Pengertian Realisme dan contohnya – Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian Realisme dan contohnya – realisme adalah aliran seni rupa yang objeknya sesuai nyata, misalnya pemandangan, pegunungan, dan alam. Selain pengertian realisme pelajar indo akan membahas mengenai contoh realisme beserta penjelasnnya.

Pengertian Realisme

Pengertian Realisme adalah aliran seni yang berbentuk real atau nyata, biasanya berupa lukisan yang objeknya berupa alam. Pemandangan dan pegunungan adalah yang paling populer. Realisme melukisakan suasana yang tenang dan adem biasanya. Sehingga ketika seorang seniman menggambarkan pengertian realisme akan memiliki seni yang apik.

Pengertian Realisme adalah memperhatikan detail-detail yang kuat, dalam kenyataan sebenarnya realisme menghasilkan suatu karya seni yang tanpa seakan-akan ada dan hidup. Aliran realisme suasana yang tenang dan aman menjadi prioritas utama dalam menerapkan aliran realisme ini.

Salah satu tokoh yang menerapkan aliran realisme adalah Giotto di zaman renaisan, beliau ini melukis foto agar lukisannya tampak hidup. realisme bersifat jujur dan apa adanya sesuai dengan keadaan sekitar. Pada abad ke 19 seniman prancis bereksperien mencoba untuk memusatkan karya pada keindahan alam dan hasilnya adalah aliran realisme. Realisme sangat dekat di kehidupan sehari-hari.

Selain Giotto seniman yang terkenal dengan konsep realisme adalah Camille Corot, Karl Briullov, Gustave Courbet Ford Broen, dan Honore Daumier.

Anda juga dapat membaca Pengertian kubisme dan contohnya agar anda dapat menambah wawasan berikut ini artikelnya:

Pengertian Kubisme dan Contohnya – Pelajarindo.com

Ciri-Ciri Realisme

Pada lukisan ada beberapa ciri-ciri realisme antara lain:

1.      menampilkan kehidupan sehari – hari

seperti yang sudah di singgung di atas bahwa realisme menampilkan kehidupan sehari-hari dan dekat dengan keseharian. Sehingga tidak akan asing jika menggambarkan karya seni yang beraliran realisme.

2.      Lukisan apa adanya

Lukisan apa adanya yang bersifat real dan benar-benar ada. Tidak ada unsur penambahan yang menonjol pada lukisan. Apa yang pelukis lihat itu lah yang di ukir pada lukisan.

3.      Lukisan menyatu antar objek

Tampak lukisan menyatu antar objek satu dengan lainnya. Sehingga tampak begitu selaras dan serasi. Warna-warna juga menyesuaikan dengan yang lain sehingga tidak ada yang terlalu menonjol.

Contoh Realisme

Berikut ini adalah contoh realisme gambar dan penjelasnnya:

Gambar 1 Pasar Tradisional

Lukisan pasar tradisional ini tanpak hidup, objek antar objek juga saling menyatu dengan lain. Para pedagang bertransaksi layaknya kehidupan nyata pasar tradisional pada umumnya.

Gambar 2 Menunggani Kuda

Lukisan menunggani kuda ini bersifat real, lihat saja ke dua orang tersebut saling berbincang dan berjalan layaknya bangsawan.

Gambar 3 Pegunungan

Gambar pegunungan adalah yang paling populer, pemandangan yang bersifat tenang dan ada air merupakan perpaduan seni yang apik.

Gambar 4 Bercocok Tanam

Dalam lukisan bercocok tanam terlihat dua orang sedang melakukan penggarapan lahan pertanian. Lukisan ini tidak jauh-jauh dari kehidupan sehari-hari.

Gambar 5 Gadis

Gadis cantic ini sangat terlihat hidup. Adanya model yang berdiri menggunakan dress Panjang dangat terlihat seakan-akan hidup.

Terima kasih, demikian pengertian, ciri-ciri, dan contoh realisme. Semoga anda mendapatkan  apa yang anda cari di dalam artikel ini.

2 thoughts on “Pengertian Realisme dan contohnya – Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *