BATIK BOGOR | Motif, Sejarah, Gambar & Penjelasan

Posted on 118 views
No ratings yet.

Batik Bogor – kita sudah membahas mengenai batik Yogyakarta dan solo. Selanjutnya kita akan membahas menganak batik bogor. Kota bogor terkenal dengan kota hujan. Simak penjelasan berikut ini mengenai batik bogor mulai dari motif, sejarah, gamabr dan penjelasannya.

BATIK NUSANTARA | Pengertian, 25 Jenis, Motif, klasik Modern

Sejarah Batik Bogor

Dahulu motif batik bogor terinspirasi dari sisa-sisa peninggalan kerajaan pakuan, benda-benda bersejarah, fenomena alam, dan kebudayaan bogor. Motif batik bogor yang terkenal adalah Kujang kijang karena sangat cocok dengan masyarakat bogor. Kujang kijang di ambil dari kata kujang dan kijang. Kujang  berarti senjata khas mayarakat sunda yang tinggal di bogor, sedangkan kidang adalah hewan yang menjadi ikon bogor yang di pajang di istana bogor.

Kain batik di gunakan oleh masyarakat kerajaan sebagai kebudayaan raja-raja Indonesia pada zaman dulu. Pada awalnya yang meggunakan kain batik adalah raja dan pengikutnya saja. Namun masyarakat keraton mengembangkan kain batik di luar keraton,

Meskipun bogor terkenal dengan puncak dan kota kuliner namun batik juga cukup popular di kalangan masyarakat bogor. Banyak wisatawan local dan mancanegara mecari oleh-oleh kain khas bogor.

Sejarah batik bogor tradisi di selenggarakan pada tanggal 13 januari 2008 atas Prakarsa Siswaya. Tradisi ini di selenggarakan atas dasar untuk melestarikan budaya batik di kalangan masyarakat bogor. Bogor banyak ikon ikon khas bogor yang bisa menjadi motif batik. Masyarakat bogor mencoba mengembangkan motif tersebut.

Macam-Macam Batik Nusantara | Pelajarindo.com

Motif Batik Bogor

Berikut ini adalah motif batik bogor yang khas. Ada beberapa motif yang sangat terkenal misalnya kepala kidang yaitu kepala hewan kijang sebagai ikon bogor.

1.      Motif Batik Kujang Kijang

 

Motif batik kujang kijang adalah ciri khas batik bogor kepala binatang kijang dengan tanduk yang menjulang ke atas. Batik ini sangat popular dan banyak jenisnya. Motif ini dapat di gunakan untuk pakaian batik sekolah, dinas, kampus, upacara pernikahan, upacara adat. Sehingga masyarakat bogor wajib mempunyai batik dengan motif ini.

2.      Motif Batik Hujan Gerimis

Bogor adalah kota yang di juluki dengan kota hujan. Sehingga motif batik hujan gerimis sangat cocok untuk motif batik khas bogor. Masyarakat bogor percaya bahwa hujan dapat mendatangkan berkah bagi sumber kehidupan.

Motif batik khas bogor tidak banyak namun jenis kujang kidang adalah yang peling banyak. Berikut ini adalah gambar-gambar motif batik kujang kidang

 

Pengertian Batik, Jenis, Sejarah, Cara Membuat, Lengkap – Pelajarindo.com

Batik bukan hanya di buat sebagai kain khas masyarakat bogor. Namun ada kerajinan lainnya yang di buat dengan motif batik. Masyarakat bogor sangat kreatif dalam mengembangkan motif-motif batik. Berikut ini adalah kerajinan yang bermotif batik:

Baca Juga:

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Jangan berhenti sampai disini jika ingin sukses”

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *