Pengertian Romantisme, Ciri-Ciri dan Contohnya – Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian Romantisme, Ciri-Ciri dan Contohnya – romantisme adalah aliran seni yang romantic dan memiliki cerita yang dasyat. Romantisme di ambil dari kata roman yang artinya cerita. Berikut ini pelajarindo akan membahas mengenai pengertian romantisme, ciri-ciri, dan contoh.

Pengertian Romantisme

Pengertian Romantisme adalah salah satu aliran seni yang berasal dari Eropa yang memiliki emosi yang kuat dari energi estetika. Kesannya memberikan kesan romantic, takut, mengerikan, takjub terhadap sesuatu.

Adanya unsur narasi yang di tuangkan ke dalam lukisan. Tanpa membaca narasi tersebut orang yang melihat akan tau keindahannya. Pengertian romatisme adalah salah satu seni yang gagasannya narasi di anggap berasal dari abad pertengah. Namun sekarang sudah berkembang sangat pesat.

Ciri-Ciri Romantisme

Berikut ini adalah ciri-ciri romantisme:

1.      Lukisan mengandung cerita yang dahsyat dan emosional

Seperti di atas sudah di jelaskan bahwa mengandung cerita yang dasyat. Lukisan aliran romantisme ini memiliki narasi yang tidak biasa. Narasi tersebut di tuangkan dalam lukisan yang aliran romantisme.

2.      Penuh gerak dan dinamis

Yang di maksud dengan penuh gerak dan dinamis adalah bisa berubah berubah. Tidak bisa di tebak bagaimana bentuk dari lukisan tersebut.

3.      Warna bersifat kontras dan meriah

Selain dinamis warna bersifat kontras dan meriah tetapi selaras antara objek dengan objek lainnya. Earna yang di gunakan cukup terang dan meriah, sehingga suasananya hidup.

4.      Pengaturan komposisi dinamis

Komposisi di dalam sebuah lukisan dinamis. Banyak sekali yang dapat di ekspor lebih luas lagi dan menggunakan imajinasi otak sendiri.

5.      Mengandung kegetiran dan menyentuh perasaan

Seperti yang sudah di bahas di atas lukisan ini dapat menyentuh hati seseorang ketika melihat lukisan tersebut. Tanpa menjelaskan makna lukisan tersebut.

6.      Kedahsyatan melebihi kenyataan

Yang di maksud kedasyatan melebihi kenyataan adalah imajinasi si pelukis membuat karya melebih ekspetasi dari alam. Sehingga lukisan terlihat lehih ekspresif.

Anda juga dapat membaca beberapa artikel yang berhubungan dengan Naturalisme, Kubisme dan Realisme, berikut ini artikelnya.

Pengertian Naturalisme, Ciri-Ciri dan Contohnya – Pelajarindo.com

Pengertian Realisme dan contohnya – Pelajarindo.com

Pengertian Kubisme dan Contohnya – Pelajarindo.com

Tokoh Romantisisme

  • Donald Ault
  • Harold Bloom
  • James Chandler
  • NASSR
  • Ralph Waldo Emerson
  • Rene Wellek
  • William Wordsworth
  • Goethe

Contoh Romantisme

berikut ini adalah beberapa contoh romantisme:

Gambar 1

Gambar tersebut adalah 2 orang dan 1 anjing yang sedang berjalan menikmati alam sekitar. warna pada lukisan tersebut sangat terang dan indah. Lukisan yang apik menurut penulis.

Gambar 2

Lukisan gambar 2 ini adalah dua orang yang sedang berbincang. Terlihat hangat sekali suasana di lukisan tersebut. Seseorang melihatnya akan merasakan kehangatan suasana.

Gambar 3

Dua ekor burung yang sedang bercengkrama. Lukisan dengan warna terang ini terasa sangat apik dan memiliki nilai seni.

Gambar 4

Gambar ke 4 adalah gambar sseorang yang sedang duduk di makan seseorang. Terlihat sedih dan tidak bisa berkata apapun lagi dia hanya memandang makan tersebut.

Gambar 5

Gambar 5 adalah seorang bapak dengan dua ekor kerbau sedang membajak sawah. Perjuangan seorang ayah bagaimana mencari nafkah.

Terimakasih semoga anda mendapatkan apa yang anda mau di artikel ini.

One thought on “Pengertian Romantisme, Ciri-Ciri dan Contohnya – Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *