BATIK LAMPUNG | Motif, Sejarah, Gambar & Penjelasan

Posted on 4,452 views
5/5 (3)

Batik Lampung – Sebelumnya kita sudah membahas mengenai tapis lampung yang sangat terkenal. Ternyata batik dan tapis lampung mirip loh, bedanya kalua tapis menggunakan benang emas. Simak penjelasan dan gambar-gambar berikut.

9 Jenis Motif Tapis Lampung, Penjelasan dan Gambar – Pelajarindo.com

Sejarah Batik Lampung

Batik lampung di bawa oleh masyarakat lampung yang tinggal lama di lampung. Zaman dahulu ada program transmigrasi yaitu masyarakat jawa transmigran ke daerah-daerah termasuk lampung. Kemudian masyarakat lampung menyesuaikan budaya yang ada di lampung.

Lampung yang terkenal dengan pulau dengan sejuta siger. Pada kenyataannya benar adanya banyak siger di daerah lampung. Pada setiap took, sekolah, tugu, dan bagunan-bangunan ada lambing siger di atas gedungnya. Selain siger, ada juga gajah lampung yang menjadi ciri khas lampung. Dengan demikain masyarakat lampung mengembangkan gambar siger dan gajah pada kain tapis dan batik.

Setiap orang yang melihat batik dari lampung pasti sudah tergambar bahwa batik itu berasal dari Lampung. Batik lampung mempunyai ciri khas yang unik dan mencerminkan budaya lampung.

Batik lampung sangat berkembang pada era gubernur Sjachroedin Z.P. Kain batik sekarang sudah di jadikan kerajinan tangan, pakaian, tas, dan alat kebutuhan lainnya. Bukan hanya tapis namun batik juga populer di masyarakat lampung.

16 Jenis Tapis Lampung dan Penjelasannya Lengkap – Pelajarindo.com

Motif Batik Lampung

Ada banyak sekali motif bati lampung, namun kita akan membahas motif yang populer dan sering di pakai oleh masyarakat lampung. Berikut ini adalah motif batik lampung:

1.      Motif Batik Siger Lampung

Motif batik siger lampung sangat populer di masyarakat lampung. Batik motif ini sangat mencerminkan ciri khas lampung yaitu siger. Setiap orang yang memakai batik motif ini sangat bangga karena batik yang indah adalah siger dari lampung.

2.      Motif Batik Gajah

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa lampung terkenal dengan gajah. Batik motif gajah juga populer di masyarakat lampung. Motig gajah biasanya di padukan dengan motif kapal atau siger.

3.      Motif Batik Kapal

Motif batik kapal ini melambangkan nelayan di daerah lampung. Gambar kapal yang seolah-olah sedang berlayar dan hiasan di sampingnya sangat indah. Motif ini menggambarkan ciri khas lampung.

4.      Motif Batik Pohon Hayat

Motif batik pohon hayat memiliki filosofi yang dalam bagi masyarakat lampung. Pohon yang di gamabrkan disini adalah simbol kehidupan dengan tirai-tirai kehidupan. Biasanya kain ini di gunakan untuk bawahan oleh kaum wanita sebagai pelengkap busana.

5.      Motif Batik Ala Pramadya

Motif ini tergolong baru masyarakat lampung. Biasanya motif ini digunakan untuk upacara adat atau menghadiri pernikahan.

Berikut ini adalah beberapa motif yang populer di masyarakat lampung

Pengertian Batik, Jenis, Sejarah, Cara Membuat, Lengkap – Pelajarindo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Jangan berhenti sampai disini jika ingin sukses”

 

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *