BATIK RIAU | Motif, Sejarah, Jenis, Gambar & Penjelasan

Posted on 116 views
No ratings yet.

Batik Riau – kepulauan Riau juga terdapat batik khas pulau Riau yang mencerminkan budaya asli Riau. Kita akan membahas mengenai motif batik Riau.

Sejarah Batik Riau

Awal mula batik masuk ke pulauan Riau pada tahun 1824-1911 masehi pada zaman melayu kuno yaitu kerajaan Daik lingga. Namun ada perbedaan antara batik didaerah lain, batik Riau tidak menggunakan lilin sebagai perintang warna namun menggunakan pewarna perak atau perunggu. Kain yang di gunakan untuk membantik yaitu kain halus seperti sutra.

Seiring berkembangnya zaman yang makin maju pewarna perak dan perunggu sudah di tinggalkan dan beralih pada kayu lunak yang biasa di sebut kain telapuk (bunga prada).

Pada tahun 1985 pemerintahan Riau mengadakan upaya membangkitkan semangat masyarakat untuk membantik guna melestarikan budaya batik. Pelatihan ini di ikuti oleh beberapa masyarakat Riau yang ingin mengetahui batik labih jauh lagi. Pelatihan yang di berikan seperti cara membuat batik, Teknik yang di gubakan dan mengenai motif-motif yang di sesuaikan dengan budaya maysarakat riau.

Mayarakat Riau mulai membatik menggunakan canting seperti masyarakat di jawa. Teknik dan cara membatik pun sama seperti yang di ajarkan dari jawa namun yang membedakan adalah motifnya saja.

Pada tahun 1990an terkenal batik selerang di kepulauan riau. Namun sayangnya batik motif ini semakin lama semakin menghilang. Era presiden SBY di promosikan kembali batik khas Riau sebagai budaya. Kemudian ada beberapa motif-motif baru khas kebudayaan riau.

BATIK NUSANTARA | Pengertian, 25 Jenis, Motif, klasik Modern

Motif Batik Riau

Motif batik Riau cenderung menggunakan warna yang kalem dan lembut. Namun ada juga seperti batik tabir yang menggunakan  warna yang mencolok dan warna-warna cerah. Motif batik riau paling banyak adalah motif tumbuh-tumbuhan dan jarang sekali bahkan tidak ada batik tabir yang menggambarkan kehidupan manusia ataupun hewan. Motif tumbuhan bisanya motif bunga tanjung, bunga kesumo, bunga cempaka, bunga matahari kaluk berkapas dan lainnya.

Berikut ini adalah motif bunga yang terdapat pada batik Rau

KUNTUM MEKAR TAJUK BERSUSUN”

“KUNTUM MEKAR MELAMBAI”

“BUNGA MATAHARI KELUK BERLAPIS”

“SARI BERTABUR KUNTUM PENUH”

“BUNGA KUNDUR PUTRI BANGSAWAN”

“BUNGA BINTANG HIAS BERSIKU”

“BUNGA MEKAR PELANGI BERSUSUN”

“BUNGA CENGKEH MEKAR PENUH”

“KEMBANG BERISI KELUK ANAK”

“KEMBANG PENUH PUTRI BERHIAS”

“BUNGA BERTABUR TANGKAI PENUH”

“KUNTUM PENUH TAJUK MELAMBAI”

“KUNTUM MEKAR KEMBANG BERTABUR”

“KEMBANG BERISI TAMPAK LIMA”

“BINTANG-BINTANG MEKAR BERSELING”

“BUNGA MATAHARI MUTIARA BERSUSUN”

“KUNTUM BERANGKAI MEKAR PENUH”

“BUNGA MEKAR KUNTUM BERSANDING”

“KEMBANG SEMANGAT TAJUK BIDADARI”

“WAJIK SUSUN BERTABUR ANAK”

“KUNTUM MUDA KELOPAK DAUN”

“KUNTUM MEKAR WAJIK BERSUSUN”

“BUNGA MATAHARI BERTABUR KUNTUM”

“BUNGA KAPAS PUTRI BERHIAS”

“DAYANG DAUN KEMBANG”

“SIKU-SIKU KELOPAK BERSUSUN”

“KUNTUM MEKAR JALUR BERHIAS”

“KUSUMA MEKAR BERTANGKUP”

“KEMBANG BERHIAS TUMPANG TINDIH”

“KEMBANG PENUH WAJIK BERSAMBUNG”

“KUNTUM BERSUSUN PENNUH”

“KEMBANG TERKULAI BINTANG BERTABUR”

“KEMBANG BERSUSUN KUNTUM TERKULAI”

“MEKAR KESUMA DAUN BERTINDIH”

“KUNTUM BERHIAS KUNTUM MUDA”

“KUNTUM BERCABANG BINTANG BINTANG”

“BUNGA PENUH AWAN JINGGA”

“DAUN PAKU BULUH BERTUNAS”

“KEMBANG PENUH SIKU BERADU”

 

MOTIF BATIK JAMBI | Sejarah, Penjelasan, Motif dan Gambar

1.      Motif Batik Nyiur Melambai

Motif nyiur melambai adalah mitif daun yang melambai. Nyiur melambai menggambarkan bintang setaman merupakan lambang kesucian dan kesuburan rejeki. Bisa di lihat pada gambar di atas pada ujung setiap pola terdapat garis tabir mengikuti pola. Pola tabir adalah asli motif dari daerah Riau.

2.      Motif Batik Tekat

Motif batik ini adalah batik simetris. Namun biasanya batik ini menggunakan Teknik cap bukan batik tulis. Akan sangat sudah jika motif batik ini menggunakan  Teknik tulis sehingga di ciptakannya cap agar mempermudah proses pembuatannya.

3.      Motif Batik Tapuk Manggis

Motif tapuk manggis juga ada di daerah riau. Warna dasar motif ini biasanya hijau tua atau merah tua dengan motif putih di atasanya. Motif batik ini simetris sehingga ada juga motif ini menggunakan Teknik cap agar mempermudah produksinya.

4.      Motif Batik Kipas Lingga

Motif batik kipas lingga merupakan batik tulis. Batik ini bermotif dedaunan yang melambai dan tidak dan kipas beraturan namun terihat indah dan apik. Batik ini tidak bisa menggunakan cap kerena batik motif ini tidak simetris.

5.      Motif Batik Kasih Tak Sampai

Motif batik kasih tak sampai mempunyai warna dasar merah dan aksen motif putih di atasnya. Batik ini seperti tidak simetris namun jika kita lihat dengan teliti maka batik motif ini simetris. Sehingga batik jenis ini dapat menggunakan Teknik cap.

6.      Motif Batik Tabir

Sudah di jelaskan bahwa tabir merupakan budaya khas riau. Ada motif batik tabir yang full penggunaannya motif tabir. Bisa di lihat di atas gambarnya, sangat indah bukan?

Berikut ini juga ada beberapa contoh motifnya

  

Baca Juga:

MOTIF BATIK KHAS YOGYAKARTA | Pelajarindo.com

Pengertian Batik, Jenis, Sejarah, Cara Membuat, Lengkap – Pelajarindo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Jangan berhenti sampai disini jika ingin sukses”

Beri nilai untuk artikel ini:

One thought on “BATIK RIAU | Motif, Sejarah, Jenis, Gambar & Penjelasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *