Pengertian Kubisme dan Contohnya – Pelajarindo.com

Posted on 8,322 views
5/5 (1)

Pengertian Kubisme – adalah aliran seni rupa 2 dimensi yang memiliki nilai jual dan unik. Berikut ini pelajarindo akan membahas mengenai pengertian kubisme dan contohnya. Seni ini tergolong unik menurut sebagia orang yang mengerti seni. Karena ada sudut pandang lain ketika seni rupa ber aliran kubisme.

Pengertian Kubisme

Pengertian Kubisme adalah alisran seni rupa modern yang unik dan memiliki nilai tinggi. kubisme memiliki ciri khas yaitu berbentuk kotak, segitiga, overlap, penyedehanaan, transparan yang disusun sedemikian rupa. Terutama lukisan, lukisan banyak sekali yang menganut aliran kubisme. Ada seni tersendiri dan unik menurut para seniman. Kubisme modern ini awal mula abad ke-20 yang di perkenalkan oleh Picasso dan Braque.

Pengertian Kubisme adalah sederhana, tidak perlu Teknik yang rumit. Aliran kubisme yang sering di gunakan berbentuk kotak dan seti tiga yang disusun geometris menyerupai gajah misalnya. Aliran kubisme berbentuk 3D pada lukisan. Potongan-potongan kotak dan segitiga di susun dan di pecah-pecah dengan posisi yang berbeda-beda.

Kubisme terkesan abstrak dan berbentuk 3D jika di lihat sekilas. Tetapi jika di pahami terlalu dalam maka akan terlihat apik dan memiliki nilai yang tinggi.  Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Pablo Picasso.

Contoh Kubisme

Berikut ini adalah contoh lukisan kubisme:

Gambar 1 Kuda dan manusia

gambar kubisme 1

Terkesan abstrak tetapi jika di lihat secara teliti lukisan ini terlihat rapi dan apik. Padauan warna coklat, putih dan orange memiliki seni yang indah.

Gambar 2 Manusia

gambar kubisme 2

Lukisan gambar manusia ini telihat sederhana sekali, namun indah. Terlihat abstrak berbentuk warna warni tetapi tidak norak indah di pandang.

Gambar 3 Motif Bunga

Gambar kubisme 3

Warna bunga kuning, merah, pink ini sangat indah. Perhatikan dengan baik, akan terlihat lekukan-lekukan berbentuk abstrak melengkuk pada motif bunga.

Gambar 4 Mesir Kuno

gambar kubisme 4

Biasanya gambar seperti ini adalah motif mesir kuno. Lukisan berasal dari mesir, tetapi ini bentuk modern yang apik.

Gambar 5 Sepeda

Gambar kubisme 5

Gambar ini terlihat sederhana sekali, tetapi sangat apik dan epic. Perhatikan dengan baik, sepeda yang dominan warna biru dan background orange sangat serasi dengan tabrak warna.

Gambar 6 Gitar

gambar kubisme 6

Gradasi warna biru ini sangat indah. Sedernaha dan simple ada lekukan segitiga sembarang dan bulat yang membentuk sebuah karya seni gitar.

Kalian juga dapat membaca mengenai batik di bawah ini, agar wawasan kalian semakin luas, terima kasih sudah membaca artikel kami.

Pengertian Batik, Jenis, Sejarah, Cara Membuat, Lengkap – Pelajarindo.com

Beri nilai untuk artikel ini:

2 thoughts on “Pengertian Kubisme dan Contohnya – Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *