BATIK PADANG | Motif, Sejarah, Gambar & Penjelasan

Posted on 64 views
No ratings yet.

Batik Padang – Setelah kita membahas batik Riau dan batik Bengkulu mari kita bahas batik Padang. Motif batik padang banyak berpengaruh mulai dari india, thailan bahkan jawa. Mari kita pelajari Bersama-sama.

BATIK NUSANTARA | Pengertian, 25 Jenis, Motif, klasik Modern

BATIK RIAU | Motif, Sejarah, Jenis, Gambar & Penjelasan

Sejarah Batik Padang

Pada mulanya di duga batik masuk ke wilayah padang di bawa oleh masyarakat cina pada abad ke 16 zaman kerajaan Minangkabau yang berpusat pada Pagaruyung Batusangkar.

Batik padang yang terkenal zaman dulu adalah batik tanah liat  (batik tanah liek). Dimana sebagai pewarna masyarakat padang menggunakan tahan liat. Tahap pertama kain akan dii rendam dengan tanah liat kurang lebih satu minggu kemudian di beri pewarna dari tumbuhan.

Namun seiring berjalannya waktu batik tanah liek ini hilang pada masa penjajahan jepang. Kemudian Wirda Hanim memperkenalkan kembali batik ini pada tahun 1994 untuk di gunakan masyarakat sekitar. Sehingga batik tanah liek ini popular di kalangan masyarakat solok.

Ada hal yang menarik dari batik padang yang berbeda dengan batik lainya. Batik tanah liek di buat menggunakan pewarna alami misalnya kulit jengkol (Pithecellobium jaringa),manggis (Garcinia mangostana), getah gambir (Uncaria gambir), jerami padi (Oryza sativa), kulit mahoni (Sweetenia mahogani), kulit rambutan (Nephelium lappaceum) dan tumbuh-tumbuhan yang secara tradisional digunakan untuk colok (pewarna).

Pengertian Batik, Jenis, Sejarah, Cara Membuat, Lengkap – Pelajarindo.com

Motif Batik Padang

Berikut ini adalah motif batik padang antara lain:

1.      Motif Batik Keluak Daun Pakis

Motif batik keluak dan daun pakis terinspirasi dari tumbuhan pakis dan paku yang tumbuh liar di daerah padang terutama di pinggiran sungai. Motif ini unik karena meniru lika liku tumbuhan pakis.

2.      Motif Batik Pucuk Rebung

Yang di maksud dengan pucuk rebung adalah ujung bambu. Motif batik pucuk rebung  terinspirasi dari makanan pucuk rebung yang di masak. Pucuk rebung memiliki arti kesuburan dan kemakmuran. Motif ini juga ada di beberapa daerah misalnya Betawi.

3.      Motif Batik Rangkiang

Motif batik rangkiang adalah motif yang terkenal di masyarakat padang. Karena di dalam motifnya terdapat rumah adat minang yang terkenal. Asal nama rangkiang adalah lumbung pada atau penyimpanan padi.

4.      Motif Batik Slobog

Motif batik slobog adalah motif batik kotak kotak hitam. Batik ini di gunakan untuk acara kematian atau melayat.

Teknik Membuat Batik | PelajarIndo.com

Berikut ini adalah contoh gambar batik batik padang

   

Teknik Membuat Batik | PelajarIndo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Jangan berhenti sampai disini jika ingin sukses”

 

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *