Pengertian Batik, Jenis, Sejarah, Cara Membuat, Lengkap – Pelajarindo.com

Posted on 52 views
No ratings yet.

Pengertian, Jenis, Sejarah, Cara Membuat – batik adalah kain yang unik dan memiliki nilai jual dan keindahan yang tinggi. Pelajarindo akan membahas secara lengkap mengenai batik mulai dari pengertian, jenis batik, sejarah, dan cara membuat batik.

Pengertian Batik

Pengertian batik adalah kalin yang di lukis menggunakan canting dan tinta dan memiliki nilai jual dan keindahan yang tinggi. kalin yang polos yang kemudian di lukis menggunakan canting dan tinta ini sangat apik sekali. Di Indonesia hamper setiap daerah memiliki kain khas batik masing-masing. Beragam bukan? Nah ini lah kekayaan budaya Indonesia yang patut kita banggakan.

Batik adalah kain khas Indonesia dan asli milik Indonesia. Kain batik dapat di gunakan misalnya untuk bahan pakaian, tas, sepatu bahkan kerajinan lainnya. Kain batik sudah mendunia, tak jarang banyak orang-orang ternama luar negeri menggunakan baju batik. Kita harus bangga memiliki kain khas batik.

Pengertian Batik, Jenis, Sejarah, Cara Membuat, Lengkap

Pengertian batik adalah kain yang bermotif, banyak sekali beragam motif mulai dari gajah, tanaman seperti rumput, binatang, bunga, leluhur dan masih banyak lagi. Kain batik sudah di tetapkan di UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) Indonesia pada 2 Oktober 2009.

Sejarah Batik

Seni lukis di bawa dari mesir kuno yang di kenal dai abad ke-IV sebelum masehi menggunakan Teknik perinting dan malam. Kemudian penemuan mumi yang yang di bungkus lapisan malam yang berbentuk pola seperti bola. Selain di mesir Teknik lukis ini ada juga di Asia yaitu di Cina. Cina pada pemerintahan DInasti Tang (618-907), india dan jepang.

Kata batik berasal dari Bahasa Jawa asli, tetapi tidak jelas pada tahun berapa di ciptakan. Tetapi G.P Rouffaer menemukan beberapa Teknik batik dan kemudian di perkenalkan ke beberapa negara misalnya India dan Sri Langka pada abad ke 6-7.

Ada beberapa ilmuwan percaya bahwa batik berasal dari Toraja, Flores, Papua. Ilmuwan tersebut adalah J.L.A Brandes (arkeolog dari Belanda), FA Sutjipto (sejarawan dari Indonesia).

G.P. Rouffaer yang menemukan Teknik chanting. Pada saat itu G.P Rouffaer melaporkan bahwa pola gringsing sudah di kenal di kediri jawa timur pada abad ke-XII. Prajnaparamita, patung dewi Buddha kebijaksanaan dari abad ke-13 Jawa Timur adalah yang membentuk ukiran-ukiran pola pada kain batik.

Sekarang batik terkenal di berbagai propinsi di Indonesia. Bahkan setiap propinsi memiliki kain khas sendiri-sendiri.

Jenis Batik

Jenis batik atau macam batik anda dapat membaca artikel berikut ini, di dalam artikel tersebut menjelaskan secara lengkap mengenai macam-macam batik nusantara

Macam-Macam Batik Nusantara | Pelajarindo.com

Cara Membuat Batik

Berikut ini adalah artikel pelajar indo yang membahas mengenai cara membuat batik. Di dalam artikel tersebut penjelasan langkah demi langkah beserta gambarnya.

Cara Membuat Batik Tulis | Pelajarindo.com

Teknik Membuat Batik

Berikut ini adalah teknik membuat batik dengan lengkap, anda dapat mengunjungi artikel pelajarindo yang sudah kami sediakan di bawah

Teknik Membuat Batik | PelajarIndo.com

Terimakasih sudah mengunjung pelajarindo.com.  Semoga anda menambah wawasan mengenai batik nusantara.

Beri nilai untuk artikel ini:

6 thoughts on “Pengertian Batik, Jenis, Sejarah, Cara Membuat, Lengkap – Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *