PENGERTIAN ARSITEKTUR | Fungsi, Teori, Contoh

Posted on 13 views
5/5 (1)

Pengertian Arsitektur – Kali ini kita akan membahas pengertian Arsitektur, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Arsitektur

Arsitektur merupakan sebuah seni yang dilakukan oleh seseorang yang berimajinasi menurut diri mereka serta ilmu dalam merancang suatu bangunan.Arsitektur secara luas meliputi merancang dan membangun semua lingkungan yang mencakupinya,mulai dari makro seperti perencanaan kota misal,adapun arsitektur mikro yaitu seperti desain produk dan lain sebagainya.

Pengertian Asitektur Menurut Para Ahli

  1. Francis DK Ching (1979)

Arsitektur membentuk suatu tautan yang mempersatukan sebuah ruang, bentuk, teknik dan fungsi.

  1. Amos Rappoport (1981)

Arsitektur merupakan sebuah ruang tempat hidup manusia, yang lebih dari sekedar fisik, tapi juga menyangkut pranata-pranata budaya dasar. Pranata ini meliputi: tata atur kehidupan sosial dan budaya masyarkat, yang diwadahi dan sekaligus memperngaruhi arsitektur.

  1. Djauhari Sumintardja

Arsitektur merupakan  sesuatu yang dibangun oleh  manusia untuk kepentingan badannya (melindungi diri dari gangguan) dan kepentingan jiwanya(kenyamanan, ketenangan.

  1. Mangunwijaya (1992)

Arsitektur sebagai vastuvidya (wastuwidya) yang berarti ilmu bangunan. Dalam pengertian wastu terhitung pula tata bumi, tata gedung, tata lalu lintas (dhara, harsya, yana). Seni ini adalah  ilmu dalam merancang bangunan. Arsitektur juga dapat merujuk kepada hasil proses perancangan tersebut.

  1. Cornelis Van  de  Ven

Mengatakan bahwa memberikan suatu  pandangan  mengenai  arsitektur  yang berarti menciptakan ruang dengan cara yang benar-benar direncanakan dan dipikirkan.

  1. Benjamin Handler

seniman merupakan  struktur yang  menggunakan  struktur  secara  estetis  berdasarkan  prinsip-prinsip struktur itu sendiri.

  1. Brinckmann

Arsitektur  merupakan  kesatuan  antara ruang dan bentuk, juga penciptaan ruang dan bentuk.

Fungsi Arsitektur

Adapun fungsi dari arsitektur adalah sebagai berikut:

  1. Artistik From(Fungsi Bentuk Artistik).
  2. Container(Fungsi perwadahan).
  3. Climatic Modifier(Fungsi modifikasi atau kontrol iklim).
  4. Environmental Filter(Fungsi Filter Lingkungan).
  5. Behaviour Modifier(Fungsi Pembentuk prilaku).
  6. Capital Investment(Fungsi Investasi Modal).

Baca Juga:

PENGERTIAN ETIKA PROFESI | Fungsi,tujuan,Contoh.

Teori Arsitektur

Berikut ini merupakan beberapa teori Arsitektur yaitu:

Theory in Architecture (what architecture is)

Teori arsitektur yang umumnya mengamati aspek formal, tektonik, structural, representasional dan prinsip estetika yang melandasi gubahan arsitektur. Teori yang tergolong dalam kelompok ini cend-rung bersifat superficial, deskriptif dan persepektif.

Theory of Architecture (how best to design!)

Teori ini berusaha menjelaskan bagaimana para arsitek mengembangkan prinsip dan meng gunakan pengetahuan, teknik dan gambar dalam proses desain dan produksi bangunan.

Theory about Architecture (the achievement of Architecture)

Teori ini bertujuan untuk menjelaskan suatu  makna dan pengaruh arsitek, mendudukan arsitek dalam konteks sosial-budayanya, memberikan bagaimana arsitek bekerja sebagai produser budaya, ataupun memahami bagaimana arsitek digunakan dan diterima oleh masyarakat.

Contoh Arsitektur

Berikut beberapa contoh arsitektur sebagai berikut:

Candi Prambanan

Candi mendut

Candi Borobudur

Baca Juga:

CAGAR ALAM | pengertian dan Manfaat

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *