MOTIF BATIK JAMBI | Sejarah, Penjelasan, Motif dan Gambar

Posted on 598 views
No ratings yet.

Motif Batik Jambi – kita sudah banyak membahas mengenai batik. Kesempatan ini kita akan membahas mengenai batik jambi. kain khas ini sangat populer di semua daerah Indonesia.

MOTIF BATIK ACEH | Sejarah, Gambar dan Penjelasan – Pelajarindo.com

Macam-Macam Batik Nusantara | Pelajarindo.com

Batik Jambi

Motif batik jambi adalah motif yang di turunkan dari nenek buyut dari orang terdahulu yang tinggal di wilayah jambi. Awal mula dari artikel E.M Gosling pada mingguan colonial timur dan barat batik di temukan di wilayah jambi  oleh Tasilo Adam. Tasilo Adam adalah penyebar berita atau bisa di sebut wartawan.

Setelah di temukan kain batik di wilayah jambi, batik sangat berkembang luas hingga kepelosok desa jambi. Oleh sebab itu kain batik sangat popular pada saat itu. Banyak sekali masyarakat membuat batik dengan ragam motif yang di ciptakannya sendiri.

Selain selendang sutra dan songket ternyata kain batik juga di gunakan untuk pengikat kepala oleh masyarakat jambi. Motif yang di hasilkan juga sangat beragam dan berkembang pesat hingga saat ini. Tidak heran bahwa batik jambi sangat banyak jenisnya.

Jambi juga mengadakan festival batik khusus batik jambi yang di buat oleh masyarakat jambi sendiri. Festival ini termasuk festival besar dan di wajibkan setahun sekali bagi masyarakat jambi. Motif yang akan di pamerkan banyak sekali dan bermanifestasi. Corak – corak batik Jambi yang terkenal misalnya Kepak lepas, Cendawan, Batanghari, Gong, Ayam, Matohari, Duren Pecah, Kacopiring, Kupu – kupu, Kembang duren, Keladi, Angso Duo, Bayamnginseng, Kapal Sanggat, Atlas, dan masih banyak lagi.

Di daerah jambi juga ada sanggar batik yang di buat untuk pameran batik sebagai pusat pengrajin batik di jambi. Banyak sekali yang mencoba meniru motif-motif batik jambi tetapi para pembatik jambi mengatakan kualitas batik mereka lebih bagus di bandingkan dengan tiruannya.

Cara Menggambar Batik dengan Pensil- Pelajarindo.com

Motif Batik Jambi

Pada umumnya motif batik jambi adalah titik, garis, bentuk warna dan tekstur. Dalam hal ini kesatuan elemen-elemen ini akan terwujudlah kain batik yang sistetis. Kain batik jambi bercorak pusat perhatian, kesembangan dan kekontrasan serta memiliki bobot kultur setempat nilai nilai filosifi.

Berikut ini adalah motif-motif batik jambi di antaranya:

1.      Motif Kapal Sanggat

Bisa kita lihat pada gambar di atas merupakan kapal karam. Bentuk kapal yang berbeda, kapal yang pertama mempunyai tiga bendera. Sedangkan kapal yang kedua memiliki empat bendera. Tiga bendera mempunyai arti mewakili masyarakat peladang dan empat bendera mewakili masyarakat maritime atau pesisir.

2.      Motif Duren Pecah

Duren yang di maksud adalah buah durian. Buah durian yang terbagi menjadi dua memiliki arti dua. Belahan yang pertama memiliki arti iman dan taqwa sedangkan belahan yang ke dua memiliki arti ilmu pengetahuan dan teknologi. Dua kesatuan yang tidak dapat di hilangkan yaitu iman taqwa dan ilmu pengetahuan berjalan seimbang. Maysarakat jambi menjalankan hidupnya berdasatkan iman dan taqwa di dukung dengan penguasaan ilmu dan teknologi.

3.      Motif Kuao Berhias

Motif kuao berhias adalah seekor burung yang sedang bercermin. Dasarnya burungnya hanya satu seolah-oleh burung tersebut berkaca sehingga menjadi dua. Motif ini memiliki makna cerminan diri sendiri sehingga masyarakat jambi bisa mengintropeksi diri sendiri. Sebagai manusia kita harus memperbaiki diri sendiri setiap saat.

Pengertian Batik, Jenis, Sejarah, Cara Membuat, Lengkap – Pelajarindo.com

4.      Motif Tampuk Manggis

Motif tampuk manggis adalah manggis yang terbelah sehingga terlihat isi secara keseluruhan. Filosifinya adalah jika seseorang terlihat sifat aslinya setelah di buka bagian luarnya. Sama seperti pepatah rambut sama hitam hati siapa yang tahu. Begitulah kira-kira makna dari motif tapuk manggis.

5.      Motif Angso Duo Bersayap

Motif angso duo bersayap adalah motif yang paling popular di jambi. Motif ini sangat khas sekali menggabungkan dua angsa berikut dengan sayapnya. Legenda angsa tidak asing lagi di masyarakat jambi. Zaman dahulu konon ada sepasang angsa yang menuntun putri Mayang Mangurai dan orang kayo hitam ketika meraka tersesat mencari tempat tinggal. Kemudian mereka membangun kota yang sangat biru yang di kenal dengan kota jambi.

6.      Motif Merak Ngerem

Motif merak ngerem adalah burung merak yang sedang mengerami telur-telurnya. Merak mempunyai bulu yang sangat indah dan termasuk binatang langka dilindungi. Bulu yang anggun menggambarkan kasih sayang seorang ibu selama Sembilan bulan mengandung anaknya.

7.      Motif Kaco Piring

Motif kaco pirang adalah bunga kaca piring yang banyak sekali pada zaman pemerintahan belanda. Sehingga masyarakat menggambarkan pada kain batik sebagai inspirasinya.

Teknik Membuat Batik | PelajarIndo.com

8.      Motif Riang Riang

Motif ini di ambil dari hewan reriang yang mengandung makna sebagai manusia harus bisa bermanfaat bagi orang lain. Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bisa bermanfaat bagi orang sekitarnya.

9.      Motif Bungo Keladi

Motif bungo keladi adalah bunga keladi yang di simpulkan dapat bekerja sama, kuat dan sekawan. Dalam hal ini bisa di terapkan seseorang yang memiliki pendirian yang teguh dan dapat di pertanggung jawabkan. Jangan seperti air di atas daun talas.

10.  Motif Bunga Melati

Motif bunga Melati melambangkan kesucian cinta, keindahan dan ketegaran hidup.

Berikut ini adalah motif lainnya

Baca Juga:

Cara Membuat Batik Tulis | Pelajarindo.com

Cara Membuat Batik di Buku Gambar – Pelajarindo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Jangan berhenti sampai disini jika ingin sukses”

Beri nilai untuk artikel ini:

One thought on “MOTIF BATIK JAMBI | Sejarah, Penjelasan, Motif dan Gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *