Jenis Wayang Kulit | Wayang yang Paling Populer

Posted on 32 views
No ratings yet.

Jenis Wayang Kulit – Ada beberapa nama wayang kulit misalnya Arjuna, Pandawa, Semar dan masih banyak lagi. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian wayang kulit dan sejarahnya. Kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis wayang atau nama-nama wayang.

Pengertian Wayang Kulit | Sejarah dan Perkembangannya

Jenis Wayang Kulit

Berikut ini adalah jenis wayang kulit antara lain:

Wayang Kulit Semar

Wayang kullit semar adalah wayang yang paling kenal. Siapa yang tidak tahu lakon ini. Semar adalah tokoh utama pada lakon punakawan pewayangan jawa. Semar adalah pengasuh dan menjadi penasihat dari ksatria dalam pementasan wiracarita mahabarata dan amayana.

Wayang Kulit Arjuna

Tokoh arjuna terkanal karena ketampanannya dan kelembutan hatinya. Dalang memerankan tokoh arjuna dengan bicara yang halus tetapi berwibawa. Selain bertapa, arjuna juga merupakan ksatria yang suka menolong.

Wayang Kulit Pandawa

Pandawa adalah 5 orang pangeran yang Bernana Yudistria, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Yudistira merupakan penitisan atau jelmaan dewa Yama yaitu dewa akhirat. Bima merupakan titisan dewa Bayu yaitu dewa angin. Arjuna merupakan jelmaan dari dewa Indra yaitu dewa perang sedangkan sakula dan Sadewa merupakan titisan dewa kembar aswin dan dewa pengobatan.

Wayang Kulit Bima

Bima merupakan putra kedua dari Dewi Kunti dan Prabu Pandudewantara, namun sesungguhnya bima putra Bataea Bayu dan Dewi Kunti. Karena Prabu Pandudewantara tidak bisa menghasilkan keturunan.

Baca Juga:

7 Unsur-Unsur Seni Pertunjukan atau Teater | Penjelasan

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *