BATIK KALIMANTAN BARAT | Sejarah, Motif, Gambar & Penjelasan

Posted on 4 views
No ratings yet.

Batik Kalimantan Barat – kali ini kita akan membahas mengenai batik Kalimantan barat yang sangat unik dan memiliki nilai. Sebelumnya  juga kita sudah membahas mengenai batik Kalimantan timur dan Batik Bali. Simak penjelasan berikut ini.

BATIK NUSANTARA | Pengertian, 25 Jenis, Motif, Tradisional, Modern

Sejarah Batik Kalimantan Barat

Zaman dahulu awal mula batik Kalimantan di buat seperti hikayat. Konon katanya, sebagian orang percaya bahwa batik Kalimantan di buat oleh Patih Lambung Maskuat yang sedang bertapa. Beliau bertapa atas sebuah rakit yaitu balarut banyu selama 40 hari 40 malam. Pada ujung pertapaan yaitu pada 40 harinya rakit sampai di rantau kota Bagantung. Kemudian muncul putri Junjung Buih di hadapan Patih.

Pada saat itu putri hanya mau menikah jika permintaannya di penuhi. Putri tersebut meberikan syarat yaitu membuat istana Bantung dengan kain yang di buat hanya satu malam saja.

Kemudian patih memperintahkan 40 putri intuk membantunya membuat kain batik. Kain yang di hasilkan bukan sembarang kain, karena proses penenunan dan pewarnaan di lakukan 40 puteri. Pola yang di buat adalah wadi dan padiwaringin. Kemudian batik Kalimantan pertama kali di sebut dengan calapan atau sasirangan.

Cara Membuat Batik Tulis | Pelajarindo.com

Motif Batik Kalimantan Barat

Motif batik Kalimantan sangat berpengaruh oleh etnis melayu dan cukup meriah. Dengan motif-motif yang meriah biasanya bentuk bunga dengan warna yang terang. Berikut ini adalah motif batik Kalimantan barat:

1.      Motif Batik Insang

Motif batik insang adalah motif yang populer di kalangan ibu-ibu Pontianak. Batik insang di gunakan untuk perlengkapan adat atau upacara adat, misalnya pernikahan, sunatan dan perayaan hari. Corak kain ini berantai dan berombak namun simetris.

2.      Motif Batik Awan Beranak

Sesuai dengan Namanya awan beranak, kita akan menemukan awan beranak pada motif ini. Kain ini digunakan untuk hajatan besar. Awan beranak juga terinspirasi dari mahkota dan rumah adat Kalimantan barat.

Pengertian Seni dan Jenis-Jenis Seni | Pelajarindo.com

3.      Motif Batik Dayak

Motif batik Dayak adalah batik terkenal di Kalimantan. Budaya Kalimantan sangat mempengaruhi corak dan warna. Tetapi batik ini bukan sembarangan, kita harus meminta izin terlebih dulu oleh ketua adat setempat untuk menggunakan. Ada 3 yang mempengaruhi corak ini yaitu relegius, alam, dan Dayak.

4.      Motif Batik Tidayu

Batik ini adalah batik yang kaya akan budaya yaitu Dayak, melayu dan tionghoa. Sehingga batik ini sangat indah dan unik. Batik ini tergolong batik yang mahal harganya di bandingkan dengan yang lain. Bahan yang di gunakan adalah warna hitam dan bubuhan tinta emas pada corak batiknya.

Baca Juga:

BATIK RIAU | Motif, Sejarah, Jenis, Gambar & Penjelasan

Macam-Macam Batik Nusantara | Pelajarindo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Jangan berhenti sampai disini jika ingin sukses”

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *