TEKS LAPORAN | Pengertian, Struktur, Ciri, Contoh

Posted on

Teks laporan – Assalamualaikum wr.wb,selamat pagi di kesempatan kali ini kita akan membahas teks laporan. apasih itu teks laporan?? lebih jelasnya mari simak penjelaasnnya bertikut ini.

TEKS LAPORAN|Pengertian,Struktur,Ciri,Contoh

Pengertian teks laporan,Struktur teks laporan,Ciri kebahasaan teks  laporan,Contoh teks laporan

Pengertian Teks Laporan

Tteks laporan adalah teks yang berisi penjabaran umum atau melaporkan tentang sesuatu berupa hasil dari pengamatan atau observasi.Teks laporan (Report)juga di sebut Teks kalsifikasi mengenai jenis jenis sesuatu yang berdasarkan  kriteria tertentu.

Jenis teks ini  mendeskripsikan tentang  bentuk,ciri,atau sifat umum(general)seperti benda, hewan, tumbuh-tumbuhan,manusia,atau peristiwa yang terjadi di alam semesta.

Struktur Teks laporan

  1. Pernyataan umum(klarifikasi)

Pernyataan umum atau klarifikasi ini terletak pada awal teks yang berupa pernyataan-pernyataan umum  yang di sampaikan untuk bertujuan mengarahkan si pembaca terhadap pembasan yang akan di laporkan .

  1. Aspek-aspek Laporan

Aspek laporan ini adalah bagian  yang mengandung poin –poin  yang telah di susun berdasarkan klarifikasioi tertentu.

Ciri  Kebahasaan Teks  Laporan

Teks laporan ini sendiri memiliki ciri kebahasaan yaitu di antaranya sebagai berikut:

  1. Mengandung kata Sandang

Kata sandang ini adalah jenis fakta yang digunakan untuk mengawali kata benda yang berfungsi sebagai penentu misalnya sebuah,sesuatu,beberapa ,seseorang dan lain sebagainya.

  1. Menggunakan konjungsi

Kata konjungsi atau kata sambung ini di gunakan  untuk menggabungkan induk kalimat dengan anak kalimat.

  1. Kalimat aktif

Kalimat aktif ini adalah kalimat  yang subjeknya selalu aktif

  1. Kata tugas

Makna tugas ini merupakan  tata bhasa formal yang hanya memiliki  makna gramatikal .

  1. Kosakata Teknis Bidanng ilmu

Yaitu kata yang berkaitan erat dengan bidang kailmuan tertentu.

  1. Penulisan unsur serapan

Yaitu pengucapan ataupun penulisan yang di sesuaikan dengan kaidah bahasa indonesia.

Contoh Teks laporan

Contoh teks laporan pun bermacam –macam salah satunya yaitu sebagai berikut:

Contoh laporan  Teks hasil  observasi/pengamatan

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

  1. Prof. Heru

Suatu pengamatan menunjukkan sebuah studi atau pembelajaran yang dilaksanakan dengan sengaja, terarah, berurutan, dan sesuai tujuan yang hendak dicapai pada suatu pengamatan yang dicatat segala kejadian dan fenomenanya yang disebut dengan hasil observasi. Hasil tadi dijelaskan dengan rinci, teliti, tepat, akurat, bermanfaat dan objektif sesuai dengan pengamatan yang dilakukan.

  1. Karl Welck

Definisi observasi merupakan pencatatan, pemilihan, penyusunan, penandaan, penggantian dari serangkaian proses tingkah laku dan suasana yang memiliki hubungan dengan organisasi tertentu.

  1. Gibson, R.L dan Mitchell. M.H

Observasi adalah teknik yang bisa dipergunakan untuk menyeleksi derajat dalam menentukan keputusan dan konklusi terhadap orang lain yang diamati. Pengamatan seperti ini tidak bisa dilakukan sendiri, harus dibantu dengan metode penelitian yang lainnya.

  1. Prof. Dr. Bimo Walgito

Observasi adalah suatu penelitian yang dijalankan secara sistematis dan disengaja diadakan dengan menggunakan alat indra (terutama mata) atas kejadian–kejadian yang langsung dapat ditangkap pada waktu kejadian berlangsung.

  1. Nasution

Menurutnya Observasi adalah dasar semua ilmu pengetahuan. Para ilmuan hanya dapat bekerja berdasarkan data, yaitu fakta mengenai dunia kenyataan yang diperoleh melalui observasi.

  1. Syaodih

Menurutnya Observasi adalah teknik yang digunakan atau cara yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang sudah berlangsung.

  1. Margono

Menurutnya Observasi adalah pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian.

  1. Bungin

Menurutnya Observasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan untuk menghimpun data penelitian melalui pengamatan dan pengindraan.

  1. Kartini Kartono

Menurutnya Observasi adalah pengujian dengan maksud atau tujuan tertentu mengenai sesuatu, khususnya dengan tujuan untuk mengumpulkan fakta, satu skor atau nilai, satu verbalisasi atau pengungkapan dengan kata – kata segala sesuatu yang telah diamati

  1. Prof. Dr. Sofyan S. Willis

Menurutnya Observasi yaitu pengamatan yang dilakukan secara partisipan dan non – partisipan. Metode partisipan mengharuskan peneliti terlibat di dalam kegiatan anak – anak dan remaja. Sedangkan metode non – partisipan hanya mengamati dari luar, tidak perlu terlibat.

 

Jadi dapat di simpulkan Teks Laporan Hasil Observasi adalah Teks yang berisikan tentang sebuah data-data yang telah ditentukan dari hasil pengamatan atau hasil penelitian pada suatu Objek tertentu, yang akan menjadi kesimpulan atau hasil akhir untuk mengetahui karakteristik Objek tersebut.

Struktur Teks laporan Hasil Observasi

Terdapat dua struktur utama yang membangun teks  Laporan Hasil observasi sehingga menjadi suatu kesatuan di antaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Klarifikasi atau pernyataan umum, merupakan pembuka atau pengantar mengenai hal yang dilaporkan. Di tahap ini akan disampaikan bahwa benda-benda di dunia bisa di klasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.
  2. Anggota atau aspek yang dilaporkan,merupakan bahasan atau rincian tentang objek yang diamati.

Struktur lain dari teks laporan observasi:

 

  1. Definisi Umum,merupakan pembukaan yang berisi pengertian mengenai sesuatu yang dibahas didam teks tersebut.
  2. Definisi Bagian, merupakan bagian yang berisi ide pokok dari setiap paragraf dalam teks tersebut.
  3. Definisi Manfaat,merupakan bagian yang menjelaskan manfaat dari sesuatu yang dilaporkan di dalam teks tersebut.
  4. Penutup: merupakan bagian rincian akhir dari teks.

Ciri Ciri Teks Laporan hasil Observasi

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dalam membuat teks laporan hasil observasi:

  1. Mempunyai sifat yang objektif, global, dan universal.
  2. Memiliki suatu objek yang akan menjadi pembahasan atau pembicaraan berupa objek tunggal.
  3. Ditulis dengan secara Detail .
  4. Ditulis berdasarkan fakta yang sebenarnya dari hasil pengamatan
  5. Mempunyai informasi teks hasil dari penelitian terkini yang telah terbukti kebenarannya.
  6. Tidak mengandung unsur yang, memihak, dugaan yang menyimpang atau tidak sesuai dengan Fakta.
  7. Memiliki suatu keterkaitan dan saling berhubungan, antara objek.

baca Juga:

NASKAH DRAMA PENDEK 6 ORANG TENTANG SEKOLAH

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

 

Leave a Reply