FUNGSI BANK | Agent of Trust, Development, Service

Posted on 92 views
No ratings yet.

Fungsi Bank – Masyaralat tidak akan terlepas dari transksi bank. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian saham dan peran lembaga keuangan. Kali ini kita akan membahas mengenai cara bank mendapatkan keuntungan pembahasan lengkap, simak penjelasan berikut ini.

CARA BANK MENDAPATKAN KEUNTUNGAN | Pembahasan Lengkap

Fungsi Bank

Secara umum bank berfungsi sebagai menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat sebagai tujuan financial intermediary. Fungsi bank secara spesifik adalah agen of trust, agent of development, dan agen of service. Berikut ini kita akan membahas maksud dari fungsi tersebut:

1.      Agent of Trust

Maksud dari agent og trust adalah kepercayaan. Dasar utama kegiatan perbankan adalah kepercayaan (trust) kepada pelanggannya. Masyarakat akan percaya dan menitipkan dana ke pada bank apa bila di landasi dari kepercayaan. Kemudian dana tersebut akan di kelola oleh bank dan tidak akan di salah gunakan. Bank tidak akan bangkrut dan setiap saat masyarakat menarik dananya tersebut bias di ambil. Kemudian untuk sebaliknya, bank juga percaya kepada debitur yang tidak akan menyalagunakan pinjaman, debitur akan mengelola dana pinjamannya dengan baik, dan akan membayar pada jatuh tempo.

2.      Agent of Development

Yang di maksud agent of development adalah kegiatan perekonomian masyarakat di sector moneter dan sector real tidak bisa di pisahkan. Dalam hal ini kedua sector tersebut berinteraksi dan saling mempengaruhi. Sector rill tidaj bisa bekerja dengan baik apabila sector moneter tidak bekerja dengan baik. Kegiatan bank adalah penghimpunan dan penyaluran dana yang di perlukan bagi lancarnya kerugian perekonomian di sector rell. Kegiatan ini memungkinkan masyarakat akan melakukan kegiatan invertase, kegiatan distribusi, dan kegiatan konsumsi barang dan jasa.

3.      Agent of Service

Selain menghimpun dana dan menyalurkan dana, bank juga di berikan penawaran jasa perbankan. Jasa yersebut erat berkaitan dengan kegiatan perekonomian masyarakat secara umum. Misalnya yaitu jasa pengiriman uang, pengecekan saldo, penitipan barang berharga, permberian jaminan bank, dan penyelesaian tagihan.

Dari ketiga fungsi bank yang sangat penting di harapkan memberikan gambaran secara keseluruhan fungsi bank dalam perekonomian. Masyarakat tidak akan lepas dari transaksi apapun dengan bank. Bayangkan jika tidak ada bank, ketika transaksi harus membawa uang cash dengan jumlah besar dan dengan resiko yang besar. Dengan adanya bank kita akan lebih mudah bertransaksi.

Fungsi Bank Sebagai Parantara

Selain dari ketiga di atas, ada juga fungsi bank sebagai perantara antara lain:

  1. Bank sebagai penyimpanan atau penerimaan kredit dari masayrakat atau kredit pasif
  2. Bank sebagai penyalur dana
  3. Bank sebagai pelayanan jasa
  4. Bank sebagai perantara lalu lintas moneter
  5. Bank sebagai penghimpun dana
  6. Bank sebagai pemberi kredrit kepada masyarakat atau kredit aktif.

Baca Juga:

Pengertian Supply Chain Management (SCM) Menurut Para Ahli – Pelajarindo.com

Pengertian Management Menurut Para Ahli – Pelajarindo.com

Pengertian Marketing dan Tugasnya | Pelajarindo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *