Teknik Membuat Batik | PelajarIndo.com

Posted on

Ada beberapa teknik membuat batik, mulai dari teknik tulis, cap, printing dan masih ada lagi. Dari beberapa teknik tersebut menghasilkan kain batik yang luar biasa indah. Kita harus bangga dengan kain batik nusantara. Setiap profinsi memiliki kain khas masing-masing dan itu memberikan kesan khas.

Batik sangat banyak sekali di gunakan misalnya anak sekolah, karyawan kantor, kondangan, serta feshion-feshion tertentu. Bukan hanya indah, tetapi makna dari lukisan batik di setiap daerah melambangkan sesuatu. Ukiran-ukiran tersebut mempunyai arti yang sangat kental dengan kebudayaan dan alam.

Berikut ini adalah teknik membuat batik:

Teknik Canting Tulis

Teknik canting tulis adalah teknik yang mengandalkan kreasi seseorang yang dituangkan ke dalam kain batik. Teknik ini sangat membutuhkan waktu yang sangat lama karena benar-benar ditulis sendiri. Selanjutnya teknik canting tulis memberikan kepuasan tersendiri bagi yang membuat ataupun yang memakai kain batik tersebut. Ukiran-ukiran yang di hasilkan dapat menambah nilai estetika yang khas, teknik canting tulis sangat popular dikalangan bangsawan.

Berikut ini adalah gambar teknik canting tulis

Proses Mencanting

Baca Juga

Cara Membuat Batik dan Alatnya | Pelajarindo.com

Macam-Macam Batik Nusantara | Pelajarindo.com

Teknik Celup Ikat

Teknik celup ikat ini biasanya di ajarkan kepada anak-anak SD. Karena teknik ini adalah teknik yang sangat mudah diaplikasikan. Bentuk kain yang di hasilkan tidak kalah cantic dengan batik tulis. Teknik celup ikat mengandalkan teknik ikat mengikat dan kemudian dicelupkan pada pewarna sehingga menghasilkan corak yang indah.

Berikut ini adalah gambar teknik celup ikat.

Teknik Celup Ikat

Teknik Printing

Teknik printing adalah teknik yang menggunakan alat printing. Kain batik menggunakan teknik printing biasanya hanya satu warna. Sehingga menghasilkan kain batik yang cepat tetepi tidak kalah bagus dan rapi. Teknik prnting sangat memenuhi kebutuhan pasar, sehingga teknik ini sangat cepat menghasilkan produk kain batik.

Berikut ini adalah gambar teknik printing.

Teknik Printing

Teknik Cap

Teknik ini sering sekali disamakan dengan teknik printing. Sangat berbeda karena teknik cap menggunakan alat cap yang sudah di sediakan. Teknik ini dilakukan dengan hati-hati guna memberikan gambar yang sama sehingga tidak tumpeng tidih. Teknik cap sangat rapi pengerjaannya karena menggunakan alat cap. Teknik cap ini menggunakan alat canting cap yang timbul, dimana canting cap ini bakalan dicelupkan di cairan malam lalu dicapkan ke kain mori. Kelebihan dari teknik ini bisa lebih cepat dalam pemalaman.

Berikut ini adalah gambar teknik cap.

Teknik Cap

Teknik Colet

Pernah melihat batik dengan warna yang beragam dan seperti di coret? Nah itu adalah batik dengan teknik colet. Teknik colet tidak kalah bagus karena mengandalkan kreatifitas. Teknik ini hamper sama dengan proses mewarnai pada lukisan. Pembatik harus mengoleskan pewarna kain atau pewarna kain lainnya dengan menggunakan kuas lalu melukiskan motif diatas kain. Teknik colet membutuhkan jiwa seni dan kreatifitas yang tinggi dan sangat jeli sekali jika ingin karya yang bagus. Semakin bagus motifnya maka semakin tinggi harganya.

Berikut ini adalah gambar teknik colet.

Teknik Colet

Demikian penjelasan lengkap mengenai Teknik membuat batik. Jabat erat dari kami. Dan jika sobat menyukai artikel ini silahkan sobat berbagi dengan cara sederhana UNTUK KLIK IKLAN YANG ADA DI WEBSITE INI. TERIMAKASIH ATAS KEMURAHAN HATINYA

3 thoughts on “Teknik Membuat Batik | PelajarIndo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *