaya merupakan keseluruhan yang kompleks dan rumit, dimana didalamnya terkandung ilmu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, hukum, moral, adat-istiadat, maupun kemampuan lainnya, serta kebiasaan-kebiasaan yang diperoleh dari manusia dalam kehidupan dan posisinya sebagai anggota masyarakat.
  3. Ki Hajar Dewantara,Menurut Ki Hajar Dewantara, budaya merupakan suatu hasil dari perjuangan masyarakat terhadap alam dan juga terhadap zaman yang mana membuktikan suatu kemakmuran serta kejayaan dari kehidupan masyarakat pada saat menghadapi suatu kondisi yang sulit dan rintangan untuk bisa mencapai suatu kemakmuran serta kebahagiaan dalam kehidupan.
  4. Linton,Linton berpendapat bahwa pengertian budaya yaitu sikap pola dan pengetahuan yang mana menjadi kebiasaan untuk dilakukan yang di peroleh dari warisan suatu anggota masyarakat secara keseluruhan.
  5. Branislaw Malinowski,Sedangkan Branislaw Malinowski mengemukakan bahwa pengertian budaya adalah kesatuan unit terorganisir yang terbagi ke dalam dua aspek fundamental, yaitu seperangkat artefak dan sistem adat istiadat.

Unsur Budaya

 

Adapun budaya ini memiliki unsur-unsur sebagai berikut:

  1. Sistem Religi

Sistem religi ini merupakan kepercayaan yang bersangkutan dengan suatu keyakinan seseorang.Unsur dari sistem religi sendiri merupakan salah satu unsur budaya yang sangat penting dalam kehidupan manusia,karna sebagai pengatur kehidupan manusia dengan sang pencipta manusia.

  1. Bahasa

Bahasa ini merupakan sebuah pengucapan yang indah dalam elemen budaya yang dapat menjadi perantara utama untuk manusia dalam mengadaptasikan budayanya tersebut.

  1. Sistem Pengetahuan

Sistem pengetahuan ini sendiri merupakan sistem yang membahas suatu ilmu pengetahuan tentang kondisi alam yang berada di sekeliling manusia .sistem pengetahuan sendiri meliputi pengetahuan alam sekitar,tubuh manusia misalnya dan lain sebagainya.

  1. Peralatan Hidup Dan Teknologi

Peralatan dan teknologi ini meliputi cara bertindak maupun suatu perbuatan secara keseluruhan ,karna hal ini berkaitan dengan pengumpulan serta proses bahan mentah yang nantinya akan di jadikan suatu alat kerja.

  1. Sistem Kemasyarakatan

Sistem kemasyarakatan ini merupakan sekelompok masyarakat yang anggotanya merasa sama dengan sesamanya.Unsur ini lah yang nantinya akan menghitung garis keturunan dari suatu hubungan perkawinan maupun hubungan darah.

  1. Sistem Mata Pencrian

Sistem mata pencarian ini adalah segala usaha dari manusia untuk mendapatkan barang maupun jasa yang akan di butuhkan.

  1. Kesenian

Yang terakhir adalah kesenian,kesenian sendiri merupakan bentuk dari keindahan yang beraneka ragam yang timbul dari imajinasi maupun kreatifitas seseorang.

Ciri Budaya

Suatu budaya  juga memiliki beberapa ciri-ciri yaitu sebagai berikut:

  1. Dapat di wariskan dari generasi ke generasi
  2. Bersifat dinamis ,yang artinya dapat berubah dari waktu ke waktu ,sesuai dengan perkembangan sebuah zaman.
  3. Berbagai unsur budaya yang saling berkaitan atau bersinambungan.
  4. Budaya yang bersifat selektif.
  5. Budaya juga memposisikan dirinya lewat simbol.

Baca Juga:

PENGERTIAN LAPORAN HASIL OBSERVASI | Struktur, Ciri, Contoh

Contoh Budaya

Adapun  di indonesia mempunyai beberapa contoh budaya yaitu sebagai berikut:

1.Rumah Adat      2.Lagu Daerah      3.Upacara Adat

         4.Tarian Adat

 

 

Baca Juga:

Pengertian Wayang Kulit | Sejarah dan Perkembangannya

RAGAM HIAS GEOMETRI | Contoh Gambar Ragam Hias Geometris

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *