BATIK KALIMANTAN TIMUR | Sejarah, Motif, Gambar & Penjelasan

Posted on 11 views
No ratings yet.

Batik Kalimantan Timur – kita akan membahas mengenai batik Kalimantan timur mulai dari sejarah, motif, gambar dan pejelasannya. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai batik solo dan batik lampung.

BATIK NUSANTARA | Pengertian, 25 Jenis, Motif, Tradisional, Modern

Sejarah Batik Kalimantan Timur

Awal mula dari kisah seorang putri dari Bagantung bernama Junjung Buih. Beliau mengajukan beberapa syarat kepada Patih Lambung. Syarat tersebut adalah kain tenun dan kain calap (kain yang di warnai) yang di buat dengan satu hari.

Sehingga patih memperintahkan 40 orang putri membuat kain tersebut jadi lah kain batik dengan corak dan motif batik wadi atau padiwaringin. Namun kain tersebut terkenal dengan batik calapan atau batik sasirangan.

Batik tersebut erupakan batik pertama yang dibuat oleh masyarakat Kalimantan sebelum munculnya berbagai corak lainnya.

motif dasar batik kalimantan timur
motif dasar batik kalimantan timur

Cara Membuat Batik Tulis

Motif Batik Kalimantan Timur

Motif batik Kalimantan timur banyak menggunakan warna-warna pastel seperti orange, hijau, pink, dan merah. Batik Kalimantan mempunyai karya seni yang tinggi dan unik komposisi warna dan coraknya sangat khas Kalimantan.

Paling banyak motif batik Kalimantan timur dari masyarakat Dayak. Masyarakat Dayak gemar membuat batik dan motif-motif yang di gunakan juga cukup beragam. Misalnya motif batik batang garing yang menjadi symbol-simbol masyarakat suku Dayak.

1.      Batik Motif Burung Enggang

Burung enggan merupakan burung yang di anggap suci oleh mayarakat Kalimantan timur. Sehingga masyarakat Kalimantan timur melestarikan burung enggan dengan dibuat batik. Motif batik ini beragam mulai dari warna terang hingga gelap.

2.      Batik Motif Senjata Tradisional

Motif batik Dayak mencerminkan budaya masyarakat Dayak. Dayak berarti sungai. Batik ini menggambarkan motif beberapa senjata khas suku Dayak. Salah satu senjata yaitu Mandau, batik ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan warna yang mencolok terang.

3.      Motif Batik Batang Garing

Batang garing atau biasa di sebut juga dengan batang haring merupakan batang yang membentuk kerucut atau seolah-olah mata tombak keatas.  Menurut masyarakat Dayak ranying mahatala langit merupakan sumber segala kehidupan masyarakat Kalimantan timur. Selain itu mempunyai arti keseimbangan alam dan manusia, keharmonisan antar manusia, serta manusia dan Tuhan.

4.      Motif Batik Sasiangan

Motif batik ini adalah batik awal mula dibuat. Batik ini terkesan simple tetapi memiliki corak yang unik.

MOTIF BATIK KHAS YOGYAKARTA | Pelajarindo.com

Terima kasih banyak yaa sudah membaca artikel kami. Semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari pada artikel ini. Salam hangat dari penulis Pelajarindo.com. Jika artikel kami sangat membantu kalian kami merasa senang sekali. Mari kita lebih giat lagi belajar agar kita mendapatkan apa yang kita mau. Terdapat kolom komentar di bawah, kalian dapat bertanya, memberi respon terkait artikel ini, dan bisa juga memberikan saran bagi penulis kami. Thank you so much, see you next artikel.

“Jangan berhenti sampai disini jika ingin sukses”

Beri nilai untuk artikel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *