PENGERTIAN ANIMASI | Menurut Para Ahli, Prinsip, Jenis

Posted on

Pengertian Animasi – Animasi adalah sebuah gambar yang di buat sedemikan untuk menjadi sebuah hiburan bagi kita semua.

Pengertian animasi adalah suatu gambar bergerak yang disusun secara khusus sehingga bergerak sesuai alurnya dan sudah di tetukan pada setiap hitungan waktu. Objek tersebut adalah bias berupa gambar  manusia, tulisan teks, gambar hewan, gambar tumbuhan, gedung, dan lain sebagainya.

Pengertian Animasi Menurut Para Ahli

Pengertian animasi menurut para ahli antara lain sebagai berikut :

1. Agus Suheri

Menurut Agus Suheri pengertian animasi adalah kumpulan dari gambar yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan gerakan.

2. Ibiz Fernandez

Menurut Ibliz Fernandez pengertian animasi adlah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.

Prinsip-Prinsip Animasi

Adapun prinsip-prinsip animasi antara lain:

1.      Kemampuan Mengambar

Kemampuan menggambar atau Solid drawing adalah kemampuan individu dalam mengambar dengan baik dan benar, dan juga kemampuan dalam mengkomposisikan gambar agar terlihat lebih nyata.

2.      Menekan dan Melentur

Menekan dan melentur atau Squash and Stretch yaitu membuat objek hidup atau mati terlihat seolah-olah nyata sehingga terlihat bergerak secara realistis dan lebih hidup.

3.      Antisipasi

Antisipasi atau Anticipation adalah membuat gerakan pada sebuah objek secara berurutan sehingga penonton dapat memahami dan menikmati isi animasi yang ditampilkan.

4.      Tata Gerak (Staging)

Tata gerak atau Staging adalah penataan gerak dengan membuat ekspresi pada karakter atau objek dalam animasi sehingga dengan mudahnya mengenali objek tersebut.

5.      Straight Ahead and Pose to Pose

Straight Ahead and pose to pose  Merupakan langkah seorang animator yaitu, dengan terencana dalam membuat gambar, membuat gerakan dan ukuran, yang dilakukan sejak awal membuat animasi.

6.      Gerakan Mengikuti

Gerakan mengikuti yaitu, Ketika scene berhenti berhenti bergerak, namun karakter tidak berhenti secara tiba-tiba. Ini membuat sebuah animasi terlihat lebih realistis(berkesan)

7.      Slow In and Slow Out

Slow in and slow out Merupakan pengaturan staging dan timing dari suatu scene ke scene lainnya dalam sebuah animasi.

8.      Konstruksi Lengkung

Konstruksi Lengkung atau Arcsh yaitu, membuat pergerakan tubuh karakter/objek animasi agar terlihat lebih smooth(halus).

9.      Penentuan Waktu

Penentuan waktu atau timing Merupakan penentuan waktu yang tepat kapan suatu gerakan diberikan pada karakter/ objek dalam animasi yang dibuat.

10. Melebihkan

Melebihkan (exaggeration) Merupakan upaya membuat suatu karakter terlihat lebih menyakinkan dalam aksinya, misalnya membuat sebuah karakter menjadi lucu.

11. Gerakan Pendukung

Gerakan pendukung atau secondary action Merupakan membuat berbagai gerakan pendukung untuk melengkapi karakter pada ekspresi ataupun aksi agar terlihat lebih nyata.

12. Daya Tarik (Appeal)

Daya tarik atau Appeal prinsip ini merupakan kualitas dari animasi dimana penonton dapat menikmati gambar yang memikat, desainyang bagus, punya daya tarik, dan kelebihan lainnya.

20+ SKETSA ANIME HIJAB YANG MUDAH DI GAMBAR

Jenis-Jenis Animasi

Secara umum jenis-jenis animasi dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :

1.      Animasi Berdasarkan Bentuk Karakter

Beberapa animasi berdasarkan bentuk karakternya, terbagi menjadi beberapa bagian yaitu:

a.      Stop Motion Animation/ Claymation

Stop Motion animation/ Claymation Jenis animasi ini pertama kali ditemukan oleh Blakton pada tahun 1906. Blakton memanfaatkan tanah liat (clay)sebagai objek animasi. Contohnya film yang menggunakan teknik animasi ini yaitu Chiken Run dan Shaun the sheep. Namun yang digunakan bukan tanah liat biasa melainkan plasticin, yaitu bahan yang elastis/lentur

b.      Animasi 2 Dimensi (2D)

Animasi 2D lebih dikenal dengan kartun(cartoon), yaitu kumpulan gambar-gambar lucu dalam sebuah fil animasi yang bertujuan untuk menghibur penonton. Beberapa contoh film kartun misal, Donal Bebek, Tom and Jerry, dan masih banyak lainnya.

c.       Animasi 3Dimensi (3D)

Animasi 3Dimensi adalah pengembangan dari animasi 2D diman objek dalam animasi menjadi terlihat lebih hidup (bernyawa). Film-film animasi yang kita lihat saat ini ternyata sudah menggunakan animasi 3D dan CGI (Computer Generated Imagery). Misal, Finding Nemo, Toy Story, dan masih banyak Lainnya.

d.      Animasi Jepang (Anime)

Animasi jepang, Film ini sangat disukai berbagai kalangan di sunia dari berbagai usia. Beberapa anime jepang yang sangat popular misal, One Piece, Slam Dunk, Naruto, dan lainnya.

2.      Animasi Berdasarkan TeknikPembuatannya

Beberapa animasi berdasarkanteknik pembuatannya, terbagi menjadi beberapa bagian yaitu:

a.      Animasi Cell

Berasal dari kata “Celluloid”, merupakan lembaran-lembaran yang akan membentuk animasi tunggal. Jadi masing-masing cel merupakan bagian terpisah. Misal objek dan background terpisah.

b.      Animasi Frame

Animasi Frame adalah animasi yang menggambarkan gambar yang ditunjukan secara bergantian. Kita bisa  membuatan animasi frame ini menggunakan teknik Frame by Frame.

Baca Juga:

TEKNIK SKETSA | Pengertian, Cara Menggambar, Gambar

Teknik Melukis | Gagasan, Alat, Bahan, Teknik, Sketsa

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.