PENGERTIAN CERITA FIKSI DAN NON FIKSI |  Struktur,Jenis,Contoh

Posted on 27 views
No ratings yet.

Pengertian Cerita fiksi Dan non Fiksi-siapa nih disini yang hobinya baca –baca buku  ????pasti tau dong mana fiksi dan non fiksi,yang belum tau langsung aja yuk simak penjelasannya berikut ini

Baca Juga:

IKLAN | Pengertian Iklan, Jenis, Tujuan, Struktur, Bahasa

Pengertian Cerita Fiksi dan Non Fiksi

Berikut ini merupakan penjelasan dari cerita Fiksi dan Non Fiksi.

Pengertian cerita fiksi

Pengertian cerita fiksi adalah sebuah prosa naratif yang sifatnya itu imajinasi(imajinier).walaupun begitu karya fiksi harus tetap masuk akal dalam pembuatannya dan didalamnya juga mengandung keebenaran yang bisa mengajak pembaca.

Cerita fiksi sendiri dapat di artikan suatu karya sastara yang didalamnya itu berisi cerita rekaan Tetapi didasari fantasi tetapi bukan dari kejadian nyata atau  lebih tepat berdasarkan imajinasi dari si penulis.

Pengertian Cerita Non Fiksi

Pengertian dari cerita non fiksi ini sendiri merupakan sebuah buku yang berisikan suatu kejadian namun menceritakan yang sebenarnya.dalam pembuatan cerita non fiksi ii pun membutuhkan pengamatan juga data sehingga dapat dipertanggung jawabkan isi yang ada di dalam cerita nonfiksi tersebut.

Struktur Cerita Fiksi Dan Non Fiksi

Berikut merupakan penjelasan dari cerita fiksi dan non fiksi.

Struktur Cerita Fiksi

  1. Abstrak,abstrak ini bisa ada atau tidak dalam cerita fiksi.pada bagian ini sendiri meliputi inti dari cerita fiksi
  2. Orientasi,Pada bagian ini berisi tentang pengenalan tema,latar belakang tema juga beserta tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita fiksi tersebut.
  3. Komplikasi,merupakan adalah bagian dimana cerita fiksi klimaks ,karna disinilah akan muncul adanya sebuah konflik ataupun permasalahan.
  4. Evaluasi,pada bagian ini didalam cerita fiksi akan muncul sebuah solusi yang akan memecahkan permasalahan yang tengah dihadapi.
  5. Resolusi,yaitu bagian dimana didalam cerita ini berisi suatu pemecahan masalah dari konflik yang di hadapi tokoh utama.
  6. Koda,yang terakhir adalah koda atau reorientasi yang merupakan pesan moral maupun amanat yang bisa diambil dari cerita fiksi tersebut.

Sruktur Cerita Non Fiksi

  1. Urutan dari sebuah peristiwa.

Jenis Cerita Fiksi Dan Non Fiksi

Adapun jenis-jenis dari cerita fiksi dan Non Fiksi  adalah sebagai berikut:

Jenis cerita fiksi

  1. Cerita Rakyat,jenis cerita rakyat ini sangat beragam seperti ,mite,fable,Jenaka,Saga serta legenda,
  2. Cerpen,Cerpen sendiri merupakan cerita yang menceritakan kehidupan manusia .
  3. Novel,novel ini merupakan cerita fiksi yang lumayan panjang dan isinya adalah sebuah rangkaian cerita kehidupan yang menunjukan watak dari setiap tokohnya.

Jenis Cerita Non Fiksi

  1. Nonfiksi Murni,yaitu suatu buku yang isinya berdasarkan data yang akurat,berdasarkan data yang otentik.
  2. Nonfiksi Kreatif,yaitu suatu pengembangan dari data yang otentik kemudian melalui imajinasi .

Baca Juga:

RAGAM HIAS ANYAMAN | Contoh Gambar Ragam Hias Ayaman

Contoh Cerita Fiksi Dan Non Fiksi.

Berikut ini merupakan salah satu contoh dari cerita fiksi dan Non Fiksi.

Putri Cinderella

Pada zaman dahulu kala hiduplah seorang gadis yang sangat baik ia bernama cinderella.dia adalah gadis yang sangat cantik,tetapi sayangnya ayah cinderella telah meninggal dunia kini pun dia hanya tinggal bersama ibu serta saudara tirinya.

Sepanjang hari ia disiksa oleh ibu dan saudara tirinya dengan menyuruh cinderella mengerjakan semua tugas rumah dari mengepel lantai hingga mencuci baju mereka.Tetapi cinderella tidak pernah merasa sedih ia tetap percaya bahwa suatu hari pasti dia akan hidung dengan bahagia.Hingga pada suatu hari seorang pangeran ingin mencari seorang permaisuri maka diadakanlah sebuah pesta dansa yang meriah,namun sayang nya ibu tiri serta saudara tirinya malah mengurung cinderella dikamar cinderella dan tidak diizinkan untuk keluar bersama ibu dan saudara tirinya tersebut.

Tetapi keajaiban datang ada seorang peri yang datang dan hendak menolong cinderella,ia pun berubah seketika menjadi seorang putri yang sangat cantik,dan akhirnya ia pun segera bergegas untuk ke pesta dansa sang pangeran.

Denting jam menunjukan pukul !2 malam yang menandakan cinderella harus segera pergi,cinderella pun berlari hingga ia meninggalkan sebelah sepatu yang ia pakai,sang pangeran mengambilnya dan memberi pengumuman barang siapa yang kaki yang muat dengan sepatu itu ia akan di jadikan nya isteri sang pangeran

Namun,ternyata sepatu itu tidak cocok dengan kaki siapapun yang telah mencobanya,termasuk saudara tiri sendiri,cinderella lalu ikut mencoba  dan yang terjadi membuat ibu dan saudara tirinya heran karna sepatu yang di coba ternyata cocok.dan akhirnya cinderella menikah dengan sang pangeran kumudian hidup bahagia selamanya.

Baca Juga:

 

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *