Pengertian Naturalisme, Ciri-Ciri dan Contohnya – Pelajarindo.com

Posted on

Pengertian Naturalisme dan Contohnya – naturalism di ambil dari kata natural yaitu real tanpa di buat-buat. Pelajar indo akan membahas mengenai pengertian naturalisme, ciri-ciri dan contohnya. Pahami dengan baik agar anda mendapatkan apa yang anda mau dai arikel ini.

Pengertian Naturalisme

Pengertian naturalism adalah seni rupa pelukisan yang bersifat meniru objek aslinya. Dari Teknik pewarnaan, proporsi, anatomi dan prespektif di buat sangat mirip dengan aslinya. Naturalism sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Lukisan yang paling populer adalah lukisan pemandangan, air terjun dan pegunungan.

seni naturalism berusaha menampilkan keadaan yang real dengan menekan seting alam. Seni naturalisme hamper sama dengan realisme dan bersifat romantisme

Kalian bisa baca pengertian realisme dan romantisme pad artikel di bawah ini.

Pengertian Realisme dan contohnya – Pelajarindo.com

Pengertian Kubisme dan Contohnya – Pelajarindo.com

Pengertian naturalisme adalah seni yang lekat dengan kehidupan sehari-hari nyata. Lukisan yang aliran naturalisme melukis pemandangan, orang, pantai, gunung , objek-objek bumi. Tetapi ada juga yang melukis mengenai tradisi, pasar tradisional, orang pedesaan yang bersifat natural.

Ciri-Ciri Naturalisme

Berikut ini adalah ciri-ciri naturalisme pada umunya:

Bertemakan tentang alam

Kebanyakan bertemakan tentang alam, contoh lukisan yang menggambarkan alam merupakan bentuk naturalisme yang real. Misalnya pegunungan, air, sawah, pantai dan masih banyak lagi.

Memiliki teknik gradasi warna

Memiliki Teknik gradasi warna yang apik. Warna yang di gunakan sangat serasi dengan objek lainnya sehingga tidak terlalu menonjol pada sisi tertentu. Berfokus pada naturalisme dan alam.

Memiliki susunan perbandingan

Yang di maksud dengan memiliki susunan perbandingan adalah perspektif, tekstur, perwarnaan serta gelap terang dikerjakan seteliti mungkin. Sehingga menghasilkan karya seni yang apik.

Contoh Naturalisme

Berikut ini adalah beberapa contoh naturalisme:

Gambar 1 Pedesaan

Gambar pedesaan ini sangat indah dan asri, terlihat hidup dengan adanya objek jalan dan orang-orang serta rumah. Lukisan ini sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari.

Gambar 2 Pegunungan

Gambar pegunungan dan ada pohon di depannya sagat natural. Menggunakan gradasi warna yang dominan terang tetapi tidak saling menonjol, komposisinya pas.

Gambar 3 Pegunungan dan danau

Gambar pegunungan dan danau sangat serasi dengan alam, terlihat natural sekali. Ada beberapa pepohonan di samping kanan kiri manambah seni yang apik.

Gambar 4 Matahari Terbit

Lukisan gambar matahari terbit di atas gunung yang epic. Lukisan terlihat gelap dengan keadaan matahari muncul sangat natural sekali.

Gambar 5 Air Terjun

Gambar air terjun dan tiga orang sedang menikmati pemandangan. Air terjun sangat natural di lukisakan di dalamnya.

Terimakasih sudah mengunjungi artikel pelajarindo. Semoga anda mendapatkan apa yang anda cari di artikel ini.

2 thoughts on “Pengertian Naturalisme, Ciri-Ciri dan Contohnya – Pelajarindo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *