PENGERTIAN ADMINISTRASI PUBLIK BESERTA CONTOHNYA

Posted on 25 views
5/5 (1)

PENGERTIAN ADMINISTRASI PUBLIK BESERTA CONTOHNYA-Apasih itu administrasi publik?,Apa sajakah contoh administrasi publik.Nah kali ini kami akan membahas pengertian administrasi mari kita simak penjelasannya seperti berikut ini.

Baca Juga:

PENGERTIAN ARSITEKTUR | Fungsi, Teori, Contoh

Pengertian Administrasi Publik

Administrasi Publik merupakan ilmu sosial yang mempelajari tentang cara pengelolaan sebuah organisasi publik  ataupun uum dalam konteks kehidupan yang bernegara ,sperti Lembaga Legislatif,Yudikatif,Serta Eksekusif.

Pengertian Administrasi Publik Menurut Para Ahli.

Adapun di bawah ini merupakan pengertian administrasi publik menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Dr. H. Amin Ibrahim

Menurut Dr. H. Amin Ibrahim pengertian administrasi publik merupakan seluruh upaya penyelenggaraan pemerintah yang meliputi suatu kegiatan manajemen pemerintah (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pembangunan) dengan sebuah mekanisme kerja serta dukungan sumber daya manusia.

  1. Nicholas Henry

Menurut Nicholas Henry pengertian administrasi publik merupakan suatu kombinasi yang kompleks antara teori dan praktek, dengan  suatu tujuan mempromosikan pemahaman terhadap suatu  pemerintah dalam hubungannya dengan masyarakat yang diperintah, dan juga mendorong kebijakan publik agar lebih responsive terhadap sebuah kebutuhan sosial.

  1. Dwight Waldo

Menurut Dwight Waldo definisi administrasi publikmerupakan manajemen yang dilakukan dalam suatu organisasi dari manusia-manusia dan peralatannya untuk mencapai tujuan pemerintah.

  1. Harbani Pasolong

Menurut Harbani Pasolong administrasi publik merupakan suatu kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang atau lembaga dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan untuk memenuhi kebutuhan publik secara efektif dan efisien.

  1. Nigro

Menurut Nigro, pengertian administrasi publik merupakan suatu kerjasama kelompok dalam lingkungan publik, yang mencakup dalam tiga cabang, yakni lembaga Yudikatif, Legislatif, dan lembaga eksekutif yang bekerjasama dalam  suatu upaya menciptakan kesejahteraan publik.

 Fungsi Administrasi Publik

Berikut merupakan fungsi administrasi publik sebagai berikut:

  1. Fungsi Tradisional

Ini merupakan fungsi utama dari administrasi publik, yang meliputi:

hubungan luar negeri, ketertiban dalam negeri, pertahanan dan keamanan, pekerjaan umum, perpajakan, kesejahteraan umum.

  1. Fungsi Pembangunan Bangsa

Fungsi administrasi publik yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan suatu bangsa di tengah masyarakat Indonesia yang sangat heterogen.

  1. Fungsi Manajemen Ekonomi

Masalah ekonomi juga merupakan sebuah tanggungjawab dari administrasi publik dan tidak bisa diserahkan sepenuhnya pada pihak swasta.

  1. Fungsi Kesejahteraan Sosial

Pemerintah harus campur tangan dalam meningkatkan suatu kesejahteraan sosial.

  1. Fungsi Kontrol Lingkungan

Menjaga kelestarian alam adalah salah satu bentuk kontrol lingkungan.

  1. Fungsi Hak Asasi Manusia

Negara yang berlandaskan tatanan demokrasi harus melayani serta melindungi publik secara adil.

Contoh Administrasi Publik

Berikut ini adalah beberapa contoh administrasi publik:

  1. Dukungan kelembagaan terhadap suatu pelaksanaan program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri (PNPM-MANDIRI).
  2. Analisis kinerja pemungutan PBB di daerah istimewa Yogyakarta.
  3. Evaluasi implementasi kebijakan strategi pengamanan penerimaan pajak tahun 2012 pada direktorat jenderal pajak Republik Indonesia Jakarta.
  4. Analisis pelaksanaan penangananan terhadap pelanggan menunggak pembayaran rekening listrik pada PT PLN DIVRE V Jateng dan DIY kantor PLN cabang kelaten.
  5. Diagnosis SDM teknologi informasi, SK pelaku teknologi informasi dipusat pengolahan data kepegawaian.

Baca Juga:

FUNGSI BANK | Agent of Trust, Development, Service

ndapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

 

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *