FUNGSI KAIN SONGKET | Simbolik dan Filosofi

Posted on 698 views
5/5 (1)

Fungsi Kain Songket – kain songket adalah kain khas budaya Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan motif dan filosofi masing-masing.

KAIN SONGKET PALEMBANG|Sejarah, Jenis, Fungsi, Gambar, Ciri-Ciri

Dahulu kain songket di gunakan sebagai kain samping, kain sarung limar, kain selendang, kain kebaya, kain sarung, kain Panjang, maupun kain punca potong. Namun sekarang lebih banyak di gunakan oleh masayarakat yang tertarik dengan kain songket ini.

Fungsi Kain Songket

Fungsi kain songket pada umunya dapat di gunakan sebagai berikut:

  1. Upacara adat
  2. Upacara pernikahan
  3. Menghadiri acara resmi
  4. Peresmian penting negara
  5. Sepasang pengantin
  6. Khitanan
  7. Upacara cukur rambut bayi
  8. Sebagai handrok atau bawahan busana
  9. Selandang
  10. Penutup kepala
  11. Kerajinan tas

Makna Simbolik Kain Songket

Ada beberapa makna simbolik kain songket berdasarkan motifnya antara lain:

1.      Motif Songket Bunga Mawar

Motif bunga mawar memiliki filosofi menolak atau menawar bahaya. Kain ini dapat di gunakan untuk upacara cukur rambut bayi sebagai selimut saat di gendong. Hal ini diharapkan bayi mendapat perlindungan dari semua keburukan dan malapetaka.

2.      Motif Songket Bunga Tanjung

Motif songket bunga tanjung adalah songket yang memiliki filosofi keramahan. Sebagai tuan rumah untuk menyambut tamu yang datang. Biasanya kain ini digunakan oleh ibu atau nyonya untuk menyambut tamu.

3.      Motif Songket Bunga Melati

Motif songket bunga melati adalah songket yang meiliki filosofi sopan santun, keagungan dan kesucian. Kain jenis ini digunakan oleh pengantin wanita dalam upacara pernikahan karena bunga melati melambangkan kesucian.

4.      Motif Songket Pucuk Rebung

Motif songket pucuk rebung adalah motif songket yang memiliki filosofi pohon bambu yang tidak mudah untuk di robohkan. Pucuk rebung selalu ada di dalam motif songket juga mempunyai arti mempunyai keberuntungan dan harapan setiap langkahnya.

Baca Juga:

SONGKET BALI | Sejarah, Motif, Jenis, Fungsi, Gambar

SONGKET SAMBAS KALBAR |Sejarah, Jenis, Motif, Fungsi, Gambar

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Sertakan Allah atas segala urusan mu”

 

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *