4 SIFAT NADA | Tinggi Nada, Panjang Nada, Intensitas, Warna

Posted on 22 views
No ratings yet.

Sifat Nada – Irama musik terdiri dari Panjang pendek nada dan tinggi rendahnya nada. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai musik klasik dan musik rakyat. Kali ini kita akan membahas mengenai sifat nada, simak penjelasan berikut ini.

ALAT MUSIK INSTRUMEN | Bentuk Tabung, Bilah, Pencon

Pengertian Nada

Pengertian nada adalah suara terpilih yang terdengar sangat selaras dengan nada lainnya. Nada memiliki peran besar dalam suara musik, sebab nada disusun, dipadukan dan divariasikan. Sehingga nada merupakan unsur pertama terbentuknya musik yang indah. Pengolahan nada yang baik dan skill yang baik akan menghasilkan nada yang indah dan enak di dengar.

Sifat Nada

Berikut ini adalah 4 sifat nada yaitu tinggi nada, Panjang nada, intensitas nada dan warna nada simak penjelasan berikut ini:

1.      Tinggi Nada

Tinggi nada biasa di sebut pitch berkaitan dengan frekuensi dan banyak getaran tiap detik. Sehingga semakin besar frekuensinya maka akan semakin tinggi pula nadanya. Untuk itu dalam setiap nada memiliki frekuensi tersendiri. Jika frekuensi atau getaran berkurang walaupun sedikit maka nada akan terdengar sumbang. Sehingga harus pas penempatan nada tingginya. Perhatikan gambar di bawah ini.

2.      Panjang Nada

Panjang nada adalah durasi suatu nada saat di bunyikan. Panjang satuan nada di hitung dengan ketukan. Musik diam atau waktu diam dalam musik memiliki warku dihitung ketukan. Ketukan berbeda-beda dan tidak cenderung sama dalam setiap ketukan. Ada yang 4/4, ada ¾ tergantung lagu dan musik. Perhatikan gambar di bawah ini.

3.      Intensitas Nada

Intensitas nada adalah keras lembutnya nada. Keras lembutnya nada tergantung dari lebar getaran dan sifat relative. Nada yang keras didalam suatu ruangan belum tentu keras, begitu pula nada rendah bukan berarti pelan. Keras lemahnya nada tergantung pada composer dan komponisnya, meraka memiliki selera yang berbeda-beda. Berikut ini adalah lambing nada dinamik dalam musik yang menunjukkan keras lembutnya nada.

4.      Warna Nada

Warna nada adalah jenis suara yang di hasilkan. Warna nada akan tergantung pada bunyi yang di hasilkan dalam setiap bunyi, resonator atau ruang gema dan cara memainkan alat musiknya. Misalnya angklung walaupun suara yang di hasilkan sama panjangnnya namun warna nada yang di hasilkan berbeda.

Baca Juga:

KARAKTERISTIK MUSIK KONTEMPORER

FUNGSI MUSIK KONTEMPORER

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *