RAGAM HIAS GEOMETRI | Contoh Gambar Ragam Hias Geometris

Posted on 54 views
No ratings yet.

Contoh Gambar Ragam Hias Geometris – geometris adalah kumpulan dari berbagai ruang. Selain geometris ada juga bentuk non geometris. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian geometris, batik geometris. Kali ini kita akan membahas mengenai ragam hias geometris, simak penjelasan berikut ini.

PENGERTIAN GEOMETRIS | Contoh dan Penjelasan Lengkap

Pengertian Ragam Hias Geometris

Pengertian ragam hias geometris adalah bentuk-bentuk tertentu yang terukur dan dapat didefinisikan, seperti lingkaran, bola, bujur sangkar, tabung, limas, dan sebagainya. Geometris adalah bentuk dasar dari berbagai bentuk dan gambar.

Misalalnya saat membentuk petung tahap awalnya biadanya berbentuk balok. Geometris bisa di sebutkan misalnya gambar ini bentuk apa dan bisa di jawab bentuk balok atau segitiga. Sedangkan bentuk non geometris adalah bentuk yang tidak bisa di definisikan. Bukan berarti abstrak ya, misalnya pemandangan, air terjun maka mereka tidak mempunyai definisi tentang bentuk.

Ragam Hias Geometri

Ada 6 ragam hias geometris, swastika, pilin, meander, kawung, tumpal, dan ceplokan berikut pembahasannya:

1.      Swastika

Swastika adalah ragam hias geometris yang bentuk dasarnya adalah huruf Z atau Zigzag yang saling berlawanan. Motif swastika sering digunakan sebagai hiasan pada ujung/pinggir gambar atau kain. Membentuk huruf Z atau Zigzak tentunya motif ini saling berkaitan dan berhubungan satu sama lain.

2.      Pilin

Pilin adalah ragam hias geometris yang membentuk huruf S. seperti swastika, pilin juga saling berkaitan dan berhubungan satu sama lain. Selain sebagai hiasan pinggir atau ujung gambar/kain pilin juga sebagai pengisi bidang atau objek utama.

3.      Meander

Meander adalah ragam hias geometris yang bentuk dasarnya adalah huruf T. Motif meander adalah perkembangan dari motif swastika. Ragam hias ini digunakan sebagai hiasan pinggir atau ujung dan saling berkaitan satu sama lain.

4.      Kawung

Kawung adalah ragam hias geometris yang paling populer. Motif ini di gunakan sebagai pengisi bidang utama. Bentuk ragam hias ini menyerupai kolang kaling. Buah aren yang di potong tengahnya dan terlihat seperti 4 biji aren.

5.      Tumpal

Tumpal adalah regam hias geometris yang membentuk segitiga sama kaki yang di gunakan sebagai hiasan pinggir atau samping. Bentuk motif ini membentuk segitiga yang berulang-ulang.

6.      Ceplokan

Ceplokan adalah ragam hias yang terdiri dari satu motif saja kemudian berulang-ulang. Motif ini sering di sebut dengan kertas tempel sama dengan copy paste. kawung termasuk motif batik ceplokan.

GAMBAR RAGAM HIAS Geometris | Gambar Motif Ragam Hias

Baca Juga:

GAMBAR RAGAM HIAS FIGURATIF | Gambar Motif Ragam Hias

ORNAMEN GEOMETRIS | Pengertian, Contoh, Motif, Gambar

GAMBAR RAGAM HIAS Geometris | Gambar Motif Ragam Hias

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *