Pengertian Evaluasi | Tujuan, Jenis, Fungsi, Tahapan, Contoh

Posted on 55 views
No ratings yet.

Pengertian Evaluasi – Dalam suatu kegiatan perlu di lakukan evaluasi. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai analisa dan pemodelan. kali ini kita kan membahas mengenai evaluasi, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Pemodelan Dan Konsep Dasar Pemodelan

Pengertian Evaluasi

Pengertian evaluasi adalah proses identivikasi, mengukur dan menilai suatu kegiatan atau program apakah sudah sesuai dengan perencanaan dan tujuan yang di capai. Evaluasi adalah bagian terpenting dari suatu sistem menajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi.

Evaluasi dilakukan pada bagian akhir proses setelah proses yang lain sudah selesai. Tujuannya adalah untuk memeriksa apakah sudah sesuai dengan apa yang di rencanakan di awal. Semua unit proses akan di lakukan evakuasi dan pemeriksaan apakah ada yang kurang atau lebih dalam suatu pelaksanaan. Suatu kegiatan tidak ada yang berjalan dengan sempurna sehingga di perlukan evaluasi agar kesalahan-kesalahan segera di perbaiki secepatnya.

Pengertian Evaluasi
Pengertian Evaluasi

Tujuan Evaluasi

Berikut ini adalah tujuan evaluasi antara lain:

  1. Mengetahui apakah tujuan yang telah di capai sudah sesuai dengan rencana awal
  2. Memberikan objektivitas pengamatan pada hasil karya
  3. Memastikan tujuan yang sudah di rencanakan akan tercapai
  4. Memeriksa seluruh kegiatan unit agar sesuai dengan rencana
  5. Mendapatkan umpan balik dari kegiatan yang di lakukan
  6. Alat untuk memperbaiki dan merencanakan program kedepannya

Tahapan Evaluasi

Tahapan evaluasi terdiri dari 3 yaitu perencanaan, pelaksanaan dan setelah pelaksanaan. Berikut ini adalah tahapan evaluasi antara lain:

1.      Perencanaan

Tahapan perencanaan dilakukan dengan menyiapkan alat dan bahan untuk pelaksanaan kegiatan evaluasi. Hal yang paling penting adalah catatan dan data-data dalam proses berlangsung.

2.      Pelaksanaan

Tahapan pelaksanaan dilakukan dengan mengevaluasi semua unit proses dari yang terkecil dan berhubungan. Semua proses pasti berhubungan satu sama lain, sehingga perlu di evaluasi apakah sudah berjalan dengan semestinya. Jika terjadi kesalahan maka catat kesalahan pada lembar evaluasi. Catatan tersebut nantinya akan menjadi acuan untuk pengambilan keputusan.

3.      Setelah Pelaksanaan

Setelah pelaksanaan evaluasi tentu ada data dan hasil yang sudah dijalankan. Hasil dan catatan evaluasi akan di bahas sampai menemukan titik dimana salah. Bukan hanya kesalahan saja, evaluasi juga mencatat kegiatan yang sudah sesuai dengan harapan.

Monitoring | Pengertian, Tujuan, Contoh dan Tahapan

Fungsi Evaluasi

Berikut ini adalah fungsi evaluasi antara lain:

a)      Fungsi Selektif

Fungsi selektif adalah dungsi yang menyeleksi orang-orang apakah orang tersebut berkopetensi standar yang di tetapkan. Misalnya menentukan seseorang mengerjakan sesuatu sesuai dengan ahlunya, penerimaan kerja, dan menentukan kenaikan jabatan.

b)      Fungsi Diagnosa

Fungsi diagnose adalah fungsi yang menentukan kelebihan dan kekurangan seseorang dalam bidang tertentu. Misalnya menentukan jurusan IPA atau IPS untuk anak SMA.

c)      Fungsi Penempatan

Fungsi penempatan adalah fungsi yang bertujuan untuk dimana posisi yang terbaik seseorang dalam bidang tertentu. Misalnya seseorang memiliki keahlian khusus dalam suatu bidang maka ornag tersebut seharusnya bekerja dalam bidang tersebut.

d)      Fungsi Pengukuran Kebersihan

Fungsi pengukuran kebersihan adalah fungsi yang mengukur tingkat kebersihan suatau program juga metode yang di pakai dan sarana dan prasarana.

Jenis Evaluasi

Jenis evaluasi ada dua yaitu evaluasi formatif dan evauasi sumatif. Berikut ini pembahasan jenis evaluasi antara lain:

1. Evaluasi Formatif

Evaluasi formatif adalah jenis evaluasi yaitu penilaian dari suatu hasil yang telah di capai selama pelaksanaan kegiatan kerja. Evaluasi ini dilakukan secara berkala misalnya setiap bulan atau setiap 3 bulan sekali. Kegiatan ini memberikan umpan balik kepada menajer untuk mengevaluasi semua unit kegiatan.

2. Evaluasi Sumatif

Evaluasi sumatif adalah evaluasi terhadap suatu penilaian hasil yang di capai dari program awal hingga akhir. Biasanya evaluasi ini adalah sebuah projek atau acara. Setalah berlangsungnya projek maka akan dilakukan evaluasi kegiatan. Kedepannya agar bisa memperbaiki kesalahn.

Baca Juga:

Pengertian Analisis | Menurut Para Ahli, Tujuan, dan Contoh

Pengertian Audit Menurut para Ahli – Pelajarindo

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *